x

Anggita Persija Bahas Sepak Bola Putri: Pengalaman Haid dan Kesurupan di Stadion

Sabtu, 19 Maret 2022 18:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Anggita Oktaviani, pemain Persija Jakarta Putri di Liga 1 Putri, buka-bukaan tentang pengalamannya haid saat bertanding dan kesurupan di stadion.

INDOSPORT.COM - Anggita Oktaviani, pemain Persija Jakarta Putri di Liga 1 Putri, buka-bukaan tentang pengalamannya haid saat bertanding dan kesurupan di stadion.

Sebagaimana diketahui, Anggita Oktaviani adalah pesepak bola putri yang menjadi andalan lini pertahanan Persija Jakarta.

Baca Juga

Menurut Cabe, sapaan akrab Anggita, tak ada perbedaan kebiasaan antara sepak bola laki-laki dan perempuan. Sebelum latihan, ia tak harus mandi dan berdandan.

"Kalau Cabe sendiri sama, nggak mandi, kayak cuma cuci muka, sikat gigi, sarapan juga males kalau baru bangun, paling roti, terus skincare-an, pakai sunscreen."

"Tapi ada juga (yang dandan), atau yang dibangunin lama banget, ada yang pakai alis, sampai kita kesel banget, dimarahin tapi dibecandain, yang telat kena hukum."

Baca Juga

Namun, satu hal yang sangat membedakan sepak bola laki-laki dan perempuan, karena Anggita dkk merasakan haid setiap bulan. 

"Tapi beda lagi kalau dia lagi haid, kalau lagi haid kan tuh semua badan pada sakit, tetap latihan, tapi ditanya dulu nih sebelumnya sama pelatih, ada yang lagi dapet nggak?"

"Kalau sudah hari ketiga, ikut latihan, kalau yang hari pertama atau kedua, itu disuruh istirahat dulu, cuma kalau dia kuat ya sudah ikutan," paparnya di Youtube Capt Hamka.

Baca Juga

Anggita Oktaviani tak ragu memaparkan pengalamannya saat haid, tapi harus tetap bertanding membela Persija Jakarta Putri.

"Cabe juga pernah lagi hari pertama haid ada pertandingan liga, pinggang pada sakit, pengen emosi, tapi malah di lapangan enak, kencang, karena kita geregetan," curhatnya.


1. Kalah Tanding, Anggita Kesurupan di Stadion

Laga pertandingan Persija Jakarta Putri versus Persib Bandung Putri.

Selain itu, masih ada sisi unik sepak bola putri. Anggita Oktaviani mengaku pernah kesurupan di salah satu stadion, karena baru saja mengekspresikan kekalahannya.

"Namanya permainan, ada yang kalah dan ada yang menang. Kalau kalah ya sedih, ada yang nangis, ada yang kesurupan juga, saya pernah kesurupan di stadion," ungkapnya.

Baca Juga

"Cuma pas keluar stadion sudah enggak kesurupan kok. Percaya nggak percaya sih, cuma kita yang merasakan, ya sudah orang mau percaya atau enggak," tutur Anggita.

Selain pengalaman Anggita sendiri, ia juga pernah melihat temannya kesurupan. Maka dari itu, pesepak bola 22 tahun tersebut cukup mempercayai hal-hal berbau mistis.

Baca Juga

"Ngelihat teman juga pernah, benar-benar parah banget. Jadi saya percaya sih sama yang begituan," ungkap Anggita saat hadir di YouTube milik Hamka Hamzah tersebut.

Di sisi lain, Anggita Oktaviani mengaku senang jika bermain di stadion, apalagi saat ada penonton, sebelum pandemi Covid-19.

"Pertama, kita kalau ada suporter tuh lebih semangat lagi mainnya. Yang kedua, kita ingin menunjukkan kami juga bisa, jangan bikin suporter ini kecewa," curhat Anggita.

Baca Juga

"Yang ketiga, deg-degan kalau misalkan kita kalah, kan ngecewain mereka," imbuhnya.

"Cuma pas di lapangan, kalau ada suporter, semangatnya kayak lebih. Apalagi kalau ada pacar kan, mau Passing lihat-lihat dulu," tukas Anggita Oktaviani sembari tertawa.


2. Sekilas Profil Anggita Oktaviani

Anggita Oktaviani bersama kekasih Maell Lee

Anggita Oktaviani merupakan pesepak bola wanita asal Jakarta, yang saat ini berusia 22 tahun. Ia tercatat sebagai pemain Persija Jakarta Putri di Liga 1 Putri 2019 silam.

Gadis kelahiran 5 Oktober 1999 ini sudah hobi bermain sepak bola dan futsal sejak duduk di bangku SMP. Anggita juga sempat bergabung dalam klub bernama Female FC.

Bersama Female FC, Anggita tampil dalam Liga Nusantara 2017. Dari sana, kariernya mulai melonjak. Anggita pun direkrut dan masuk ke dalam tim Pra Pon DKI Jakarta.

Meski kariernya di dunia sepak bola cukup mulus, Anggita juga tetap peduli dengan pendidikannya. Dia merupakan mahasiswa D3 jurusan Perpajakan Universitas Trisakti.

Persija JakartaStadionLiga 1 PutriPersija Jakarta PutriBerita Liga 1 PutriAnggita Oktaviani

Berita Terkini