x

Piala Pertiwi Resmi Digelar, Iwan Bule Bersyukur Sepak Bola Wanita Jalan Lagi

Jumat, 18 Maret 2022 20:50 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat membuka Putaran Nasional Piala Pertiwi 2021-2022 di Lapangan Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jumat (18/03/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, secara resmi membuka turnamen sepak bola putri Putaran Nasional Piala Pertiwi 2021-2022 di Lapangan Sabilulungan, Kabupeten Bandung, Jumat (18/03/22).

Pada kesempatan tersebut, Iwan Bule, sapaan akrabnya, didampingi oleh Ketua Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI), Nadalsyah, secara simbolis keduanya melakukan kick-off di tengah lapangan.

Baca Juga

Turnamen sepak bola putri ini diikuti oleh 18 tim dari 18 provinsi, selain itu Putaran Nasional Piala Pertiwi 2021-2022 akan menggunakan tiga venue.

Masing-masing di Lapangan Sabilulungan dan Progresif serta Stadion Sidolig (Persib) di Kota Bandung dari 18 hingga 28 Maret 2021-2022.

Mochamad Iriawan merasa lega dan bersyukur, aktivitas sepak bola putri kembali bergulir dengan adanya Piala Pertiwi ini, pasalnya sebelumnya kegiatan sepak bola putri sempat terhenti sekitar tiga tahun lantaran pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Alhamdulillah habis membuka Piala Pertiwi, yang akan berlangsung di tiga venue di Kota dan Kabupaten Bandung. Sabilulungan, Progresif dan Sidolig,

“Sudah lama tidak ada gelaran Piala Pertiwi, terakhir sebelum Covid 2019," kata Iwan Bule di Lapangan Sabilulungan, Kabupeten Bandung, Jumat (18/03/22).

Mantan Kapolda Jawa Barat ini berterima kasih kepada Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia, pasalnya mereka telah memprakarsai bergulir Piala Pertiwi 2021-2022.

Baca Juga

Selain itu, Piala Pertiwi ini menurut Iwan Bule sangat penting bagi perkembangan sepak bola wanita.

Pasalnya, dari ajang tersebut pemain bisa menunjukkan kualitasnya dan akan memudahkan pelatih Timnas Indonesia untuk mencari pemain.


1. Tetap Semangat

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat membuka Putaran Nasional Piala Pertiwi 2021-2022 di Lapangan Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jumat (18/03/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

Sebagai ketua PSSI, Iwan Bule juga menitipkan pesan kepada pemain sepak bola putri agar tetap semangat dan terus bekerja keras menampilkan permainan terbaiknya, agar penampilan bisa semakin berkembang.

"Untuk atlet supaya mengasah mental, fisik, dan kemampuan yang ada," harap Iwan Bule.

Sementara itu, pertandingan perdana di Lapangan Sabilulungan, Kabupeten Bandung, Jumat (18/03/22) mempertemukan tim dari Grup A yakni Jawa Barat yang diwakili oleh Persib mengahadapi Toli FC Putri dari Papua.

Pada pertandingan tersebut, tim Toli FC mampu menaklukkan Persib dengan skor telak 7-0. Pada babak pertama, tim asal Papua berhasil mencetak tiga gol dan memasuki babak kedua, wakil Jawa Barat harus kemasukan empat gol, hingga akhirnya skor berakhir 7-0.

Sementara itu, di pertandingan kedua di tempat yang sama, mempertemukan dua tim dari Grup A lainnya yakni Kalimantan Tengah dan Bangka Belitung.

Pada laga kedua di hari pertama Putaran Nasional Piala Pertiwi 2021-2022, Bangka Belitung berhasil meraih kemenangan setelah menaklukkan Kalimantan Tengah dengan skor 5-0.

 

2. Harapan untuk Piala Pertiwi

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat membuka Putaran Nasional Piala Pertiwi 2021-2022 di Lapangan Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jumat (18/03/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

"Terima kasih pada ASBWI yang memprakarsai dan mengumpulkan, ini pentingnya kita mencari talenta muda yang akan kita ambil di Timnas. Kita melihat siapa-siapa yang bisa diambil ke Timnas," ucap Iwan Bule menambahkan.

Iwan Bule belum bisa memberikan penilaian mengenai kualitas permainan tim peserta turnamen Piala Pertiwi 2021-2022. Pasalnya, ajang tersebut baru saja di mulai dan baru menggelar beberapa pertandingan.

Baca Juga

"Nanti kita lihat ya, kan baru dua pertandingan. Ini laporan dari scout talent pemainnya sudah terlihay bagus," jelas Iwan.

Iwan Bule berharap, turnamen Piala Pertiwi 2021-2022 bisa berjalan dengan aman dan lancar, dan ke depannya diharapkan tidak hanya 18 tim yang berpartisipasi, namun seluruh provinsi yang ada di Indonesia bisa mengirimkan perwakilannya di turnamen sepak bola putri ini.

Baca Juga

"Ini pentingnya bergulir piala pertiwi. Sekarang baru 18 provinsi, semoga tahun depan bisa seluruh provinsi. Kalau dua orang dianbil udah 34x2, 68 pemain. Terima kasih ketua ASBWI yang sudah memprakarsai berjalannya," ucap Iwan Bule.

PSSISepakbola WanitaLiga IndonesiaBola IndonesiaMochamad IriawanPiala Pertiwi

Berita Terkini