x

Kolaborasi dengan Klub Amerika Serikat, ASIOP FC Tatap Masa Depan Cerah

Minggu, 27 Maret 2022 20:02 WIB
Editor: Indra Citra Sena
ASIOP FC baru saja meneken kerja sama strategis dengan salah satu akademi ternama asal Amerika Serikat, Brooklyn United, Minggu (27/3/22).

INDOSPORT.COM - Klub Liga 3, ASIOP FC, semakin serius memajukan sepak bola Indonesia lewat jalur pembinaan usia dini. Mereka baru saja meneken kerja sama strategis dengan salah satu akademi ternama asal Amerika Serikat, Brooklyn United, Minggu (27/3/22). 

Penandatanganan nota kesepahaman alias MoU dilakukan di markas kebanggaan mereka, ASIOP Training Ground (ATG) Sentul, Bogor. Agenda ini dihadiri secara langsung oleh Eduardo Perez Moran sebagai perwakilan dari Brooklyn United. 

Baca Juga

Eduardo Perez terbilang cukup akrab di telinga para penikmat sepak nasional. Pelatih dengan ciri khas kepala plontos ini diketahui pernah menjadi asisten Luis Milla di timnas Indonesia periode 2016-2018. 

Di Brooklyn United, Eduardo Perez menjabat sebagai Direktur Kepelatihan. Dia nantinya akan bertanggung jawab menyempurnakan kurikulum akademi melalui kolaborasi dengan Direktur Teknik ASIOP FC yang sama-sama berpaspor Spanyol, Pedro Javier Banuelos Saez. 

"Hari ini kunjungan balik dari Brooklyn United setelah sebelumnya kami diwakili Pak Ade Wellington duluan menyambangi New York beberapa waktu lalu," kata Direktur Utama ASIOP, Ade Prima Syarif, kepada awak media di ATG Sentul. 

Baca Juga

"Kini, kami melakukan formulasi kerja sama dalam bentuk MoU jangka panjang sekitar 3-5 tahun. Yang jelas kolaborasi dengan Brooklyn United ini nantinya bisa menyempurnakan kurikulum akademi kami, yaitu ASIOP Way," cetusnya. 

Ke depan, ASIOP FC dan Brooklyn United juga akan saling mengirim pemain dan pelatih satu sama lain. Tujuannya tentu saja agar membantu akademi klub berkembang jauh lebih baik lagi melalui turnamen-turnamen usia dini yang bergulir di New York maupun Jakarta. 

Satu benefit lain dari kerja sama ini adalah kedua belah pihak bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman masing-masing dalam menjalankan manajemen akademi seluruh kategori usia yang berguna untuk urusan sponsorship komersial. 

Baca Juga

"Kerja sama ini sangat penting bagi klub dalam menjaga hubungan jangka panjang dengan sponsor yang memberikan dukungan berkelanjutan untuk pengembangan ASIOP FC," tandas Ade Prima Syarif. 

Ada pun kolaborasi dengan Brooklyn United terasa membanggakan bagi ASIOP FC karena Amerika Serikat merupakan salah satu negara terbaik dalam urusan perkembangan sepak bola di dunia. Mereka pernah menduduki ranking 4 FIFA, meski sekarang berada di urutan ke-13. 


1. Koneksi Eks Sekjen PSSI

Direktur Utama ASIOP FC, Ade Prima Syarif, berpose bareng Direktur Kepelatihan Brooklyn United, Eduardo Perez.

Di sisi lain, Eduardo Perez merasa terhormat bisa bekerja sama dengan ASIOP FC. Dia sudah tak sabar lagi bekerja membantu akademi klub menyempurnakan kurikulum kepelatihan yang kelak akan digunakan untuk melahirkan bakat-bakat muda potensial level timnas Indonesia. 

"Kita sama-sama tahu bahwa ASIOP FC merupakan salah satu akademi sepak bola terbaik di Indonesia. Klub ini punya segalanya, mulai dari fasilitas kelas satu hingga kurikulum jempolan. Saya kagum sekali," ujar Eduardo Perez. 

Baca Juga

"Kebetulan saya juga sudah kenal cukup lama dengan CEO ASIOP FC, Ade Wellington. Kami sering bertukar pikiran. Saya merasa tertantang dengam kerja sama ini karena bisa berguna buat masa depan sepak bola Indonesia," tandasnya. 

Baca Juga

Sekadar mengingatkan, Ade Wellington adalah sosok sentral di balik kedatangan Luis Milla dan gerbongnya (termasuk Eduardo Perez) ke Indonesia pada pengujung 2016. Dia kala itu menjabat Sekjen PSSI era Ketum Edy Rahmayadi. 


2. ASIOP FC dan Brooklyn United Satu Visi

Direktur Teknik ASIOP FC, Pedro Javier Banuelos Saez.

Sementara itu, Direktur Teknik ASIOP FC, Pedro Javier Banuelos Saez, sangat menantikan kerja sama bareng sesama pelatih Spanyol, Eduardo Perez. Ia bahkan merasa terbantu lantaran sang rekan sudah lebih dulu bersinggungan dengan sepak bola Indonesia di masa lalu. 

"Kami jelas satu visi dan punya metode yang serupa. Kami berdua sangat percaya diri dan dia lebih berpengalaman di sini. Terima kasih kepada Pak Ade Wellington atas kerja kerasnya mewujudkan kolaborasi ini," ungkap Pedro Javier. 

"Meskipun nanti komunikasi dilakukan dari jarak jauh, saya di sini dan Eduardo di New York, saya pikir tidak akan ada masalah. Kami akan fokus mengembangkan kemampuan menganalisa pertandingan kepada pelatih dan pemain ASIOP. Begitu pula pendekatan sains sepak bola," pungkasnya. 

Baca Juga

Sekadar mengingatkan, Pedro Javier Banuelos Saez didatangkan dari Spanyol pada Januari silam. Pelatih berlisensi UEFA Pro ini punya segudang pengalaman menangani tim-tim di negaranya, antara lain Deportivo Alaves, Eibar, dan CD Mirandes.

SpanyolAmerika SerikatLiga IndonesiaASIOP ApacintiAde WellingtonLiga 3Eduardo PerezBola Indonesia

Berita Terkini