x

Bursa Transfer Liga 1: Dua Pemain Barito dan Satu Eks Persis Diyakini Mendekat ke PSS Sleman

Selasa, 12 April 2022 20:12 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Isman Fadil
Bayu Pradana menunjukkan jiwa besarnya dalam menyikapi pemanggilan tim nasional.

INDOSPORT.COM – Menjelang kompetisi Liga 1 2022/2023, sejumlah tim telah melakukan persiapan menyambut musim baru yang rencananya akan mentas di bulan Juni mendatang.

Persaingan musim depan akan lebih ketat, sebab terdapat sejumlah tim ‘baru’ yang tak bisa dianggap remeh. Mereka ialah RANS Cilegon FC, Dewa United dan Persis Solo.

Baca Juga

Untuk nama terakhir jadi pengecualian, karena Persis Solo merupakan kekuatan lawas sepak bola tanah air yang akhirnya dapat kembali ke divisi teratas setelah lama terperosok di kasta kedua.

Melihat perkambangan saat ini, terlihat sejumlah tim yang bergerak sangat cepat, bahkan saat liga baru saja selesai mereka sudah mengumumkan rekrutan baru untuk musim selanjutnya.

Ada juga tim yang cenderung santai, PSS Sleman, Barito Putera merupakan contoh nyatanya. Hal itu tentu wajar, mengingat hingga pekan terakhir keduanya belum aman dari ancaman degradasi.

Baca Juga

Kabar teranyar, PSM Makassar baru saja mengumumkan pelatih anyar asal Portugal, Bernardo Tavares yang sebelumnya berkarier di Finlandia. Bersama HIFK Fotboll.

Kemudian menuju ke Yogyakarta, ada PSS Sleman telah menunjuk pelatih utama mereka. Seto Nurdianto. Sebelum datang ke PSS, dia lebih dulu melatih PSIM Jogja selama satu musim.

PSS Sleman juga memperkenalkan asisten pelatih baru Ansari Lubis. Mengantikan posisi Guntur Cahyo, yang sejak awal musim mengasisteni Dejan Antonic kemudian terakhir membersamai Putu Gede.

Baca Juga

Ansyari ‘Uwak’ Lubis, sebelumnya melatih PSMS Medan di kompetisi Liga 2 musim kemarin. Dia merupakan salah satu pemain legenda Timnas Indonesia yang berposisi sebagai gelandang tengah.

Selain itu, ada kabar lain yang mengatakan bahwa PSS Sleman semakin dekat dengan dua pemain asal Barito Putera dan satu nama lain asal Persis Solo. Ketiga pemain tentu akan menambah amunisi Seto Nurdiantoro besama PSS musim depan.


1. Tiga Pemain yang Diyakini Merapat ke PSS Sleman

Irfan Bachdim resmi tinggalkan PSS Sleman

PSS Sleman menatap musim Liga 1 2022/2023 dengan penuh optimis. Tak tanggung-tanggung skuad Elang Jawa kabarnya akan merombak sekitar 70 persen pemain mereka musim lalu.

Meski demikian, tim kepelatihan PSS saat ini baru fokus mencari pemain incaran dan melakukan negosiasi ulang pemain lama yang masih masuk ke skema pelatih anyar, Seto Nurdiantoro.

Baca Juga

Kendati demikian, PSS Sleman dianggap kalah star dari beberapa tim yang lebih dulu melakukan manuver di bursa transfer. Hal itu diakui sendiri oleh Seto dalam acara sesi jumpa pers di Omah PSS pada Sabtu (09/04/22).

“Meski star kita tidak bagus, kita teringgal karena memastikan bertahan diakhir, tapi kalau saya ibaratkan MotoGP kan terpenting finisnya. Star awal berpengaruh tapi paling penting finisnya,” ungkap Seto Nurdiantoro.

“Fokus kami saat ini ke pemai yang dipetahankan, tapi akan kami koordinasikan segera dengan manajemen termasuk pemain bidikan tentu menyesuaikan budget manajemen,” tambahnya.

Baca Juga

Seto juga menambahkan bahwa tim kepelatihan yang baru saja diperkenalkan ini telah menjalin komunikasi dengan manajemen terkait pemain incaran, mereka pun mulai bergerak membangun tim.

“Mungkin satu minggu inilah kita akan pastikan, biar kita bisa cepat bergerak dan membangun tim termasuk asisten dan ofisial. Nanti kita akan susun juga kapan waktu latihan dan program ke depan seperti apa,” menambahkan.

Berselang beberapa tiga hari dari perkenalan tim kepelatihan PSS Sleman. Saat ini sudah ada tiga nama yang dikait-kaitan dengan tim asal Kabupaten Sleman ini.

Dua nama pertama asal Barito Putera, mereka yakni Bayu Pradan yang sebelumnya di rumorkan akan merapat ke PSM Makassar. Selain Bayu Pradana, PSS juga dikaitkan dengan pemain Barito lainnya, Rifky Suryawan yang berposisi pemain belakang.

Baca Juga

Kabarnya Rifky Suryawan diproyeksikan sebagai pengganti bek tangguh PSS yang digosipkan akan angkat kaki dari Stadion Maguwoharjo, Asyraq Gufron sendiri telah berseragam PSS Sleman sejak di Liga 2 2018.

Nama terakhir yang kembali dikaitkan oleh PSS yakni Irfan Bachdim yang sepertinya tertarik kembali membela tim asal Sleman di Liga 1 musim 2022/2023. Sang Pemain sempat memutuskan keluar dari Sleman dan bergabung dengan Persis Solo.


2. PSS Sleman Resmi Pulangkan Seto Nurdiantoro

PSS Sleman resmi menunjuk kembali Seto Nurdiantoro sebagai pelatih kepala untuk Liga 1 musim depan. Foto: Ronal Seger

PSS Sleman secara resmi telah mengumumkan bahwa Seto Nurdiantoro akan menjadi pelatih lagi di kompetisi Liga 1 2022/23 mendatang.

Penunjukkan itu mengulangi saat PSS Sleman berkompetisi di Liga 1 2019. Dirut PT Putra Sleman Sembada (PSS) Andy Wardhana, mengatakan, Seto Nurdiantoro dikontrak selama dua musim.

Selain Seto Nurdiantoro, manajemen PSS Sleman juga mengontrak Ansyari Lubis sebagai asisten pelatih dan Asep Ardiansyah sebagai pelatih fisik.

Baca selengkapnya: Disambut Video Juara, PSS Sleman Resmi Pulangkan Seto Nurdiantoro

Bursa TransferIrfan BachdimPSS SlemanPersis SoloBayu PradanaLiga IndonesiaSeto NurdiantoroLiga 1Berita Bursa TransferBerita Liga 1

Berita Terkini