x

Pelatih Tim Raksasa Ukraina Shakhtar Donetsk Tewas dalam Perang Melawan Rusia

Jumat, 4 Maret 2022 08:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Konflik antara Rusia dan Ukraina kembali menimbulkan duka bagi dunia sepak bola setelah pelatih Shakhtar Donetsk dikabaran tewas selama peperangan.

INDOSPORT.COM – Konflik antara Rusia dan Ukraina kembali menimbulkan duka  bagi dunia sepak bola. Pelatih Shakhtar Donetsk dikabarkan tewas selama peperangan.

Dilansir dari Sport Mirror, pelatih Shakhtar Donetsk yang menangani tim muda dilaporkan meninggal dunia. Dirinya terkena pecahan peluru dalam aksinya berperang membela kedaulatan Ukraina.

Kabar duka ini dikonfirmasi langsung oleh CEO Shakhtar, Serhyu Palkin, pada hari Kamis (03/03/22) waktu setempat melalui media sosial resminya di Facebook.

Baca Juga
Baca Juga

“Salah satu karyawan kami tewas, dia adalah pelatih anak-anak,” kata CEO Serhyi Palkin tersebut.

“Dia (meninggal dunia) karena terkena peluru Rusia,” jelas Serhyi Palkin.

Baca Juga
Baca Juga

Kabar ini muncul hanya dua hari berselang setelah dua pesepak bola Ukraina, Vitalii Sapylo dan Dmytro Martynenko, meninggal dunia dalam konflik Rusia dan Ukraina.

Perserikatan Pesepak Bola Profesional (FIFPRO) mengonfirmasi kabar tersebut dan mengungkapkan duka mereka atas keperdian Sapylo dan Martynenko lewat akun resmi Twitter.


1. 2 Pesepak Bola Ukraina Meninggal Dunia

Tragis, 2 Pesepak Bola Ukraina Tewas Akibat Serangan Rusia

“Kami ikut berduka bersama keluarga, teman dan rekan satu tim dari pesepak bola muda Ukraina Vitalli (21) dan Dmytro Martynenko (25), duka sepak bola pertama yang dilaporkan dalam perang ini,” tulis FIFPRO dalam pernyataan resmi.

“Semoga mereka berdua beristirahat dalam damai,” sambung FIFPRO.

Baca Juga
Baca Juga

Vitalii Sapylo yang berusia 21 tahun merupakan pemain tim muda untuk tim divisi dua Ukraina, Karpaty Lvi.

Dirinya meregang nyawa dalam sebuah pertempuran di dekat ibu kota negara Kyiv. Sapylo rupanya ikut bergabung dengan pasukan tank saat terjadi konflik dengan tentara Rusia.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara Dmytro 'Dima' Martynenko berusia 25 tahun saat ini berstatus pemain tim lokal FC Gostomel. Martynenko meninggal dunia bersama ibunya ketika blok apartemennya yang dekat dengan Kyiv dibom oleh Rusia selama invasi.


2. Imbas Perang antara Rusia dan Ukraina

Roman Abramovich siap menjual Chelsea imbas dari perang Rusia dan Ukraina

Semakin menegangnya situasi di Ukraina akibat serangan invasi pemerintah Rusia membuat FIFA dan UEFA pekan ini menjatuhkan sanksi kepada tim sepak bola Rusia.

Dalam sanksi tersebut dikatakan bahwa tim sepak bola Rusia dilarang bertanding dari kompetisi internasional dan klub sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Baca Juga
Baca Juga

Dampak dari invasi Rusia ke Ukraina ini sebelumnya membuat FA Inggris dengan tegas menyatakan akan menolak pertandingan melawan Rusia di level internasional dan klub.

Selain itu, pemilik Chelsea, Roman Abramovich juga dipaksa oleh dewan parlemen Inggris melepaskan aset-asetnya dan menjual sahamnya di klub London Barat.

Desakan tersebut terjadi setelah Abramovich diketahui memiliki hubungan yang dekat dengan presiden Rusia, Vladimir Putin, yang mengumumkan invasi ke Ukraina.

RusiaUkrainaShakhtar DonetskPelatihBola Internasional

Berita Terkini