x

4 Penyerang Tajam yang Absen di Piala Dunia 2022

Rabu, 30 Maret 2022 21:05 WIB
Editor: Juni Adi
Aksi Erling Haaland di laga Wolfsburg vs Borussia Dortmund (27/11/21).

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 tidak akan diramainkan oleh empat penyerang tajam ini setelah mereka dipastikan tak lolos menuju Qatar.

Turnamen sepak bola terakbar di dunia, Piala Dunia 2022 kurang dari beberapa bulan lagi akan segera dimulai.

Baca Juga

Qatar ditunjuk sebagai negara penyelenggara yang akan digelar pada 21 November hingga 18 Desember mendatang. Edisi kali ini akan terasa berbeda dari Piala Dunia sebelumnya, karena digelar untuk pertama kalinya di musim dingin.

Sempat ditentang sejumlah klub Eropa karena bertepatan di tengah kompetisi, namun akhirnya FIFA tetap memutuskan Piala Dunia 2022 ini digelar akhir tahun.

Baca Juga

Dari total 32 negara yang akan berpartisipasi, sejauh ini sudah ada 27 peserta yang memastikan diri akan tampil di Piala Dunia 2022 mendatang.

Portugal dan Senegal menjadi salah satu tim yang kelolosannya disorot baru-baru ini karena berlangsung dramatis.

Portugal meraih tiket putaran final Piala Dunia 2022 pada Rabu (30/3/2022) dini hari WIB via jalur play-off zona Eropa. 

Selecao das Quinas dipastikan berangkat ke Qatar akhir tahun ini setelah membenamkan Makedonia Utara 2-0 di Estadio do Dragao, Porto. 

Baca Juga

Bintang kemenangan Portugal pada pertandingan tersebut adalah Bruno Fernandes. Playmaker Manchester United itu mencetak brace (32', 65'). 

Selain Portugal, negara Eropa yang juga lolos setelah melewati final playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa adalah Polandia.
 
Polandia mencetak skor kemenangan identik dengan Portugal. Mereka menang 2-0 atas Swedia. 

Dua gol penentu kemenangan timnas Polandia lahir dari Robert Lewandowski (49' pen) dan Piotr Zielinski (72').

Ghana menjadi wakil Afrika pertama yang lolos. The Black Stars unggul agresivitas gol tandang dalam agregat 1-1 melawan Nigeria.

Setelah Ghana, menyusul kemudian Senegal, Maroko, Tunisia, dan Kamerun Senegal lolos ke Qatar dengan menyingkirkan Mesir via adu penalti (3-1).

Pemenang ditentukan lewat adu penalti setelah agregat 1-1 tak berubah sampai babak perpanjangan waktu usai. 

Masih ada lima slot lagi yang akan diperebutkan. Dua dari zona Concacaf, Sedangkan dua tiket sisanya akan ditentukan lewat playoff interkontinental pada bulan Juni mendatang.

Dua laga playoff interkontinental akan mempertemukan pemenang playoff Asia melawan peringkat lima Zona CONMEBOL.

Dan pemenang playoff Oseania melawan peringkat empat zona CONCACAF. Pemenang dua laga itu yang akan berangkat ke Qatar. 

Namun sayangnya, Piala Dunia 2022 Qatar kali ini sedikit terasa hambar mengingat banyak sejumlah pemain bintang khususnya di sektor penyerang yang akan absen. Siapa saja mereka?


1. Erling Haaland

Ekspresi kekecewaan Zlatan Ibrahimovic di laga Spezia vs AC Milan.

Nasib miris harus dialami oleh Erling Haaland, setelah dipastikan tidak akan tampil di pesta sepak bola terakbar antar negara tahun ini, Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Pasalnya, negara asal Erling Haaland yakni Norwegia, tak bisa bersaing lebih jauh di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Tergabung di Grup G bersama negara-negara kuat Belanda, Turki, Montenegro, Latvia dan Gibraltar, Norwegia hanya bisa finis di posisi ketiga.

Norwegia sejatinya berpeluang ke Piala Dunia 2022, jika mereka bisa menang di laga terakhir Grup G melawan Belanda, Rabu (17/11/21) lalu.

Tugas sulit di markas Belanda ini harus dilakoni Lovene tanpa Haaland yang cedera. Norwegia sempat mampu menahan gempuran Belanda hingga 10 menit akhir laga.

