x

Menerka Nasib Chelsea Pasca Roman Abramovich 'Dimiskinkan' karena Sanksi

Jumat, 11 Maret 2022 14:19 WIB
Editor: Juni Adi
Marcos Alonso (tengah) merayakan gol kemenangan Chelsea atas Plymouth di laga Piala FA (05/02/22). (Foto:Reuters/Paul Childs).

INDOSPORT.COMChelsea saat ini tengah diterpa sejumlah masalah setelah sang pemilik Roman Abramovich mendapat sanksi dari Pemerintah Inggris.

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich harus menerima nasib sial setelah pemerintah Inggris menjatuhkan sanksi kepadanya terkait invasi Rusia kepada Ukraina yang telah terlangsung dalam beberapa pekan terakhir.

Seperti diketahui Abramovich sendiri adalah penguasaha kaya berkebangsaan Rusia berdarah Yahudi. Sanksi tersebut diberikan lantaran banyak negara-negara barat yang menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

Selain itu, isu kedekatan Abramovich dengan presiden Rusia, Vladimir Putin juga menjadi salah satu penyebab sanksi ini diberikan. 

Akibat sanksi tersebut Chelsea kena dampaknya. Seluruh aktivitas klub dibekukan oleh pemerintah Inggris, seperti aktivitas jual-beli pemain, menjual tiket non-terusan hingga larangan menjual merchandise klub. 

Baca Juga
Baca Juga

Abramovich sendiri sudah menyatakan bahwa dirinya akan menjual Chelsea untuk kebaikan klub. Sayangnya, hal itu tidak mungkin terjadi karena statusnya yang dibekukan.

Alhasil, dia tidak bisa menjual dulu klub London Barat itu setelah rencananya akan melepas di harga 3 miliar paun atau sekitar Rp57 triliun.

Memang sanksi itu masih berdurasi jangka pendek dan bakal ada perubahan. Tapi, tetap saja ini merugikan Chelsea yang tengah berjuang mendapatkan tiga gelar di sisa musim ini, yakni Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA.

"Saya selalu mengambil keputusan dengan kepentingan terbaik klub," ujar Abramovic yang dikutip dari laman resmi klub.

“Dalam situasi saat ini, saya telah mengambil keputusan untuk menjual klub, karena saya yakin ini demi kepentingan terbaik klub, para penggemar, karyawan, serta sponsor dan mitra klub."

"Penjualan klub tidak akan dipercepat, tetapi akan mengikuti proses yang semestinya. Saya tidak akan meminta pinjaman apa pun untuk dilunasi," tambahnya.

"Saya telah menginstruksikan tim saya untuk mendirikan yayasan amal di mana semua hasil bersih dari penjualan akan disumbangkan. Yayasan itu akan bermanfaat bagi semua korban perang di Ukraina."


1. Chelsea Legowo

Trevoh Chalobah (kiri) merayakan gol yang ia cetak di laga Norwich City vs Chelsea (11/03/22). (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

Pihak Chelsea sendiri sudah buka suara dengan kondisi mereka saat ini yang dibekukan oleh pemerintah Inggris. Mereka berharap permasalahan segera selesai, dan tetap diberi jaminan aktivitas seperti biasa seperti dibolehkan menggelar pertandingan, membayar gaji pemain, staf pelatih dan juga karyawan hingga akhir musim.

"Chelsea FC sudah mengetahui bahwa pemilik Roman Abramovich mendapat sanksi dari pemerintah Inggris. Seharusnya klub mendapat sanksi yang sama mengingat ini adalah aset yang kepemelikannya dimiliki secara penuh oleh Abramovic

"Tapi Pemerintah Inggris mengizinkan Chelsea FC untuk beraktivitas seperti biasa," ujar rilis pernyataan resmi Chelsea.

"Kami akan tetap bermain melawan tim sepak bola pria dan wanita menghadapi Norwich serta West Ham, sekaligus berdiskusi dengan pemerintah Inggris terkait cakupan izin tersebut," sambungnya.

"Kami juga terus meminta arahan dari Pemerintah Inggris terkait dampak hukuman ini kepada Chelsea Foundation dan segala aktivitasnya di lingkungan kami," tutupnya.


2. Nasib Masa Depan Chelsea

Selebrasi pemain Chelsea, Lewis Hall di laga Chelsea vs Chesterfield.

Roman Abramovich bisa saja melepas Chelsea dalam waktu dekat ini yang statusnya saat ini tengah dibekukan, dengan satu jalan keluar yakni ia harus menyerahkan kepemilikan Chelsea seluruhnya kepada pemerintah Inggris. 

Hal tersebut tentu tidak menguntungkan pihak Abramovich. Sebab jika ia sepakat dengan solusi yang ditawarkan pemerintah Inggris, maka pengusaha berusia 55 tahun itu akan mengalami kerugian sangat besar.

Abramovich tidak akan mendapat keuntungan sepeserpun dari penjualan aset klub sepak bolanya itu senilai 3 miliar poundsterling, jika diberikan ke pemerintah Inggris.

Sedangkan jika Abramovich tidak sepakat, maka bukan tidak mungkin The Blues akan mengalami kebangkrutan. Saat in saja, Chelsea sudah kehilangan sejumlah pemasukan.

Kondisi itu membuat juara bertahan Liga Champions itu berpeluang gagal menyelesaikan Liga Inggris musim ini karena masalah finansial.

Dilansir dari Daily Mail, Saat ini internal manajemen Chelsea tengah bergejolak memikirkan nasib mereka, karena pintu pemasukan klub ditutup sementara uang pengeluaran terus berjalan untuk membayar gaji pemain, ofisial tim, hingga karyawan klub.


3. Daftar Sanksi Chelsea

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich.

Berikut sederet sanksi yang dialami oleh Chelsea:

1. Dilarang menjual tiket pertandingan harian selain tiket terusan yang sudah terjual. Stadion juga hanya diperbolehkan dimasuki oleh para pemegang tiket terusan atau musiman.

2. Dilarang menjual merchandise klub. Toko resmi yang menjual jersey dan pernak pernik lain di Stadion Stamford Bridge resmi ditutup. 

Pengecer pihak ketiga yang membeli atau memproduksi merchandise sebelum hari Kamis akan diizinkan untuk menjual produk mereka selama tidak ada uang yang diberikan kepada Chelsea. 

3. Tak boleh beraktivitas di bursa transfer. Akibatnya Chelsea tak bisa menjua dan membeli pemain, serta memperbarui kontrak pemain.

4. Menjual Chelsea. Namun, Pemerintah Inggris akan mempertimbangkan permohonan lisensi baru untuk mengizinkan penjualan klub, asalkan terbukti bahwa Abramovich tidak akan mendapat manfaat apa pun dari penjualan klub.

RusiaChelseaUkrainaRoman AbramovichLiga Inggris

Berita Terkini