x

Pembagian Pot SEA Games 2021: Timnas Indonesia U-23 Berpotensi Satu Grup dengan Vietnam

Rabu, 23 Maret 2022 01:09 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Skuat Timnas Indonesia saat hadapi Timor Leste di laga ujicoba, Kamis (28/01/22). (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Berikut pembagian pot ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara atau SEA Games 2021, di mana Timnas Indonesia U-23 berpotensi satu grup dengan Vietnam.

Seperti diketahui, setelah sempat ditunda pada 2021 lalu, SEA Games akhirnya sebentar lagi bakal digelar di Vietnam pada 12 hingga 23 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga

Dilansir dari media Vietnam, Vn Express, pembagian pot baru saja ditentukan. Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong menempati pot 2 bersama musuh bebuyutan Malaysia.

Kemudian pot 1 dihuni oleh tuan rumah Vietnam dan Thailand. Hal itu membuat Skuat Garuda memiliki peluang bakal kembali bersua The Golden Star seperti di edisi 2019 lalu.

Baca Juga

Di SEA Games ke-31 kali ini, Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang besar membalas kekalahan dari Vietnam. Saat gelaran 2019 lalu, mereka sempat dua kali kalah dari pasukan Park Hang-seo di babak penyisihan dan laga final.

Baca Juga

Alhasil, Skuat Garuda muda era Indra Sjafri harus puas pulang dari Filipina dengan membawa medali perak. Namun di edisi kali ini, kekuatan Garuda sudah mengalami peningkatan tajam di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Terbukti saat Piala AFF 2020 lalu, Timnas Indonesia yang dihuni sebagian besar pemain di bawah usia 23 tahun sukses menahan imbang tim utama Vietnam dan meraih runner up.


1. Timnas Indonesia U-23 Diperkuat Marc Klok

Pemain Persija Jakarta Marc Klok resmi menyandang status Warga Negara Indonesia.

Sementara itu, demi menambah kekuatan tambahan, Shin Tae-yong baru saja memanggil gelandang naturalisasi milik Persib Bandung yakni Marc Klok.

Di SEA Games 2021, khusus untuk cabang olahraga sepak bola setiap tim diperbolehkan memakai jasa tiga pemain senior atau di atas usia 23 tahun. Namun hanya dua pemain saja yang diperbolehkan masuk ke lapangan pertandingan.

Baca Juga

Pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong baru saja menentukan satu pemain senior untuk mengisi tiga slot tersebut. Kejutan terjadi karena dirinya memilih gelandang naturalisasi bernama Marc Klok.

Baca Juga

Gelandang milik Persib Bandung itu memang sudah sah menjadi seorang Warga Negara Indonesi (WNI) sejak November 2020 lalu. Sayang, Marc Klok belum bisa langsung bermain untuk Timnas Indonesia karena tidak sanggup menunjukan garis keturunan.

Baca Juga

Alhasil, Marc Klok harus menunggu waktu lima tahun berada di Indonesia. Tepatnya pada April 2022 mendatang, dirinya sudah resmi lima tahun menetap di tanah air.


2. Berikut Pembagian pot SEA Games 2021

Logo Sea Games Vietnam.

Pot 1: Thailand, Vietnam

Pot 2: Timnas Indonesia, Malaysia

Pot 3: Myanmar, Kamboja

Pot 4: Filipina, Singapura

Pot 5: Laos, Timor Leste.

Jadwal drawing akan berlangsung pada 6 April 2022 mendatang di Hanoi, Vietnam.

Baca Juga
SEA GamesMalaysiaVietnamThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yong

Berita Terkini