Namun, gawang tim tamu akhirnya bobol pada menit ke-84 akibat gol Steven Bergwijn. De Oranje kemudian melengkapi kemenangan mereka lewat gol dari Memphis Depay.

Belanda berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2022 usai memuncaki Grup G dengan 23 poin. Sementara, tiket play-off didapat Turki yang berada di urutan kedua dengan 21 poin.

Turki pada laga terakhir Grup G mampu menang 2-1 atas Latvia. Haaland dkk harus mengubur mimpi ke Piala Dunia 2022 karena hanya berada di peringkat ketiga dengan 18 angka.

Beberapa pihak tentu menyesalkan absennya Haaland di Piala Dunia 2022. Pasalnya, penyerang 21 tahun ini tengah dalam performa terbaiknya.

Padahal Erling Haaland tampil tajam musim ini dengan mampu mengemas 23 gol dari 23 laga bersama Borussia Dortmund. Ia juga terbilang tampil cukup baik di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Zlatan Ibrahimovic

Keputusan mengejutkan diambil oleh Asosiasi Sepak Bola Swedia (SvFF) pada Maret 2021 lalu, yang kembali memanggil striker kawakan, Zlatan Ibrahimovic.

Padahal Zlatan Ibrahimovic sendiri sudah memutuskan untuk pensiun dari Tim Nasional (timnas) enam tahun lalu, pasca ajang Euro 2016 lalu.

Ibrahimovic dipanggil timnas Swedia bersama 25 pemain lainnya untuk melakoni dua laga Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 dan satu uji coba.

Keputusan tersebut juga tidak lepas agar Zlatan Ibrahimovic membantu Swedia yang dipastikan akan tampil di babak play-off Piala Dunia 2022, demi merebut satu tiket menuju Qatar.

Pelatih timnas Swedia, Janne Anderson, mengaku sangat bahagia karena meski kini usianya sudah tidak lagi muda yaitu 40 tahun, ketajamn Ibrahimovic masih dibutuhkan untuk negaranya.

"Pertama dan paling penting, Ibrahimovic adalah pesepak bola berkualitas. Dia pemain terbaik yang pernah dimiliki Swedia," kata Janne Anderson dikutip dari situs Goal. 

"Ini sangat lucu karena Ibrahimovic juga ingin kembali ke timnas Swedia," ujar Anderson menambahkan. 

"Selain kontribusi di lapangan, Ibrahimovic dengan pengalamannya juga akan membantu pemain lain di timnas Swedia," tutur Anderson.

Zlatan Ibrahimovic sendiri menunjukan ketajaman yang belum habis di kompetisi teratas Eropa. Membela AC Milan dalam dua musim terakhir, ia sudah membukukan 25 gol.


2. Mohamed Salah

Mohamed Salah tampak sedih setelah kalah dari Senegal lewat drama adu penalty final Piala Afrika di stadion Stadion Olembe, Yaounde. Senin (07/02/22). FOTO: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

Mohamed Salah kembali gagal memberikan kegembiraan pada publik Mesir. Setelah gagal juara di Piala Afrika, hari ini Salah dan kawan-kawan dipastikan gagal melenggang ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Senegal.

Dalam laga leg kedua putaran ketiga kualifikasi zona Afrika di Diamniadio Olympic Stadium, Dakar, Mesir kalah 1-3 dalam drama adu penalti. Adu tos-tosan dilakukan setelah agregat imbang 1-1.

Padahal di Piala Dunia edisi 2018, Mesir mampu tampil di putaran final yang berlangsung di Rusia. 

Para pecinta sepak bola tentu dikecewakan karena tidka bisa melihat penyerang yang ketajamannya konsisten bersama Liverpool itu.

Musim ini, Mohamed Salah telah mencetak 28 gol dari 36 penampilan di semua kompetisi.

Edin Dzeko

Edin Dzeko telah lama menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang kelas wahid di dunia. Namun, hal itu rupanya tidak cukup untuk membawa Bosnia lolos ke Piala Dunia.

Zmajevi -julukan Timnas Bosnia- tampil mengecewakan di fase kualifikasi dan harus puas berada peringkat keempat Grup D.

Mereka, bahkan hanya meraih satu kemenangan dalam 10 pertandingan.

PortugalPiala DuniaMohamed SalahPiala Dunia 2022SenegalTRIVIAErling Haland

Berita Terkini