x

Terbongkar! Pratama Arhan Harusnya Gabung Tokyo Verdy Sejak Tahun 2021, Tapi...

Sabtu, 2 April 2022 16:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan Alief, harusnya sudah bergabung dengan tim Tokyo Verdy sejak tahun lalu. Apa yang menjadi kendala?

Sebagaimana diketahui, Pratama Arhan baru saja dikontrak oleh tim kasta kedua Jepang, Tokyo Verdy, pada Februari lalu.

Baca Juga

Kemudian, Pratama Arhan terpantau telah ikut dalam sesi latihan Tokyo Verdy pada bulan Maret 2022. Pada satu kesempatan, ia pun berbincang dengan atlet balap Sean Gelael.

Saat hadir sebagai bintang tamu di Youtube KUY Entertainment, Pratama Arhan akhirnya mengakui bahwa sejatinya ia sudah ditawar oleh Tokyo Verdy sejak awal musim 2021.

Hanya saja, ia memutuskan untuk menunda impiannya untuk bermain di luar negeri, lantaran pandemi Covid-19 masih tinggi.

Baca Juga

Namun, sembari mengisi waktu, Pratama Arhan giat berlatih di PSIS Semarang dan Timnas Indonesia, hingga menjadi pemain muda terbaik di Piala AFF 2020 kemarin.

"Persiapan gabung ke Tokyo Verdy itu sebenarnya sudah lama, satu tahun yang lalu, pas Piala Menpora 2021 itu," ungkap Pratama Arhan pada host Sean Gelael.

"Saya memang menargetkan untuk bermain di luar (negeri). Di Tokyo ini, agensi saya sudah kerja satu tahun," jelas Arhan.

Baca Juga

"Sebenarnya sudah mau kontrak di bulan Agustus (2021), tapi Covid-19 masih tinggi, akhirnya diundur," jelas bek 20 tahun itu.

Penantian panjang Pratama Arhan akhirnya terwujud. Kini, ia sudah berseragam Tokyo Verdy dan siap menimba ilmu di Jepang.


1. Pratama Arhan Siap Taklukkan Jepang

Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

Walau sudah cukup lama mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan skuat Tokyo Verdy, tapi Pratama Arhan mengaku tak tahu-menahu tentang klub tersebut.

Maklum, Tokyo Verdy memang mencapai masa kejayaannya pada era 80an hingga 90an. Sementara Pratama Arhan adalah pemain muda kelahiran akhir tahun 2001.

Baca Juga

Oleh karena itu, Pratama Arhan lebih dekat dengan media sosial. Ia pun coba mencari tahu segala hal tentang klub Tokyo Verdy via sosmed atau platform pencarian lain.

"Saya sebenarnya kurang tahu sejarahnya Tokyo Verdy juga, tetapi saya lihat-lihat di sosmed, memang tim yang bagus, banyak meraih piala juga," sebut Pratama Arhan.

Baca Juga

Mengingat kualitas Tokyo Verdy, ditambah dengan status Pratama Arhan sebagai pemain asing, maka ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemain asal Blora tersebut.

Pratama Arhan mengaku siap bersaing dengan pemain lokal Jepang, dan coba belajar hidup mandiri selama di Tokyo.

"Buat saya, saya harus tanamkan mental di sana untuk bersaing, harus kuat, kan saya jauh dari keluarga, tapi dari situ saya bisa belajar mandiri, siap bersainglah," ujarnya.

Baca Juga

"Saya berharap di tim baru saya ini, saya bisa berkembang lebih baik lagi," pungkas pemain muda terbaik Piala AFF 2020 itu.


2. Peluang Pratama Arhan Debut di Tokyo Verdy

Pratama Arhan ketika melakoni seleksi bersama Timnas U-19 di Stadion Wibawa Mukti

Pratama Arhan sudah beberapa pekan mengikuti sesi latihan di tim utama Tokyo Verdy. Namun, sampai saat ini Arhan belum juga mendapatkan kesempatan bermain.

Kesempatan untuk bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan, bisa datang pada akhir pekan ini, tepatnya pada 3 April 2022 nanti. Pada laga pekan ke-8 J2 League 2022, Tokyo Verdy akan menjamu skuat Oita Trinita.

Laga J-League 2 ini diperkirakan akan berjalan seru. Tokyo Verdy kini ada di posisi tiga klasemen dengan 15 poin, sementara Oita Trinita ada di posisi sembilan dengan sembilan poin.

JepangBola InternasionalBakat Muda IndonesiaLiga JepangPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriPratama ArhanPratama Arhan AliefTokyo Verdy

Berita Terkini