x

Bak 'Pacar' yang Posesif, Sandy Walsh Ungkap Usaha Gigih Shin Tae-yong Membantunya DInaturalisasi

Selasa, 15 Maret 2022 17:00 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Shin Tae-yong rupanya sering menghubungi Sandy Walsh via telepon hanya untuk memastikan sang pemain memang benar-benar mau membela timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong rupanya punya andil besar dalam proses naturalisasi Sandy Walsh. Sang pelatih kepala timnas Indonesia sampai-sampai rutin menjaga komunikasi dengan calon pemainnya tersebut untuk membangun koneksi.

Hal ini dibocorkan oleh Walsh sendiri dalam wawancaranya di kantor Kedutaan Besar Indonesia di Brussels, Belgia, yang dirilis pada Senin (14/03/22) lalu.

Baca Juga

Layaknya orang yang sedang kasmaran, Shin Tae-yong tiap dua pekan sekali selalu menghubungi Walsh via telepon dengan bantuan asistennya.

Shin Tae-yong berulangkali menanyakan pada Walsh apakah pemain sekalibernya memang benar-benar mau membela Timnas Indonesia atau tidak.

Sikap posesif juru taktik asal Korea Selatan itu memang wajar karena Walsh adalah pemain reguler di Liga Belgia bersama KV Mechelen.

Baca Juga

Sang bek sayap kanan berdarah Belanda itu sebenarnya juga bisa dan sudah ditawari untuk berbaju negara Irlandia, tetapi Walsh sudah kadung ingin merepresentasikan Indonesia yang merupakan negara asal kakek dan neneknya dari pihak ibu.

Walsh bahkan sudah punya niatan bergabung dengan Tim Garuda sejak setengah dekade lalu atau jauh sebelum Shin Tae-yong datang sebagai pelatih Timnas Indonesia.

"(Shin) sudah sering menghubungi saya sejak September atau Oktober tahun lalu. Hingga kini kami rajin berkomunikasi tiap dua atau tiga pekan sekali," ungkap Walsh.

Baca Juga

"Saya ditanyai apakah memang mau dipanggil ke Timnas Indonesia karena saya pemain Eropa dan padanya saya jelaskan jika sudah lima tahun keinginan itu ada,"

"Untuk bisa mewujudkan mimpi itu saya berusaha sendiri namun saya tetap butuh bantuan dari pelatih. Shin Tae-yong senang dengan itu dan makanya sangat bernafsu untuk memanggil saya," tambah pria berusia 27 tahun itu lagi.


1. Naturalisasi Nyaris Rampung

Sandy Walsh bakal segera dinaturalisasi Timnas Indonesia.

Saat ini proses naturalisasi Sandy Walsh sudah mencapai tahap akhir. Saat ini PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia sedang berusaha melengkapi dokumen agar sang pemain bisa segera memegang paspor baru.

Walsh tak sendirian karena bersamanya juga ada Jordi Amat dan Shayne Pattynama yang juga berhasil dibujuk untuk membela timnas Indonesia.

Baca Juga

Emil Audero dan Jordy Wehrmann diprediksi juga bisa mengikuti langkah ketiganya namun saat ini masih belum memberikan anggukan pasti pada PSSI.

Walsh rencananya sudah bisa dipanggil oleh Shin Tae-yong pada kualifikasi Piala Asia 2023 pada medio Juni 2022 mendatang.

Kontribusi Walsh, Amat, dan Pattynama sangat diharapkan untuk menambah kans kelolosan timnas Indonesia ke China.

Baca Juga

Pasalnya di kualifikasi nanti timnas Indonesia tergabung dalam grup sulit bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Hanya ada dua negara yang bisa lolos dari grup tersebut. Timnas Indonesia memang punya potensi, namun mungkin belum cukup pengalaman untuk bersaing di luar Asia Tenggara.

Untuk menutup gap dengan negara-negara kuat dari bagian lain benua kuning, timnas Indonesia kemudian mencari para pemain keturunan yang dinilai bisa memperbaiki kualitas mereka secara drastis.

Baca Juga

Walsh adalah salah satunya. Kecintaannya yang murni pada Indonesia menjadi nilai plus ketimbang opsi-opsi lain. Pengalamannya merumput di Eropa akan jadi bekal berharga untuk timnas Indonesia. Selain itu Walsh juga pemain yang versatile alias dapat bermain di banyak posisi.

Shin Tae-yong dijamin akan sangat senang dengan kehadiran Sandy Walsh nanti dalam skuatnya. Timnas Indonesia yang masih muda hampir bisa dipastikan bakal lebih menyeramkan nantinya di mata para rival.


2. Jadi Rebutan Dua Klub Liga 1

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh, saat membela KV Machelen.

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia yakni Sandy Walsh baru saja mengaku kalau dirinya sedang menjadi rebutan Persija Jakarta dan Bali United.

Hal itu diungkapkan oleh Sandy Walsh saat diwawancarai oleh chanel Youtube KBRI Brussels. Bek andalan klub Belgia, KV Mechelen tersebut mengatakan kalau Persija Jakarta dan Bali United sudah mencoba mengubunginya secara langsung.

Sandy Walsh juga menjelaskan bahwa dirinya membuka peluang suatu saat nanti untuk berkarier di Indonesia. Oleh sebab itu, ia kini sedang mencoba mengikuti bagaimana perkembangan kompetisi Liga 1.

Baca selengkapnya: Jadi Rebutan Persija dan Bali United, Sandy Walsh Beri Jawaban Mengejutkan

NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini