x

Kenal Betul Widodo, Pelatih Persebaya Punya 1 Taktik Jitu untuk Redam Persita

Sabtu, 5 Maret 2022 17:41 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
Aji Santoso saat memberikan arahan kepada anak asuhnya di Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mewaspadai kekuatan calon lawannya, Persita Tangerang, dalam lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (6/3/22).

Menurut Aji, meskipun Persita di posisi klasemen sementara berada di papan tengah, kekuatannya pantang untuk diremehkan. Terlebih, mereka pernah menahan imbang Persib Bandung dan Bhayangkara FC.

"Terbukti saat lawan Persib dan Bhayangkara FC meskipun hanya dengan dua pemain atau tiga, tapi mereka cukup memberikan perlawanan. Bahkan hampir menang," kata Aji Santoso dalam sesi jumpa pers yang berlangsung virtual, Sabtu (5/3/22).

Melihat hal ini membuat Aji Santoso mewaspadai semua pemain Pendekar Cisadane, julukan Persita Tangerang. Apalagi, pelatih Widodo C. Putro dikenal memiliki tangan dingin saat meramu strategi tim.

Baca Juga
Baca Juga

Ditambah lagi, Aji Santoso dan Widodo pernah bahu-membahu memperkuat timnas Indonesia saat masih aktif bermain pada era 2000-an.

"Saya kenal baik dengan Widodo. Saya melihat dia adalah seseorang yang memiliki banyak taktik dan salah satu pelatih yang berkualitas," puji Aji Santoso.

Sehingga, meski Persebaya berhasil memenangi pertandingan melawan Persita Tangerang di putaran pertama Liga 1 2021-2022, dirinya tetap mewaspadai calon lawannya ini.

"Saya juga sudah menyampaikan kepada para pemain. Kemenangan terbuka lebar dengan catatan mereka harus bekerja keras," cetus mantan juru taktik Arema FC tersebut.


1. Doa dari Keluarga

Pemain Persebaya Surabaya, Rahmat Irianto saat konfrensi pers jelang laga lawan Sabah FA, Jumat (07/02/20).

Sementara itu, pemain Persebaya, Rachmat Irianto dan rekan setim siap bertanding melawan Persita Tangerang. Dia juga bertekad meraih tiga poin saat pertandingan besok dan bersaing memperebutkan gelar juara Liga 1 2021-2022.

Di sisi lain, sebelum pertandingan berlangsung, Rian, sapaan akrab Irianto, mengungkap ritual wajib yang dilakukannya. Dia mengatakan bahwa dukungan doa dari keluarga menjadi kekuatannya setiap menjelang pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

"Pasti sebelum pertandingan saya video call istri dan anak. Semua ini sebagai ritual buat saya sebelum pertandingan di mulai," tandas Rachmat Irianto.


2. Persita Siaga 1

Para pemain Persita Tangerang sedang menunggu sambutan bola sepak pojok di area kotak penalti Madura United.

Persita Tangerang akan berjumpa Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-29 Liga 1 2021-2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (6/3/22). Pendekar Cisadane sudah mempersiapkan diri dengan baik agar tidak dipermalukan lagi. 

Persita sangat mewaspadai Persebaya karena pernah dibantai empat gol tanpa balas di putaran pertama. Sehingga, mereka telah berbenah pasca-menahan imbang Bhayangkara FC pekan lalu.

"Setelah bermain melawan Bhayangkara FC, kami mempersiapkan fisik dan taktik. Jadi, kami siap untuk menghadapi Persebaya di leg kedua," kata pelatih Persita Tangerang, Widodo C. Putro, Sabtu (5/3/22).

"Memang di leg pertama kami mengalami kekalahan. Tapi kami di leg kedua ini kami tidak mau terulang lagi seperti di putaran pertama," imbuhnya. 

Baca Juga
Baca Juga

Widodo sadar, Persebaya Surabaya adalah lawan yang sangat kuat. Bajul Ijo belum kalah dalam lima laga terakhir, bahkan tengah bersaing di jalur juara Liga 1. 

Sehingga, Persita mewaspadai pemain-pemain cepat Persebaya dari sisi sayap. Ada Taisei Marukawa, Bruno Moreira, Supriadi, dll. yang harus dihentikan sebelum masuk sepertiga pertahanan tim asal Tangerang. 

"Tentu Persebaya salah satu tim yang paling konsisten dan punya flank (sayap) terbaik menurut saya di Liga 1 ini. Jadi, kami sudah berbicara dengan pemain untuk mengantisipasi itu," ujar Widodo. 

Persebaya SurabayaPersita TangerangAji SantosoWidodo C. PutroLiga IndonesiaLiga 1Rachmat IriantoBola IndonesiaBerita Liga 1BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini