x

Agen Super Gabriel Budi Ungkap Rahasia Penting di Balik Keberhasilan Bali United Juara Liga 1

Rabu, 30 Maret 2022 11:37 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Selebrasi penyerang Bali United, Ilija Spasojevic bersama teman setim di BRI Liga 1. Foto: ligaindonesiabaru

INDOSPORT.COM - Agen super asal Surabaya, Gabriel Budi Liminto mengungkap satu rahasia yang jadi faktor penting Bali United bisa menjuarai kompetisi Liga 1 2021/2022.

Tim berjuluk Serdadu Tridatu ini sukses melewati masa sulit pandemi Covid-19 dengan maksimal.

Gabriel Budi memiliki banyak pemain di Liga 1. Tentu saja dia mengetahui bagaimana cara kerja dari setiap tim ketika bersiap menghadapi kompetisi.

Baca Juga

Dalam pandangan Gabriel Budi, Bali United memang pantas menjadi juara. Salah satu kunci suksesnya dimulai setelah juara Liga 1 2019, kemudian masuk ke masa sulit pandemi Covid-19.

"Sebuah tim yang bisa sukses itu harus sinkron di dalam dan luar lapangan. Semua stakeholder bersinergi dengan baik," kata Gabriel Budi saat ditemui di Lapangan Banteng, Seminyak, Kuta, Selasa (29/3/22).

"Mulai dari pelatih, pemain, manajemen tim dan bos itu sinkron semua," tambahnya.

Baca Juga

"Pandemi menjadi tahun yang berat bagi semua klub, bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Itu menjadi kunci bagi Bali United.

"Manajemen tim dan bos Bali United bersinergi mempertahankan pilar-pilar penting tim," lanjutnya.

Kala itu, sepak bola Indonesia terhenti setahun lebih tanpa aktivitas. Tawaran dari klub luar negeri pun datang menghampiri para pilar Bali United.

Pelatih Stefano Cugurra Teco mendapat tawaran dari dua klub Malaysia dan satu klub Thailand. Kemudian, Ilija Spasojevic didekati raksasa Thailand, Buriram United, dengan iming-iming gaji menggiurkan.

Baca Juga

Belum lagi sosok bek jangkung, Willian Pacheco yang menarik perhatian klub-klub luar Indonesia. Tapi, tawaran itu mampu diatasi Bali United dan memastikan seluruh sosok penting klub tetap utuh.

"Mereka bisa berkomunikasi dengan baik, sehingga tujuan pastinya tetap jadi juara. Ketika berhasil mempertahankan tim dengan utuh, otomatis juga mempertahankan sistem bermain yang bagus serta kekompakan di luar dan luar lapangan," papar Gabriel Budi.

"Sepak bola ini tidak bisa instan, harus ada proses. Di Bali United, manajemen bagus, pelatih bagus dan pemain bagus. Ketika semua bagus, prestasi juga bagus," lanjut Gabriel Budi.


1. Kontrol Ruang Ganti

Bali United vs Madura United

Keberhasilan mempertahankan komposisi utama diimbangi dengan kerja pelatih Stefano Cugurra Teco. Pelatih asal Brasil ini bisa memegang kendali ruang ganti tim.

Berdasarkan apa yang diketahuinya, Gabriel Budi menyebut bukan perkara mudah untuk bisa mengatasi ruang ganti tim yang dipenuhi para pemain bintang.

"Menyatukan ego di tim itu sangat sulit. Ketika sudah bisa kontrol ruang ganti, pasti bisa mendapatkan hasil. Coach Teco dan Bali United berhasil melakukan itu," ucap Gabriel Budi.

Gabriel Budi merupakan agen dari Teco dan beberapa pemain Bali United. Dia memastikan mereka akan terus fokus bersama Bali United karena masih memiliki ikatan kontrak.

"Bali United baru saja juara. Ke depan akan ada tantangan lagi. Ada AFC Cup bulan Juni," jelasnya.


2. Kerja Keras Pemain

Gelandang Bali United, Rizky Sanjaya Pellu saat meladeni permintaan foto fans saat acara meet and great di Bali United Megastore. Foto; Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco beberapa waktu lalu turut mengungkap salah satu kunci dari keberhasilan mengunci gelar Liga 1 2021/2022.

Para pemain disebutnya mau mengikuti program tim. Sepanjang putaran kedua, Brwa Nouri dkk. kerja ekstra keras karena tak diberi libur sehari pun.

Mereka terus latihan sejak Desember lalu, agar bisa bersaing dengan tim lain. Hasilnya, 14 kemenangan didapat sepanjang pekan ke-18 hingga pekan ke-32.

"Silakan tanya pemain berapa hari dapat libur di putaran kedua, nol. Tidak ada libur satu hari pun di tim kita pada putaran kedua," ungkap Teco.

"Setelah tim sudah juara baru tim kita kasih libur karena tanggung jawab sudah selesai," imbuhnya.

Bali UnitedLiga IndonesiaGabriel BudiLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini