x

Deretan Negara yang Batal Ikut Piala Dunia walau Sudah Lolos, Senegal Selanjutnya?

Kamis, 31 Maret 2022 22:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Para pemain Senegal merayakan kemenangan atas Mesir di drama adu penalti Piala Afrika 2021 (07/02/22), (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

INDOSPORT.COM – Berikut deretan negara yang tak ikut ambil bagian di Piala Dunia kendati telah lolos. Apakah Senegal akan menjadi tim selanjutnya?

Senegal terancam didiskualifikasi dari Piala Dunia 2022 karena ulah suporternya yang menembakkan laser hijau di laga hidup mati kontra Mesir, Rabu (30/03/22).

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Senegal harus menjalani laga hidup mati kontra Mesir untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia 2022.

Senegal sendiri sempat tertinggal satu gol di leg pertama dari Mesir. Alhasil, Singa Teranga pun tampil menekan di leg kedua.

Usaha Senegal membuahkan hasil setelah Hamdi Fathi mencetak gol bunuh diri yang lantas membuat agregat menjadi 1-1.

Baca Juga

Hingga laga usai, kedudukan tak berubah sehingga laga dilanjutkan ke babak Extra Time dan ke babak adu penalti.

Hingga akhirnya, Senegal dipastikan merengkuh tiket ke Piala Dunia usai mengalahkan Mesir di drama adu penalti.

Dalam drama adu penalti itu, penyerang Mesir, Mohamed Salah gagal menceploskan bola. Usut punya usut, ia gagal menceploskan bola karena serangan laser hijau dari suporter tuan rumah.

Baca Juga

Serangan laser ini menjadi alasan utama kegagalan Mesir. Karena dilarang, FIFA dan CAF pun turun tangan untuk mengusut aksi ini.

Turun tangannya FIFA dan CAF pun membuat Senegal diprediksi akan didiskualifikasi dari Piala Dunia 2022.

Jika benar itu terjadi, maka Senegal pun akan mengikuti jejak lima negara yang batal bermain di Piala Dunia kendati telah memastikan lolos. Siapa saja mereka?


1. 1. Jepang

Skuat Timnas Jepang melawan Turkmenistan di Piala Asia grup F

Jepang menjadi salah satu tim langganan Piala Dunia. Tak terhitung berapa kali tim Samurai Biru tampil di ajang empat tahunan itu.

Namun dalam perjalanannya, Jepang pernah gagal tampil di Piala Dunia kendati mereka dipastikan lolos ke putaran final setelah mendapat ajakan dari penyelenggara.

Baca Juga

Hal itu terjadi pada Piala Dunia 1938 yang berlangsung di Prancis, di mana Jepang menarik diri sehingga tak berpartisipasi di edisi tersebut.

Usut punya usut, Jepang batal tampil di Piala Dunia 1938 dikarenakan masalah transportasi. Karenanya, posisi Samurai Biru sebagai wakil Asia satu-satunya digantikan oleh Indonesia dengan nama Hindia Belanda.

Baca Juga

Hindia Belanda pun alhasil menjadi tim nasional asal Asia pertama yang tampil di Piala Dunia.


2. 2. Austria

Timnas Austria di Euro 2020.

Di edisi Piala Dunia 1938, tak hanya Jepang yang batal tampil. Ada pula Austria yang tak ikut berpartisipasi kendati sudah lolos.

Austria sendiri dipastikan lolos ke putaran final. Namun terpaksa tak bisa berpartisipasi karena ada kondisi politik di tahun tersebut.

Baca Juga

Kondisi politik itu sendiri adalah adanya aneksasi de factor Austria ke Jerman Raya. Karenanya, Austria pun didepak dari Piala Dunia 1938.

Karena Austria didepak, Piala Dunia 1938 pun harus berlangsung dengan diikuti oleh 15 tim saja, dari yang seharusnya 16 tim.

Baca Juga

Terdepaknya Austria sendiri tak membuat penyelenggara kala itu menghadirkan tim nasional pengganti.


3. 3. India

Para pemain Timnas India merayakan gol mereka ke gawang Timnas Thailand dalam pertandingan pertama Piala Asia 2019.

Jepang bukanlah wakil Asia satu-satunya yang tak bisa tampil di Piala Dunia kendati telah memastikan diri lolos ke putaran final.

Ada pula India yang ternyata gagal tampil di Piala Dunia 1950 meski mereka lolos kualifikasi ke ajang antar negara terakbar itu.

Baca Juga

India gagal tampil karena mendapat larangan FIFA. Larangan ini pun dikarenakan alasan yang cukup memalukan, yakni India ogah bermain dengan sepatu.

Selain karena sepatu, ada kabar lain yang menyebutkan India gagal tampil di Piala Dunia 1950 karena masalah finansial.

Saat itu, Piala Dunia 1950 digelar di Brasil. Jarak India ke Brasil terbilang jauh dan memakan waktu serta biaya yang tak sedikit.

Baca Juga

Karenanya, India yang lolos dengan perjuangan sendiri pun batal bermain di Piala Dunia.

JepangPiala DuniaIndiaAustriaPiala Dunia 2022SenegalBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini