x

Menerawang 'Penampakan' Manchester United ala 3 Calon Idaman Pengganti Rangnick

Minggu, 6 Maret 2022 23:31 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mauricio Pochettino, Zinedine Zidane, Ralph Hasenhuttl, tiga dari sekian pelatih yang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: REUTERS/Christian Hartmann/Alberto Lingria/Peter Nicholls.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Manchester United, sempat dikaitkan dengan sejumlah pelatih sebagai calon pengganti Ralf Rangnick.

Seperti diketahui, Ralf Rangnick direkrut beberapa bulan lalu setelah pemecatan Ole Gunnar Solskjaer. Ia didapuk menangani The Red Devils sampai akhir musim ini.

Tidak ayal, fakta ini pun membuka ruang diskusi publik terkait siapa calon penggantinya kelak. Sederet nama pelatih/manajer papan atas dunia satu per satu mulai berhamburan, mulai dari yang masih aktif hingga yang pengangguran.

Sebagai salah satu klub raksasa Liga Inggris, Manchester United pernah begitu digdaya ketika dibesut sejumlah manajer seperti Sir Alex Ferguson dan Sir Matt Busby.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, setelah nama yang pertama mundur pada 2013 lalu, The Red Devils nampak kehilangan tajinya. Para juru taktik yang mereka tunjuk, meski tidak semuanya payah, dianggap belum mampu membawa kesuksesan.

Sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson, Manchester United pernah ditangani oleh David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, lalu Ole Gunnar Solskjaer, ditambah Michael Carrick dan Ryan Giggs sebagai caretaker.

Saat ini, Ralf Rangnick ditunjuk sebagai interim sampai penggantinya muncul pada akhir musim 2021-2022. Seperti telah disebutkan di atas, beragam nama dari A sampai Z pun jadi perbincangan khalayak ramai.

Baca Juga
Baca Juga

Dari seabrek nama calon yang muncul ke permukaan, tiga di antaranya adalah Mauricio Pochettino, Zinedine Zidane, dan Ralph Hasenhuttl.

Lantas akan seperti apa kira-kira Manchester United jika dibesut salah satu dari mereka? Berikut ulasannya.

 

1. Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino, Zinedine Zidane, Ralph Hasenhuttl, tiga dari sekian pelatih yang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: REUTERS/Christian Hartmann/Alberto Lingria/Peter Nicholls.

Salah satu opsi yang paling potensial, mengingat sepak terjangnya bersama Tottenham Hotspur di Liga Inggris.

Meski belum berhasil membawa tim asal London tersebut berjaya, ia telah melakukan banyak hal penting untuk membangun skuat yang apik dan juga kompetitif di level Premier League.

Selain itu, ada kabar yang menyebut bahwa pelatih yang sekarang menangani PSG ini adalah sosok yang paling diidamkan di ruang ganti Manchester United. Dengan kata lain, ia diinginkan oleh para pemain Setan Merah.

Bahkan, ia juga disebut-sebut sudah diprospek oleh manajemen Manchester United sebagai calon pengganti Ole Gunnar Solskjaer, sebelum pilihan jatuh kepada Ralf Rangnick.

Jika merapat ke Manchester United, Mauricio Pochettino diperdiksi bisa membawa atmosfer positif dengan segala faktor pendukungnya di atas.

Manajer yang disukai pemain, mungkin akan seperti itu aura yang ia bawa ke ruang ganti Setan Merah, terlepas dari urusan teknis di lapangan. 


2. Zinedine Zidane dan Ralph Hasenhuttl

Mauricio Pochettino, Zinedine Zidane, Ralph Hasenhuttl, tiga dari sekian pelatih yang dikaitkan dengan Manchester United. Foto: REUTERS/Christian Hartmann/Alberto Lingria/Peter Nicholls.

Zinedine Zidane

Selanjutnya beralih ke sosok yang telah malang melintang bersama Real Madrid. Seorang legenda yang mengabdikan diri untuk mantan klub dan membawakan mereka banyak gelar lewat dua kali periode kepelatihan.

Ya, ia adalah Zinedine Zidane. Kabar tentang diliriknya mantan pemain Timnas Prancis ini oleh Setan Merah sejatinya sudah bergulir sejak lama, namun sampai sekarang kenyataannya ia tidak kunjung merapat.

Jika bergabung dengan Manchester United, Zizou pasti akan disambut dengan sangat baik, terutama dengan pengalamannya yang sudah terbukti di Liga Champions dan Liga Spanyol.

Selain itu, ia juga pernah mengasuh Cristiano Ronaldo dan Raphael Varane di Real Madrid. Di tangannya, kedua pemain ini mengemban peran penting sebagai pivot yang mungkin bisa terulang di Manchester United.

Ralph Hasenhuttl

Nama yang baru mencuat belakangan ini di bursa calon pengganti Ralf Rangnick di Manchester United. Dibandingkan Mauricio Pochettino dan Zinedine Zidane, sepak terjang Ralph Hasenhuttl mungkin bisa dibilang tidak terlalu mentereng.

Saat ini, ia menangani Southampton, tim yang bercokol di papan tengah klasemen sementara Liga Inggris 2021-2022.

Meski begitu, ia punya keunggulan lantaran pernah bekerja sama dengan Ralf Rangnick di RB Leipzig sekitar enam tahun yang lalu.

Selain itu, pelatih asal Austria ini juga dikenal sebagai orang yang berjasa mengatrol FC Ingolstadt 04 ke Bundesliga Jerman dari kompetisi kasta bawah.

Di Manchester United, Ralph Hasenhuttl kemungkinan besar akan memberi banyak kesempatan bagi para pemain muda untuk tampil, sembari mengaplikasikan gaya sepak bola menyerang tanpa henti, mirip gegenpressing ala Jerman.


3. Sepak Terjang Ralf Rangnick di Manchester United

Ralf Rangnick didapuk menangani tim Manchester United sampai akhir musim. Foto: Jan Woitas/picture alliance via Getty Images.

Selama membesut Manchester United, Ralf Rangnick mendapat banyak sanjungan maupun kritik dari berbagai pihak. Salah satunya dari Paul Scholes.

Ia sempat menilai Ralf Rangnick lebih cocok menjadi direktur olahraga daripada menjadi pelatih. Pasalnya, yang bersangkutan belum bisa membawa Manchester United meraih kemenangan secara konsisten.

Meski demikian, Paul Scholes menegaskan bahwa bukan berarti dirinya membenci Ralf Rangnick. Ia hanya merasa apabila juru taktik Setan Merah itu untuk saat ini kurang pengalaman dalam hal melatih klub besar.

Jadi, siapakah calon yang tepat untuk menggantikan Ralf Rangnick di Manchester United kelak?

Manchester UnitedZinedine ZidaneMauricio PochettinoLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisRalf RangnickRalph Hasenhuttl

Berita Terkini