x

Liga 1: Madura United Lega Menyambut Putusan Komdis PSSI Soal Laga Kontra Persipura

Rabu, 9 Maret 2022 19:25 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
Para pemain Madura United merayakan gol Renan Silva (tengah) di laga Persik vs Madura United (05/03/22). (Foto: ligaindonesiabaru)

INDOSPORT.COM - Madura United cukup lega menyambut kejelasan soal laga tunda pekan ke-22 Liga 1 kontra Persipura yang batal terlaksana di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Senin (21/02/22) lalu.

Setelah hampir 3 pekan menunggu, laga tunda itu akhirnya menemui kejelasan. Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya menerapkan sanksi sebagaimana tertulis pada Kode Disiplin PSSI.

"(1)Tim Persipura diberikan hukuman sanksi kalah 0-3 dari Madura United," beber putusan Komdis PSSI bernomor 071/L1/SK/KD-PSSI/III/2022.

Sanksi itu sudah sesuai ketentuan dengan pasal berlapis dengan merujuk Pasal 58 ayat (1) jo Pasal 9 (2) jo Pasal 13 ayat (3) dan ayat (5) jo Pasal 141 ayat (1), (2) Kode Disiplin PSSI Tahun 2018.

Baca Juga
Baca Juga

"(2) Pengurangan 3 poin (forfeit). (3) Denda sebesar Rp250 juta," lanjut putusan tersebut.

Sebagaimana diketahui, laga antara Persipura kontra Madura United tertunda akibat covid pada (01/02/22) lalu. LIB lalu menjadwal ulang laga pekan ke-22 itu pada Senin (21/02/22). 

Namun, Persipura tak datang di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali. Asep Yandis selaku wasit lantas melakukan pra pertandingan tanpa proses kick-off dan melaporkannya ke match commisioner perihal status laga tersebut.


1. Kronologi Laga Madura United vs Persipura

Aksi sundulan pemain Persib, Febri Hariyadi ke arah gawang Persipura di BRI Liga 1. Foto: ligaindonesiabaru

Laga ini sedianya digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (21/02/22) pukul 21.30 WITA atau 20.30 WIB, tapi akhirnya dibatalkan setelah skuad Mutiara Hitam tak hadir ke stadion dengan alasan kekurangan pemain karena cedera dan positif covid-19.

Padahal, Madura United sudah bersiap-siap untuk bertanding sesuai jadwal. Prosesi lempar koin dari wasit sebelum kick off pun sudah dilakukan, meski tanpa kehadiran Persipura.

Persipura sebetulnya sudah bersurat ke PT LIB agar laga tersebut diganti hari karena hasil tes PCR yang dilakukan pada 20 Februari 2022 menunjukkan 9 (sembilan) personel tim dinyatakan positif: 3 ofisial dan 6 pemain.

PT LIB dan Satgas covid-19 di Liga 1 kemudian melakukan tes ulang. Hasilnya positif sesuai dengan yang disebutkan Persipura Jayapura.

Tapi laga melawan Madura United di Liga 1 harusnya bisa jalan karena masih punya 21 pemain dan 7 ofisial yang negatif (syarat bertanding, setidaknya 14 pemain). Ini yang menjadi dasar penilaian Komdis PSSI. 


2. Sesuai Regulasi

Para pemain Madura United merayakan gol Renan Silva (tengah) di laga Persik vs Madura United (05/03/22). (Foto: ligaindonesiabaru)

Madura United pun tampak lega dengan putusan itu. Lantaran sudah sekian lama Tim Laskar Sape Kerrab menunggu bagaimana putusan Komdis perihal status laga yang batal terlaksana.

"Kami sejak awal, menyampaikan bahwa akan taat dan hormati segala keputusan yang berlandaskan regulasi," ujar Chief Financial Officer Madura United, Ziaul Haq Abdurrahim dalam rilis Rabu (09/03/22).

Putusan itu memastikan Madura United dinyatakan sebagai pemenang laga melawan Persipura. Fachruddin Wahyudi Aryanto dkk mendapat kemenengan dengan skor 3-0.

Persipura JayapuraMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021Komdis PSSI

Berita Terkini