x

Piala AFF U-23: Pelatih Timnas Malaysia Kecewa Berat Usai Skuatnya Dipermalukan Laos

Sabtu, 19 Februari 2022 12:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney, mengaku sangat kecewa dengan permainan skuatnya yang dipermalukan Laos di laga perdana grup B Piala AFF -23 2022.

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney, mengaku sangat kecewa dengan permainan skuatnya yang dipermalukan Laos di laga perdana grup B Piala AFF -23 2022.

Kejutan terjadi di Grup B Piala AFF U-23. Timnas Malaysia U-23 dipaksa mengakui keunggulan Laos dengan skor 1-2 pada pertandingan yang digelar di Prince Stadium di Phnom Penh, Kamboja.

Harimau Malaya sejatinya mampu memulai dengan baik dengan mengontrol permainan. Dominasi mereka terbayar ketika A. Selvan mencetak gol pada menit ke-45.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, Laos melakukan serangan balik di babak kedua. Tekanan tanpa henti membuat Bounphachan Bounkong menerobos pertahanan Malaysia dan menyamakan kedudukan pada menit ke-56.

Laos kembali dapat peluang. tendangan bebas Bounpachan dari sisi kiri gawang mampu disundul bek Phetdavanh Somsanid pada menit ke-79 dan berbuah gol kemenangan untuk timnya.

Hasil pertandingan ini membuat Brad Maloney merasa kecewa. Menurut juru taktik asal Australia ini, Malaysia seharusnya bisa menghasilan lebih banyak gol di laga tersebut.

Namun, Maloney justru melihat timnya seperti kehilangan fokus terutama pada babak kedua, yang memberi peluang Laos bangkit usai tertinggal 1-0.

Baca Juga
Baca Juga

“Kami kehilangan arah di babak kedua. Kami memberikan beberapa pelanggaran konyol, kehilangan dominasi dan membiarkan Laos bangkit,” kata Maloney dilansir dari The Star.

“Ini adalah hal-hal yang harus kita tingkatkan ketika kita bertemu mereka lagi,” lanjutnya.


1. Malaysia Wajib Menangi Leg Kedua Kontra Laos

Timnas Malaysia U23 lolos ke Piala Asia U23 2022 Uzbekistan

Maloney wajar melihat bahwa skuat Malaysia muda yang dilatihnya masih kalah kualitas dari Laos. Pasukan Hans Michael Weiss itu diperkuat sembilan pemain yang bermain di level senior Piala AFF kemarin.

“Memang mengecewakan, tetapi saya merasa ada hikmahnya juga. Kami baru saja dihukum karena kesalahan kami dan saya lihat ini menjadi pembelajaran bagi kami untuk mempersiapkan leg kedua,” sambung Maloney.

“Kami memainkan permainan yang berkualitas tetapi kami harus meningkatkannya satu level jika kami ingin lolos ke babak berikutnya,” tandasnya.

Malaysia jelas harus mampu mencetak dua atau lebih gol di pertandingan leg kedua fase grup melawan Laos pada Senin, 21 Februari 2022 mendatang demi memastikan lolos ke babak semifinal.

Hanya pemenang dari tiga grup dan satu runner-up terbaik yang akan melaju ke semifinal pada 24 Februari, sedangkan final dijadwalkan pada 26 Februari.

Laos sendiri merupakan satu-satunya lawan yang dihadapi Malaysia di Grup B setelah dua tim lainnya, yakni Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar mundur karena badai Covid-19.

LaosTimnas Malaysia U-23Bola InternasionalPiala AFF U-23Brad Maloney

Berita Terkini