x

Sudah Lepas 6 Pemain, Pelatih Persib Bandung Masih Belum Bisa Pastikan Skuad yang Bakal Bertahan

Jumat, 8 April 2022 13:30 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Para pemain Persib merayakan gol David da Silva di laga melawan Persebaya di BRI Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku tidak bisa menyebutkan secara pasti persentase pemain yang akan dipertahankan atau menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan.

Menurut pelatih asal Belanda ini, ada beberapa hal yang membuatnya tidak dapat memastikan jumlah persentase pemain yang akan tetap berkostum Persib setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022.

Baca Juga

Robert Alberts menambahkan, tim pelatih hanya merekomendasikan kepada manajemen mengenai pemain yang akan dipertahankan, selanjutnya kedua belah pihak melakukan negosiasi. 

Jika kedua belah pihak sepakat untuk kembali bekerja sama, maka pemain tersebut pasti akan bertahan di tim kebanggaan Bobotoh, namun sebaliknya jika tidak ada kesepakatan pemain tersebut tak akan memperkuat skuad Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim depan.

"Sulit untuk mengatakan berapa persen, karena kami memberi rekomendasi dan tentunya itu semua tergantung pihak klub atau pemain dalam menyepakati kontrak. Itu dua tahapan yang berbeda," kata Robert Alberts.

Baca Juga

"Mengenai itu, saya tidak bisa memprediksi pemain menyepakati kontrak baru atau tidak. Pemain punya hak individu untuk melakukan negosiasi," ucap Robert Alberts menambahkan.

Hingga saat ini, setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022 sudah ada enam pemain yang dilepas dan tak akan memperkuat skuad Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim depan.

Nama Esteban Vizcarra menjadi yang pertama dilepas oleh skuad Maung Bandung, setelah kontraknya berakhir dan manajemen memutuskan untuk tidak memperpanjangnya karena rekomendasi dari pelatih.

Baca Juga

Kemudian Indra Mustafa, Gian Zola, disusul bek senior yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 Supardi Nasir dan bek muda Mario Jardel.

Setelah itu, Persib resmi melepas salah satu striker asingnya yang didatangkan pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2021-2022, Bruno Cantanhede.

Dengan demikian, jumlah pemain yang dilepas oleh skuad Maung Bandung ada enam orang.


1. Sulit Putuskan

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat melakukan konferensi pers.

Robert Alberts menuturkan, melihat performa tim pada kompetisi Liga 1 2021-2022, dia memiliki keinginan untuk mempertahankan mayoritas pemain yang ada.

Meski begitu, Robert Alberts kembali menegaskan, ada beberapa hal yang membuat pemain yang dibutuhkan oleh skuat Maung Bandung bisa bertahan atau pergi dan bergabung dengan tim lain.

Baca Juga

"Jadi sulit untuk bicara mengenai berapa persen, tapi targetnya ialah bisa mempertahankan sebanyak mungkin pemain yang ada," ujarnya.

Mengenai Esteban Vizcarra, Robert Alberts memastikan pihaknya tidak memberikan tawaran perpanjangan kontrak, lantaran dia ingin ada regenerasi di skuat Maung Bandung.

Apalagi, saat ini banyak pemain yang usianya lebih muda dan mulai menunjukkan kualitasnya, sehingga Robert Alberts merekomendasikan kepada manajemen Persib untuk tidak memperpanjang kontrak Esteban Vizcarra.

Baca Juga

"Tetapi beberapa (pemain) seperti Esteban kami sudah memutuskan untuk tidak menawarkan perpanjangan kontrak karena usia dia sudah semakin menua. Itu normal di sepakbola," jelasnya.

"Namun mengenai persentase (yang dipertahankan) saya tidak bisa memberi tahu," tegas Robert Alberts.

Sementara itu, sejauh ini tim kebanggaan Bobotoh baru rekrut dua pemain anyar untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan, keduanya yakni Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya.

Baca Juga

Menurut Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, perekrutan pemain termasuk Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto merupakan rekomendasi dari pelatih Persib, Robert Rene Alberts. 


2. Butuh Pemain Baru

Duel pemain Persib Bandung, David Da Silva dengan pemain Persebaya di BRI Liga 1. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Pasalnya. pelatih lebih memahami tentang kebutuhan tim untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan.

Apalagi, tahun depan skuat Maung Bandung akan memiliki agenda di AFC, sehingga Robert Alberts butuh tambahan pemain baru.

Baca Juga

Sebagai informasi, pada kompetisi Liga 1 2021-2022 Persib Bandung finish sebagai runner-up, dengan hasil tersebut maka tim kebanggaan Bobotoh berhak mendapatkan tiket tampil di Piala AFC tahun depan. 

"Semua rekrutan pemain adalah atas rekomendasi tim pelatih dengan melihat kebutuhan tim untuk menghadapi Liga 1 dan AFC," kata Teddy Tjahjono saat dihubungi wartawan, Rabu (06/04/22).

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini