x

Pratama Arhan Tiba di Jepang! Ini Tanggal Latihan Perdana dan Kemungkinan Debutnya di Tokyo Verdy

Kamis, 17 Maret 2022 18:33 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Pratama Arhan sudah sampai di Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy dan jadwal latihannya sempat bocor di dunia maya. Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bek kiri internasional Indonesia, Pratama Arhan, akhirnya resmi menginjakkan kaki di Jepang untuk memperkuat Tokyo Verdy.

Pratama Arhan tiba di bandara Narita, Tokyo, pada Kamis (17/03/22). Ia kemudian disambut oleh perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Tokyo Verdy.

Baca Juga

Hanya saja sempat ada kendala yang membuat Arhan tertahan di bandara. Youngster berusia 20 tahun itu rupanya bermasalah dengan hasil tes PCR.

Pratama Arhan. Foto: Instastory@tokyo_verdy

Akhirnya sebagai bentuk pencegahan penularan varian baru virus Covid-19, Verdy memutuskan untuk menunda dulu interaksi sang pemain baru dengan fans.

Mereka yang berharap bisa melihat dan berjumpa dengan Arhan di markas maupun fasilitas latihan klub diminta oleh Verdy untuk mengurunkan niat untuk sementara waktu.

Baca Juga

Problem kecil lain yang juga mengiringi kedatangan Arhan ke Negeri Sakura adalah bocornya foto di bandara tanpa seizin Verdy.

Maka dari itu sebelum ada pengumuman resmi dari Verdy, para pecinta sepak bola terutama yang berasal dari Indonesia sudah tahu mengenai situasi Arhan termasuk hambatan di tes PCR.

Sejumlah akun media sosial bertema sepak bola di tanah air seperti @indojleague pun kemudian diminta Verdy untuk menanggalkan postingan dengan foto Arhan.

Baca Juga

Beruntung banyak yang mau berkooperasi dan menyanggupi permohonan dari pihak Verdy. Akun-akun tersebut tidak ingin menodai citra fans dari Indonesia tentunya.

Kendati demikian masih ada beberapa info yang bisa dikorek dari unggahan-unggahan yang dihapus tersebut. Salah satunya adalah kapan Arhan bisa mengikuti latihan resmi perdananya.


1. Segera Gabung Latihan

Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan. Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Masih dari @indojleague, Pratama Arhan semula dijadwalkan untuk menjalani latihan pertama bersama tim senior Tokyo Verdy pada Senin (21/03/22) mendatang.

Akan tetapi, bisa saja jadwal tersebut harus diubah terutama apabila eks penggawa PSIS Semarang tersebut diwajibkan menjalani karantina mandiri.

Baca Juga

Apabila mengikuti rencana semula, maka Arhan tentunya juga bisa lebih cepat untuk mendapatkan debutnya di laga kompetitif dalam balutan baju hijau ala Verdy.

Tidak mungkin Arhan akan dimainkan tanpa berlatih dan beradaptasi dengan baik terhadap rekan-rekan barunya sehingga aman berasumsi partai yang dimainkan setelah tanggah 21 Maret adalah di mana ia akan tampil.

Kurang lebih sepekan setelah latihan perdana, Tokyo Verdy akan berhadapan dengan Montedio Yamagata di ajang J2 League.

Baca Juga

Pada 30 Maret Verdy juga ada agenda pertandingan liga melawan FC Ryukyu. Apabila sudah bisa turun saat itu maka Arhan akan berkesempatan menghadapi sejumlah pemain Asia Tenggara lain.

Ryukyu memiliki tiga pemain dari ASEAN untuk musim 2022 yakni Sittichok Paso (Thailand), Van Luan Pham, dan Hong Quan Vu (Vietnam).

Baca Juga

Diharapkan tidak ada masalah yang akan menghambat Arhan lagi dalam masa awal kedatangannya di Jepang dan Verdy.

Untuk mencegah itu Pratama Arhan sudah ditemani oleh seorang alih bahasa atau penerjemah. Info dari @indojleague menyebutkan jika sang penerjemah adalah warga negara Indonesia yang sudah bekerja lama di salah satu perusaan ternama yang memiliki cabang di Tanah Air.


2. Pratama Arhan Pilih Nomor 38 di Tokyo Verdy

Pratama Arhan mengunjungi Duta Besar Jepang untuk Indonesia setelah bergabung dengan Tokyo Verdy. Foto: Instagram@jpnambsindonesia

Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan akan memakai nomor punggung 38 di klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy. Dia lantas mengungkapkan alasan memilih angka tersebut. 

Arhan mengaku tidak punya alasan khusus pakai nomor 38 lantaran nomor 11 dan 12 yang biasa dipakai di PSIS Semarang dan Timnas Indonesia sudah terisi.

Apalagi, Pratama Arhan belum bergabung dengan Tokyo Verdy dan kompetisi Liga 2 Jepang sudah dimulai selama dua pekan. 

"Nomor punggung tidak ada yang spesial karena nomor 11 dan 12 sudah ada yang pakai. Saya di sana juga bersaing jadi lama-kelamaan pasti akan terbiasa juga," ujar Pratama Arhan. 

Baca selengkapnya: Pratama Arhan Ungkap Alasan Unik Pakai Nomor 38 di Tokyo Verdy

J-LeagueBola InternasionalJ2 LeaguePratama ArhanTokyo Verdy

Berita Terkini