x

Liga 1: Gubernur Izinkan 15 Ribu Penonton, Suporter Bali United Tegas Menolak Hadir

Senin, 28 Maret 2022 05:43 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Gubernur Bali, I Wayan Koster (tengah) didampingi pemilik saham terbesar Bali United, Pieter Tanuri (kiri) dan wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Manyun (kanan) saat memberi keterangan pers di Jayasabha, Denpasar, Minggu (27/3/22).

INDOSPORT.COM - Gubernur Bali I Wayan Koster mengizinkan adanya penonton saat Bali United menghadapi Persik Kediri pada laga pamungkas Liga 1 2021/2022, Kamis (31/3/22) malam.

Namun, dibukanya kuota tribun sebanyak 75 persen malah ditolak suporter Bali United.

Baca Juga

I Wayan Koster mengizinkan penonton menghadiri laga pamungkas Bali United musim ini.

Koster mengaku sudah berkomunikasi dengan PSSI terkait permintaan agar Bali United bisa main di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Menurutnya, pemindahan laga ini tak menjadi masalah karena status laga yang sudah tak menentukan. Bali United sudah juara Liga 1 dan Persik sudah lolos degradasi.

Baca Juga

"Stadion Dipta yang kira-kira bisa menampung 25 ribu penonton itu kita bisa mentolerir batasan supaya penonton itu bisa 15 ribu lebih," kata I Wayan Koster di Jayasabha, Denpasar, Minggu (27/3/22).

Pemberian izin kuota 75 persen tak menyalahi aturan di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, status penanganan Covid-19 di Bali sudah berada di level kedua.

Namun, Koster ingin ada protokol kesehatan ketat. Ini menjadi penegasan tentang penanganan Covid-19 yang belum sepenuhnya mereda di seluruh dunia.

Baca Juga

"Saya memberikan persyaratan, yakni harus yang sudah mencapai vaksin booster pertama. Jadi hanya penonton yang sudah mendapat vaksin booster. Syarat kedua harus menunjukkan surat keterangan negatif Swab Antigen," tutur Koster.

Bagi masyarakat yang ingin masuk stadion, namun belum suntik vaksin booster, Koster mengimbau agar segera datang ke Puskesmas, Rumah Sakit atau Dinas Kesehatan.


1. Ditolak Suporter Bali United

Suka cita pemain Bali United sambut gelar juara Liga 1. Pemanasan tim langsung berhenti. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Pengecekan ketat akan dilakukan saat pertandingan digelar. Petugas yang disebar ke beberapa titik akan mengecek bukti melalui aplikasi pedulilindungi.

"Masih ada waktu empat hari lagi. Saya mengajak bagi yang belum booster segera booster, bisa di puskesmas, rumah sakit maupun dinas kesehatan silahkan. Jadi boosternya tersedia," papar Koster.

Baca Juga

Namun, niatan agar suporter bisa menyaksikan saat para pemain Bali United mengangkat piala gelar Liga 1 2021/2022 tak disetujui salah satu kelompok suporter Bali United, North Side Boys (NSB) 12.

Melalui akun instagram resminya, NSB 12 berpendapat bahwa dibukanya tribun, khusus untuk laga Bali United melawan Persik Kediri merupakan sebuah ketidakadilan.

Jika nantinya laga tetap bisa dihadiri suporter, NSB 12 mengimbau anggotanya untuk mengosongkan tribun utara Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Baca Juga

"Menolak datang ke stadion. Jika kami diperbolehkan masuk stadion, seharusnya suporter lain juga dapat mengawal kebanggaannya. Terima kasih #respect," tulis melalui instagram Northsideboys12.

Belum diketahui apakah sikap NSB 12 akan diikuti suporter Bali United yang biasa mengisi tribun timur, barat dan selatan.

Bali United memiliki beberapa kelompok suporter yang berdiri sendiri.


2. Liga 1 Tanpa Penonton

Suka cita pemain Bali United sambut gelar juara Liga 1. Pemanasan tim langsung berhenti. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Sepanjang perhelatan kompetisi Liga 1 2021/2022, para penonton memang dilarang hadir di stadion, meski sejatinya sudah ada aturan 75 persen kuota venue.

Aturan ini sudah diberlakukan di kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2022. Selain itu, ada pula MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, yang dihadiri puluhan ribu pasang mata.

Belum diketahui apakah niatan I Wayan Koster ini akan mendapat restu dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 dan PSSI sebagai federasi sepak bola Tanah Air.

Usai laga melawan Persik Kediri nanti, Bali United akan menerima piala gelar Liga 1 2021/2022.

Piala ini sudah dikunci sebelum Bali United melakoni laga pekan ke-33 melawan Persebaya Surabaya, lantaran rival utama, Persib Bandung gagal mengalahkan Persik.

Bali UnitedLiga IndonesiaBali United FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini