x

Gasak Italia, Pelatih Makedonia Utara Sesumbar Menang dengan Taktik 'Tak Lazim'

Jumat, 25 Maret 2022 16:18 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Juni Adi
Blagoja Milevski, pelatih Makedonia Utara. Foto: Instagram@ffmacedonia

INDOSPORT.COM – Lanjutan pertandingan semifinal babak play-off Piala Dunia 2022, antara Italia vs Makedonia Utara meninggalkan cerita unik tersendiri bagi pelatih Makedonia Utara.

Pasalnya, pelatih Makedonia Utara saat ini, Blagoja Milevski sesumbar telah mengalahkan Italia malam itu dengan taktik catenaccio yang selama ini menjadi ciri khas timnas negeri pizza.

Baca Juga

Laga malam itu sendiri dimainkan di kandang Timnas Italia, Stadion Renzo Barbera kandang eks klub Paulo Dybala, Palermo yang bermain di Serie B, pada hari Jumat (25/03/22) dini hari WIB.

Tampil dengan dukungan penuh tifosi, Timnas Italia tentu diunggulkan pada pertandingan tersebut, hal ini terlihat dari dominasi Italia yang terlihat sejak menit pertama.

Serangan bergelombang anak asuhan Roberto Mancini seakan tak bisa menembus pertahan Makedonia Utara yang dikawal Visar Musliu dan Stefan Ristovski.

Baca Juga

Dominasi Italia di pertandingan ini benar-benar luar biasa, Gli Azzurri tercatan melakukan penguasan bola sebanyak 61% berbanding terbalik dengan Makedonia Utara.

Selain itu, Marco Verratti cs berhasil melesatkan tembakan sebanyak 32 kali, terpaut sangat jauh dari total sepakan yang dilakukan Makedonia Utara yang hanya berjumlah empat kali.

Bahkan Timnas Italia malam itu juga memiliki kesempatan mencetak gol sebanyak lima .tendangan berhasil mengarah ke gawang Stole Dimitrievski kiper, Makedonia Utara.

Baca Juga

Hingga akhir babak kedua, kedudukan masih sama kuat sebelum akhirnya Timnas Italia dikagetkan dengan gol menit terakhir striker Makedonia, Aleksandar Trajkovski.

Gol pemain asal klub AaB Fodbold ini menjadi penentu kemenangan Makedonia Utara atas Italia, setelah pertandingan pelatih Makedonia Utara, Blagoja Milevski berbangga bahwa pasukannya telah mengalahkan Italia dengan cara mereka (catenaccio).


1. Pelatih Makedonia Utara: Kami Menang dengan Gaya Bertahan Catenaccio

Blagoja Milevski, pelatih Makedonia Utara. Foto: Instagram@ffmacedonia

Kemenangan mengejutkan Makedonia Utara atas juara empat kali Piala Dunia meninggalkan sedikit cerita unik, hal ini diutarakan pelatih Makedonia usai pertandingan menegangkan itu.

Dilansir dari laman Sportske, Blagoja Milevski mengaku senang dan bangga pada penampilan pasukanya. Ia mengatakan timnya sukses meniri gaya bermain Italia.

Baca Juga

Kemenangan sensasional Makedonia Utara ini seakan-akan melanjutkan penampilan apik mereka setelah tampil  mengejutkan pada gelaran Piala Eropa tahun 2020 lalu.

“Kami sangat senang malam ini, kami mengalahkan Italia dengan memainkan permainan yang selama ini jadi ciri khas mereka,” Ucap Milevski.

“Pada pertandingan ini, kami benar-benar dipaksa bertahan oleh mereka (Italia), kami fokus dalam pertahanan. Gol kemenangan kami bahkan hasil dari dua tembakan,” Tambahnya.

Mantan pemain Timnas Makedonia yang memutuskan pensiun dari sepak bola tahun 2010 lalu ini juga menambahkan bahwa dirinya sangat senang dengan kemenangan atas Italia ini.

Baca Juga

“Saya sangat senang atas kemenangan ini, saya bangga atas kerja keras orang-orang ini sepanjang pertandingan. Semua energi akan kami kerahkan ke Portugal,” imbuhnya.

“Saya sangat senang untuk Trajkovski untuk golnya. Kami dihadapkan dengan laga sulit, kami tau Italia adalah tim hebat dengan beberapa pemain bintang, tetapi kami bisa bermain lepas, sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada pemain untuk bersenang-senang dan mereka melakukan itu,” pungkas pelatih berlisensi Pro UEFA itu.

Baca Juga

Sebagai mana diketahui Timnas Makedonia Utara belum pernah berpartisipasi dalam ajang lima tahunan ini, tentu saja kemenangan atas Italia akan membuka jalan mereka tampil di Piala Dunia.

Sebelum itu, pada babak final Play-off Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022, mereka akan bertemu dengan Timnas Portugal dengan bintang mereka Cristiano Ronaldo.


2. Total Harga Skuat Makedonia Utara Tak Lebih dari Harga Pasaran Donnarumma

Oknum suporter melemparkan uang dollar Amerika Serikat palsu ke sekitar gawang Gianluigi Donnarumma.

Merujuk pada Transfermarkt di akun Instagram-nya, Jumat (25/03/22), kekalahan Italia dari Makedonia ini jadi sebuah pemandangan yang miris.

Jika melihat perbedaan nilai kedua timnas. Makedonia Utara besutan Igor Angelovski tercatat memiliki nilai skuat yang hanya mencapai 65 juta euro atau sekitar Rp1,02 triliun.

Pemain termahal di timnas Makedonia Utara disandang oleh gelandang serang Napoli, Eljiff  Elmas. Pemain berusia 22 tahun itu diketahui memiliki nilai 24 juta euro atau Rp379 miliar.

Baca selengkapnya: Kubur Mimpi Italia, Harga Seluruh Skuat Makedonia Utara Cuma Setara Donnarumma
 

ItaliaRoberto ManciniPaulo DybalaPiala Dunia 2022MakedoniaBola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini