x

Rapor Pemain Indonesia di Luar Negeri: Kelana Mahesa Cetak Gol di Liga Jerman

Selasa, 29 Maret 2022 15:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Kelana Noah Mahesa pemain keturunan Indonesia-Jerman yang dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas U-19.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah rapor pemain Indonesia di luar negeri. Kelana Noah Mahesa, eks pemain Timnas Indonesia U-19, mencetak gol ketiga untuk klubnya.

Sebagaimana diketahui, Kelana Mahesa adalah pemain keturunan Indonesia dan Jerman. Sosok 20 tahun tersebut memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

Baca Juga

Pada tahun 2020 lalu, Kelana Noah Mahesa mengikuti pemusatan latihan dan uji coba Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Namun hingga kini, ia belum dipanggil kembali.

Kelana Mahesa lebih diandalkan di klubnya, SpVg Frechen 1920, tim yang berkompetisi di Mittlerheinliga, kasta kelima Liga Jerman.

Seperti baru-baru ini, Kelana Mahesa masuk dalam starting eleven saat Frechen menghadapi tim Siegburger SV 04, Minggu (27/03/22) kemarin. Ia mencetak satu gol.

Baca Juga

Berkat gol tersebut, Frechen akhirnya berhasil comeback dari Siegburger, dan akhirnya menutup laga pamungkas itu dengan keunggulan tipis 4-3.

Perlu diketahui, itu adalah gol ketiga yang dipersembahkan oleh Kelana Noah Mahesa. Sebelumnya, gelandang 20 tahun itu juga membobol tim FC Hurth dan VfL Vichttal.

Kelana Mahesa sudah tampil dalam 20 dari 23 laga yang dijalani Frechen musim ini. Ia memang lebih sering digantikan, atau turun sebagai pemain cadangan di babak kedua.

Baca Juga

Namun belakangan, Kelana Mahesa selalu menjadi andalan sang pelatih, dan bermain fulltime selama 90 menit pertandingan.

Berkat Kelana Mahesa, Frechen saat ini kokoh di peringkat keempat klasemen sementara level Middlerain liga kelima Jerman, dengan koleksi total 43 poin.


1. Kiprah Kelana Mahesa di Jerman

Pemain Muda Indonesia, Kelana Mahessa Tampil di Liga Jerman

Berikut ini kiprah Kelana Noah Mahesa, salah satu penggawa Timnas Indonesia U-19 yang akhirnya berhasil menjalani debut di tim senior di Liga Jerman musim ini.

Nama Kelana Mahesa dikenal publik saat gelandang 20 tahun itu ikut memperkuat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, bulan Oktober 2020 silam.

Baca Juga

Bahkan pada pemanggilan perdananya, Kelana Mahesa langsung dipercaya tampil sebagai starter saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi tim akademi Hajduk Split.

Walau baru sekali menjalani laga bersama Timnas U-19, namun Kelana Mahesa terlihat sudah bisa membaca taktik dan permainan yang diinginkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Terbukti sepanjang 50 menit dirinya berada di lapangan, Timnas Indonesia U-19 terlihat mudah menguasai bola serta sangat minim mendapat ancaman di kotak pertahanan.

Baca Juga

Dalam laga kontra Hajduk Split tersebut, Kelana Mahesa berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan 4-0.

Kala itu, gol datang dari Bagas Kaffa pada menit ke-19, Pratama Arhan (48’ penalti),  Beckham Putra Nugraha (53’ penalti), dan ditutup dengan gol milik Jack Brown (78').

Di level klub, performa Kelana Mahesa terbilang cukup impresif. Memulai karir FC Koln junior pada tahun 2017, ia pun memilih merantau ke berbagai akademi di Jerman.

Baca Juga

Karier Kelana Mahesa lantas berlanjut ke klub FC Viktoria Cologne U-17. Di tim ini, Kelana Mahesa berhasil membukukan 12 penampilan, walau tanpa gol atau assist.

Pada tahun 2018, Kelana Mahesa kembali hijrah dan bergabung bersama Bonner SC U-19. Bersama tim asal kota Bonn, Jerman tersebut, Kelana kini mulai diperhitungkan.


2. Statistik Kelana Mahesa

Pemain muda Jerman keturunan Indonesia, Kelana Noah Mahesa.

Kelana Mahesa, gelandang keturunan Indonesia itu akhirnya menembus tim utama Bonner FC, klub yang tampil di Regionalliga West atau kasta keempat Liga Jerman.

Kelana Mahesa menjalani laga debutnya bersama Bonner FC di musim 2020-21.

Memasuki tahun 2021, Kelana Mahesa direkrut oleh Frechen 20, klub kasta kelima Liga Jerman. Di sini, ia berhasil mendapat jam terbang lebih banyak dari sebelumnya.

Tampil reguler dalam 20 laga, Kelana Noah Mahesa sudah membukukan tiga gol untul Frechen dan membawa tim ke papan atas.

Timnas u-19Bola InternasionalLiga JermanBakat Muda IndonesiaTimnas Indonesia U-19Perjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriKelana Noah MahessaSPVG Frechen 1920

Berita Terkini