x

Gabung Grup Berat di Kualifikasi Piala Asia, Media Vietnam 'Remehkan' Timnas Indonesia

Kamis, 24 Februari 2022 21:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Soha menyebut jika timnas Indonesia dan wakil-wakil Asia Tenggara akan kesulitan menyusul Vietnam ke putaran final Piala Asia 2023 usai hasil undian yang sulit.

INDOSPORT.COM - Masuknya timnas Indonesia dan sejumlah negara-negara Asia Tenggara lain ke grup-grup sulit di ronde ketiga kualifikasi Piala Asia 2023 rupanya menjadi perhatian media Vietnam. Mereka membahas bagaimana kecilnya kans para kontingen ASEAN untuk lolos ke China tahun depan.

Salah satunya adalah Soha. Tidak lama setelah undian selesai dilakukan pada Kamis (24/02/22) sore, mereka langsung menulis artikel soal timnas Indonesia, Thailand, Kamboja, Malaysia, Filipina, Myanmar, dan Singapura yang akan ikut serta.

Menurut Soha, hanya Filipina yang beruntung terhindar dari undian sulit. Padahal The Azkals harus berjumpa dengan Palestina dan Yaman di Grup B.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu Thailand yang disatukan dengan Maladewa dan Sri Lanka justru dianggap jadi yang paling dirugikan. Kendati demikian pesaing kuat The War Elephants di Grup A mungkin hanya Uzbekistan.

Baca Juga
Baca Juga

"Drawing kualifikasi Piala Asia 2023 telah digelar dan tujuh wakil Asia Tenggara terlibat. Thailand ditempatkan di grup sulit bersama Uzbekistan, Maladewa, dan Sri Lanka," tulis Soha.

"Filipina mungkin jadi yang relatif diuntungkan karena bisa bernafas lega usai disandingkan dengan Palestina, Yaman, dan Mongolia. Sedangkan sisanya seperti Indonesia, Singapura, Kamboja, dan Myanmar semuanya masuk ke grup neraka," tambah Soha lagi.


1. Vietnam Sudah Lolos

Logo Piala Asia 2023.

Vietnam sendiri tidak perlu cemas soal kualifikasi lagi. Itu karena The Golden Star Warriors sudah masuk ke putaran final bersama negara-negara kuat lain seperti Jepang, Australia, juga Korea Selatan dan sejauh ini baru satu-satunya wakil sub-konfederasi AFF di Piala Asia 2023.

Rekor jumlah wakil Asia Tenggara terbanyak di Piala Asia terjadi pada edisi 2019 lalu. Kala itu Vietnam, didampingi oleh Thailand dan Filipina bisa lolos ke turnamen yang digelar di Uni Emirat Arab tersebut.

Sementara itu, Timnas Indonesia selalu absen sejak edisi 2007 kala menjadi tuan rumah. Kans tim Garuda cukup ketat untuk lolos dari kualifikasi Piala Asia kali ini karena mereka berada di Grup A bersama raksasa Timur Tengah, yakni Kuwait dan Yordania.

Timnas IndonesiaPiala Asia 2023Bola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini