x

Baru Saja Juara Liga TopSkor, ASIOP FC Jadi Favorit di Piala Soeratin U-15

Jumat, 18 Maret 2022 10:35 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi skuat ASIOP FC usai menjuarai Liga TopSkor U-15 2022.

INDOSPORT.COM - Kejuaraan sepak bola usia muda nan legendaris, Piala Soeratin, kategori usia U-15 segera bergulir. Total 23 klub berbeda provinsi akan bertarung untuk memperebutkan trofi edisi 2022.

Salah satu klub yang menjadi kandidat kuat juara Piala Soeratin U-15 berasal dari DKI Jakarta, yakni ASIOP FC. Mereka mengusung kekuatan penuh usai menjuarai turnamen bergengsi, Liga TopSkor U-15 2022.

Baca Juga

ASIOP FC berhak merengkuh trofi usai menumbangkan Diklat ISA di final via drama adu penalti dengan skor 3-2 di Lapangan Bumi Indah Grogol, Depok, Minggu (13/3/22).

Menjelang kick-off Piala Soeratin U-15, ASIOP FC melakukan pemusatan latihan di kompleks sepak bola milik mereka sendiri, ASIOP Training Ground (ATG) Sentul.

Total 25 pemain dibawa berlaga ke putaran nasional Piala Soeratin U-15 2022 yang bakal berlangsung di Banten mulai Sabtu (19/3/22).

Baca Juga

Ada pun ASIOP FC tergabung di Grup A bersama tuan rumah Banten United selaku jawara Piala Soeratin U-15 zona Banten dan Persilat Lampung Tengah (kampiun Lampung).

"Kami sudah mempersiapkan diri menyambut Piala Soeratin U-15, meski sebenarnya jadwalnya agak mepet dengan klimaks Liga TopSkor kemarin," kata pelatih ASIOP FC U-15, Apridiawan, kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT di ATG Sentul, Kamis (17/3/22).

"Seluruh pemain siap tempur. Kami seharusnya mengagendakan laga uji coba sebelum berangkat ke Banten, tapi waktu sudah mepet. Akhirnya, kami menganggap partisipasi di Liga TopSkor kemarin sebagai pengganti uji coba," cetusnya.

Baca Juga

Diketahui, ASIOP FC akan langsung menghadapi tuan rumah Banten United di laga pembuka Grup A Piala Soeratin U-15 2022, Sabtu (19/3/22). 

Lalu, mereka gantian meladeni Persilat Lampung Tengah berselang dua hari kemudian, Senin (21/3/22). Seluruh pertandingan berlangsung di Stadion Mini Cisauk.


1. Mudah Dipantau Lawan

ATG Sentul, kompleks sepak bola modern milik kontestan Liga 3 2021 asal DKI Jakarta, ASIOP FC.

Nama besar ASIOP FC sebagai salah satu akademi elite dengan segudang prestasi barangkali mengintimidasi lawan. Keaktifan mereka mengikuti turnamen-turnamen bergengsi juga membuat mereka mudah disorot.

Hal ini rupanya menimbulkan keresahan tersendiri di benak Apridiawan. Dia sedikit gemas karena kekuatan ASIOP FC mudah dipelajari lawan via rekaman video yang beredar di dunia maya.

Baca Juga

"Di satu sisi, adanya rekaman pertandingan di dunia maya memudahkan tim pelatih ASIOP FC untuk melakukan evaluasi terhadap tim," cetus pelatih berlisensi B AFC tersebut.

"Namun, di sisi lain juga bisa menjadi bumerang karena setiap lawan kami bisa dengan mudah mempelajari permainan ASIOP FC melalui Youtube dsb. Tapi itulah risikonya di era modern seperti sekarang," pungkas Apridiawan.

Baca Juga

Contoh terbaru dari keresahan Apridiawan adalah final Liga TopSkor U-15 kontra Diklat ISA. Permainan mereka terbaca, sehingga dipaksa berpeluh memeras keringat sampai babak tos-tosan alias adu penalti. 


2. Kiprah PSJS Jaksel di Piala Soeratin U-17

Selebrasi skuat PSJS Jaksel usai memastikan diri lolos ke babak 16 Besar Piala Soeratin U-17, Rabu (16/3/22).

Laju PSJS Jakarta Selatan di ajang Piala Soeratin U-17 2022 belum teradang. Mereka diketahui baru saja memastikan lolos ke babak 16 besar selepas memetik kemenangan kedua di putaran nasional, Rabu (16/3/22).

Ada pun lawan yang dilibas oleh PSJS adalah kampiun zona Sumatra Barat sekaligus salah satu klub lawas Tanah Air, PSP Padang. Klub sepupu Persija Jakarta ini memetik kemenangan tipis 1-0 di Lapangan Brigif, Malang. 

Dengan tambahan tiga poin berarti PSJS berhak menyabet satu tiket ke fase berikutnya. Mereka tinggal menanti siapakah yang akan menemani sebagai runner-up Grup G, entah Kotabaru FC (Kalimantan Selatan) atau PSP Padang (Sumbar).

Baca Juga

Keberhasilan PSJS Jaksel melangkah ke babak 16 besar disambut suka cita oleh ketua klub, Try Joko Susilo. Dia lantas bersyukur serta tak lupa mengapresiasi perjuangan para pemain di atas lapangan. 

"Alhamdulillah kami menang 1-0 atas wakil Sumbar yang notabene juara nasional Piala Soeratin U-15 2020. Mereka tumbang di hadapan Tim ibu kota," kata Try Joko Susilo kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT via pesan singkat. 

Baca Selengkapnya

Liga IndonesiaASIOP ApacintiBantenPiala SoeratinBola IndonesiaPSJS JakselATG Sentul

Berita Terkini