x

Rapor 5 Negara Eropa di Bawah Ranking FIFA Timnas Indonesia: Ada yang Tak Pernah Menang!

Sabtu, 2 April 2022 17:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Statistik lima negara Eropa yang peringkat FIFA nya di bawah Timnas Indonesia, di mana ada salah satu tim yang bahkan belum pernah menang sejak tahun lalu.

INDOSPORT.COM – Melihat statistik pertandingan lima negara Eropa yang peringkat FIFA nya di bawah Timnas Indonesia, di mana ada salah satu tim yang bahkan belum pernah menang sejak tahun lalu.

Dalam update terbaru ranking dunia FIFA yang dirilis Kamis (31/03/22) kemarin, Timnas Indonesia alami peningkatan meski belum melakoni satupun laga uji coba resmi sepanjang bulan Maret.

Baca Juga

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia tak menjalani FIFA Matchday karena pelatih Shin Tae Yong sedang fokus menangani Timnas U-19 yang dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Saat ini Tim Garuda Muda sedang melakukan pemusatan latihan secara intens di Korea Selatan.

Usut punya usut, kenaikan peringkat FIFA Timnas Indonesia disebabkan oleh merosotnya ranking Kaledonia Utara, salah satu negara yang berasal dari zona Oseania.

Baca Juga

Di sepanjang gelaran FIFA Matchday pada bulan Maret 2022, Kaledonia Utara telah kalah tiga kali berturut-turut.

Tercatat, mereka kalah dari Fiji 1-2, dikandaskan Papua Nugini 0-1 dan dipecundangi Selandia Baru dengan skor telak 1-7.

Menurut perhitungan laman Football-Ranking.com, posisi Timnas Indonesia naik satu tingkat dari posisi 160 ke 159.

Baca Juga

Semenatara pada ranking FIFA Februari 2022, Kaledonia Utara menempati posisi 153. Akan tetapi, tiga kekalahan yang diderita di laga uji coba resmi FIFA bulan ini, membuat posisi merosot drastis peringkat ke posisi 160.

Timnas Indonesia sendiri saat ini berhasil unggul di atas negara-negara Eropa seperti, Malta, Moldova, Liechtenstein, Gibraltar, dan San Marino.

Meski para tim Eropa diatas belum semuanya pernah berhadapan dengan Timnas Indonesia, namun melihat posisi skuat Garuda yang kini berhasil kangkangi kelima negara tersebut, menarik disimak perjalanan para wakil UEFA sepanjang tahun 2022 yang membuat mereka berada di rangking rendah FIFA.


1. Malta

Skuat Timnas Malta

Negara pertama adalah Malta. Negara berperingkat 169 FIFA ini sejatinya alami peningkatan performa sepanjang tahun 2022.

Tercatat, dari dua pertandingan yang dijalani sepanjang bulan Maret 2022 ini, Malta berhasil meraih kemenangan saat menghadapi Azerbaijan dan Kuwait.

Baca Juga

Saat melawan Azerbaijan, skuat arahan Devis Mangia tersebut mampu menang tipis 1-0, sementara kala berjumpa Kuwait berhasil menang telak 2-0.

Dua kemenangan tersebut mampu membawa Malta merangsek naik lima peringkat di ranking FIFA. Namun tetap saja, ranking Malta masih berada di bawah Timnas Indonesia yang menempati peringkat 159.

Moldova
Berikutnya adalah Moldova. Negara pecahan Uni Soviet ini juga kerap jadi bulan-bulanan tim asal Eropa saat pertandingan FIFA berlangsung.

Baca Juga

Terbukti sepanjang tahun 2022, Moldova yang jalani empat kali pertandingan resmi baru sekali meraih kemenangan yakni saat hadapi Kazakhstan di ajang UEFA Nations League.

Sementara tiga pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan, termasuk saat dibantai Korea Selatan dengan skor 0-4.

Satu kemenangan atas Kazakhstan, membuat Moldova naik satu peringkat ke urutan 180 FIFA.

Baca Juga

Liechtenstein
Timnas Liechtenstein bisa dibilang sebagai negara yang cukup apes sepanjang tahun 2021 hingga 2022 saat jalani pertandingan resmi FIFA.

Pasalnya, tim berperingkat 192 tersebut tak pernah sekalipun menang dari total 14 pertandingan yang mereka lewati.

Dari 14 laga, 13 diantaranya berakhir kekalahan dengan jumlah kebobolan mencapai 52 kali.

Di tahun 2022 saja, Timnas Liechtenstein sudah kalah dua kali saat hadapi Tanjung Verde (0–6), serta Kepulauan Faroe (1-0).


2. Gibraltar

Steven Berghuis (kanan) menjebol gawang Gibraltar dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Gibraltar vs Belanda.

Tak jauh berbeda dengan negara sebelumnya, Timnas Gibraltar juga raih rapor merah sepanjang pertandingan resmi FIFA di tahun 2021 hingga 2022.

Dari 11 pertandingan, hanya tiga laga yang tidak berakhir dengan kekalahan. Namun dari ketiga laga tersebut, tak satupun yang berujung kemenangan alias hanya bisa imbang.

Sementara delapan pertandingan lain, Gibraltar selalu telan kekalahan bahkan dengan skor telak dari sejumlah tim seperti 6-0 saat hadapi Slovenia, 5-1 kala berjumpa Norwegia, serta setengah lusin gol saat menghadapi Belanda dan Turki.

Baca Juga

Berbekal catatan minus tersebut, tak heran jika Gibraltar tak beranjak dari peringkat 203 FIFA di tahun 2022 ini.

San Marino
Terakhir ada San Marino. Negara berperingkat paling bontot di ranking FIFA ini memang belum alami perkembangan signifikan dari segi performa Timnas sejak 2021 silam.

Dari 11 pertandingan sejak 2021 hingga 2022, Timnas San Marino tak sekalipun meraih kemenangan dan semua laga berujung dengan kekalahan.

Tak tanggung-tanggung, San Marino juga kerap jadi lumbung gol bahkan hingga dua digit saat hadapi tim-tim seperti Inggris.

Perihnya lagi, dari 11 pertandingan terakhir yang dijalani, Timnas San Marino hanya bisa cetak tiga gol dan kebobolan 51 kali.

FIFAUEFATimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini