x

Datangkan Taisei Marukawa dan Carlos Fortes untuk Liga 1 Musim Depan, Pengamat: PSIS Rasa PSG

Jumat, 1 April 2022 18:41 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Yosef Bayu Anangga
Binder Singh kagum pada PSIS Semarang yang memboyong Taisei Marukawa serta Carlos Fortes sehingga melabeli mereka Paris Saint-Germain (PSG) dari Liga 1. FOTO: Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang menarik banyak perhatian usai kurang dari 24 jam setelah laga terakhir di Liga 1 2021/2022 berakhir mereka sudah mengumumkan dua rekrutan baru.

Tak main-main, Laskar Mahesa Jenar mampu mendatangkan Carlos Fortes dan Taisei Maruka sekaligus pada Jumat (01/04/22) ini.

Baca Juga

Keduanya adalah pemain asing yang tampil super spektakuler sepanjang musim lalu dan diprediksi akan menaikkan level permainan PSIS secara drastis.

Fortes digaet dari Arema FC usai sang bomber asal Portugal melesakkan 20 gol plus tiga assist dari 31 penampilan saja di musim debutnya merumput di Indonesia.

Eks penggawa SC Braga dan Racing Santander itu mampu bersaing dengan penyerang-penyerang lain yang lebih berpengalaman seperti Ilija Spasojevic (23 gol) dan Ciro Alves (20) untuk titel sepatu emas.

Baca Juga

Salah satu gol Fortes yang tercipta di pekan ke-23 ke gawang Persija Jakarta bahkan didaulat sebagai gol terbaik Liga 1 2021/2022 usai dicetak dengan tekhnik salto.

Sementara itu Marukawa tak kalah impresif dengan torehan 17 gol dan 10 assist untuk Persebaya Surabaya dari 32 penampilan sebagai winger.

Layaknya Fortes, Marukawa yang berpaspor Jepang pun sebenarnya baru kali pertama berkiprah di Liga 1 namun di akhir musim ia kemudian dianugerahi menjadi pemain terbaik.

Baca Juga

Tidak heran jika PSIS pun dipuji habis-habisan karena bisa mengamankan jasa keduanya. Bahkan komentator sekaligus analis sepak bola tanah air seperti Binder Singh menyebut manuver Mahesa Jenar layak disejajarkan dengan Paris Saint-Germain yang gemar mengumpulkan pemain bintang.

"PSIS rasa PSG, salah satu masalah di PSIS memang dalam urusan mencetak gol, siapa lagi nanti yang gabung ke Laskar Mahesa Jenar? Playmaker?," tulis Binder yang lebuih akrab disapa Bung Binder via Instagram resminya.


1. PSIS Ogah Seret Gol Lagi

Carlos Fortes di Arema FC.

Kedatangan Carlos Fortes dan Taisei Marukawa menjadi tanda bahwa PSIS Semarang tahu apa yang perlu diperbaiki untuk lebih sukses di Liga 1 musim depan.

Di 2021/2022, kesebelasan kebangaan masyarakat Jawa Tengah tersebut kesulitan dalam hal bikin gol yang mana membuat mereka cuma finis di urutan ketujuh setelah sempat meramaikan bursa juara di awal musim.

Baca Juga

Bruno Silva sebelumnya sempat dijadikan ujung tombak oleh PSIS namun striker asal Brasil tersebut justru melempem.

Sebelum dicoret sebelum paruh kedua bergulir, Bruno hanya mampu mengemas empat gol. Hanya saja PSIS tidak bisa menemukan ganti yang lebih baik.

Chevaughn Walsh yang didatangkan dari klub Veitnam, Ha Tinh City, malah hanya bisa memberikan sebiji gol untul PSIS.

Baca Juga

Alhasil beban mengoyak jala gawang lawan dibebankan pada pemain dari sektor lain. Jonathan Cantillana (gelandang serang) menjadi top skor PSIS dengan tujuh gol dan Wallace Costa (bek tengah) membuntuti dengan enam gol.

Andai bisa mendatangkan sosok gelandang sentral yang punya kreativitas papan atas, maka PSIS akan jadi kandidat juara yang kian diperhitungkan musim depan.

Evan Dimas mungkin bisa jadi pertimbangan PSIS apabila mereka masih punya dana melanjutkan proyek 'galacticos' mereka.

Baca Juga

Kemungkinan besar Evan bisa diangkut dari Bhayangkara FC usai masa baktinya habis namun dipastikan ia tak akan bisa dikontrak dengan murah mengingat label timnas Indonesia yang dipunyainya.

Rumor mengatakan jika Evan sudah lebih dekat ke Arema FC. Kendati demikian PSIS Semarang tak perlu berkecil hati karena di Liga 1 2022/2023 mereka punya kombo Taisei Marukawa dan Carlos Fortes.

 

2. Tiga Pemain Persipura Layak Bertahan di Liga 1

Persipura Jayapura. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Termasuk jelmaan Messi Indonesia, berikut tiga peman lokal Persipura yang masih layak tampil di kasta teratas Liga 1 musim depan.

Siapa sajakah mereka? Persipura Jayapura dipastikan terdegradasi dari BRI Liga 1 2021-2022 kendati berhasil meraih kemenangan di pekan terakhir, Kamis (31/03/22).

Persipura Jayapura memang berhasil meraih kemenangan 3-0 saat menghadapi Persita Tangerang di pekan ke-34 atau pekan terakhir BRI Liga 1 2021-2022.

Sayang kemenangan tersebut tidak bisa menyelamatkan Persipura untuk tetap bertahan di Liga 1 musim depan. Tim Mutiara Hitam hanya mampu mengumpulkan poin akhir 36.

Poin ini yang didapat tersebut sejatinya sama dengan Barito Putera yang duduk di peringkat ke-15.

Baca selengkapnya: Ada Messi Indonesia, 3 Pemain Lokal Persipura yang Masih Layak Mentas di Liga 1

Persebaya SurabayaParis Saint-GermainPSIS SemarangLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1Binder SinghCarlos Manuel Dos Santos FortesBRI Liga 1 2021-2022Taisei Marukawa

Berita Terkini