x

Kerap Blunder di Liga 1, Suporter Barito Putera Resmi 'Depak' Kim Jin-sung

Selasa, 15 Maret 2022 10:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Kim Jin-sung, pemain sepak bola asal Korea yang membela Barito Putera di Liga 1 2021-22.

INDOSPORT.COM - Kerap blunder di laga krusial kompetisi Liga 1 2021-2022, segenap suporter Barito Putera resmi mendepak salah satu pemain asing, Kim Jin-sung.

Bukan manajemen Barito yang mendepak Kim Jin-sung, melainkan suporter sendiri yang mengaku tidak akan mengakui pemain asal Korea itu sebagai bagian dari timnya.

Baca Juga

Ya, Kim Jin-sung merupakan pemain asing rekrutan Barito Putera di putaran kedua Liga 1 2021-2022. Sebelumnya, bek sekaligus gelandang itu membela Madura United.

Suporter sendiri menganggap permainan Kim Jin-sung di Madura United tidak sesuai harapan, sehingga ia pun dinilai sebagai pembelian yang gagal di kubu Barito Putera.

Beberapa kali umpan Kim dari lini belakang, direbut oleh lawan sehingga berbuah gol, lalu membuat Barito ketinggalan dan kalah.

Baca Juga

Tak heran, Laskar Antasari kini terseok-seok di papan bawah klasemen sementara Liga 1, dan terancam turun kasta atau degradasi.

Tak mau timnya terus menjadi olok-olok tim lawan, apalagi kini hanya tersisa dua laga di Liga 1 2021-22, suporter Barito Putera pun bergerak cepat mengancam manajemen.

Suporter yang tergabung dalam komunitas Sop Buntut (Suporter Barito Putera Tribun Tertutup Timur) melancarkan aksi di media sosial, terkait status Kim Jin-sung di tim.

Baca Juga

Suporter resmi 'mendepak' Kim Jin-sung dari skuat Barito Putera, karena ia dinilai minim kontribusi, bahkan kehadirannya justru membahayakan gawang sendiri.


1. Suporter Barito 'Depak' Kim Jin-sung

Barito Putera resmikan pemain baru: Kim Jin-sung, Yu Hyun-koo, Alfath Fathier

Suporter Barito Putera yang tergabung dalam komunitas Sop Buntut, membuat sebuah surat terbuka untuk Kim Jin-sung, lalu diunggah ke media sosial Instagram.

"Sehubung evaluasi kinerja permainan Anda selama beberapa pertandingan terakhir, maka kami menilai tidak ada peningkatan dan perbaikan dari sisi kedisiplinan dan tanggung jawab Anda," tertulis di surat itu.

Baca Juga

"Maka dari itu, kami memutuskan untuk tidak mengakui Lord Kim sebagai pemain Barito Putera. Demikian surat pemutusan hubungan kita, antara pemain bola dan suporternya," tutup surat tersebut.

Selain surat bernada sarkas itu, caption akun Instagram @sopbuntut1988official juga menegaskan tidak akan mengakui Kim lagi.

"Dari beberapa kesempatan yang telah diberikan, pemain tersebut tidak ada rasa tanggung jawab dan jiwa Wasaka, selalu mengulang kesalahan yang berakibat fatal."

Baca Juga

"Posisi bek selalu blunder, mengakibatkan kebobolan, begitu juga di gelandang, tidak ada fungsi sama sekali, tim serasa bermain dengan sepuluh pemain," tegasnya lagi.

"Maka dari itu, kami tidak mengakui Kim Jin-sung sebagai pemain PS Barito Putera, terhitung dari tanggal 15 Maret 2022 sampai akhir liga," sembari menandai pelatih Barito.

Baca Juga

Unggahan ini langsung mendapat banyak dukungan dari penggemar Barito Putera, yang mengakui kontribusi Kim Jin-sung sangat minim di sepanjang Liga 1 2021-22.


2. Rahmad Darmawan Bela Kim Jin-sung

Rahmad Darmawan saat memimpin latihan Barito Putera.

Beberapa waktu lalu, pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan dapat komplain yang sama, tapi ia tidak menyalahkan Kim Jin-sung, melainkan kesalahan satu tim.

"Kim sudah menjalankan instruksi dengan baik. Kalau dia membuat sebuah kesalahan, itu bukan kesalahannya pribadi, saya lebih menyebutnya kesalahan tim," ujar Rahmad.

Hal ini tentu saja tidak membuat suporter klub Barito Putera puas. Namun, masih ada harapan dari dua laga terakhir, untuk bisa bertahan di ajang kasta tertinggi, Liga 1.

Barito PuteraRahmad DarmawanSuporter sepakbolaSuporterLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022Kim Jin-sung

Berita Terkini