x

Antar Villarreal Singkirkan Bayern Munchen di Liga Champions, Unai Emery Calon The Next Mourinho

Rabu, 13 April 2022 09:36 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Yosef Bayu Anangga
Pelatih asal Spanyol, Unai Emery bisa jadi The Next Jose Mourinho, selepas mengantar Villarreal ke semifinal Liga Champions usah menahan imbang Bayern Munchen. Foto: REUTERS-Pablo Morano

INDOSPORT.COM – Pelatih asal Spanyol, Unai Emery bisa jadi The Next Jose Mourinho, selepas mengantar Villarreal lolos ke semifinal Liga Champions usah menahan imbang Bayern Munchen.

Kejutan dibuat klub papan tengah Liga Spanyol, Villarreal, usai menyingkirkan raksasa Jerman, Bayern Munchen di leg kedua perempat final Liga Champions pada Rabu (13/04/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Bayern Munchen sebenarnya sempat unggul melalui gol penyerang gaek Polandia, Robert Lewandowski sebelum sayap muda asal Nigeria, Samuel Chukwueze mencetak gol pada menit ke-88.

Hasil imbang ini mengantar Villarreal lolos ke semifinal Liga Champions karena pada laga pertama unggul 1-0 atas Bayern Munchen melalui gol yang dicetak Arnaut Danjuma.

Keberhasilan The Yellow Submarine ini adalah yang kedua sepanjang sejarah, mengingat pada musim 2005/2006, Villarreal juga sempat melakukannya di bawah asuhan Manuel Pellegrini.

Baca Juga

Langkah Pellegrini kemudian dihentikan oleh Arsenal dan Arsene Wenger yang kala itu melangkah ke final untuk menghadapi Barcelona.

Kali ini, gentian pelatih asal Spanyol, Unai Emery yang melakukannya dan membuat Villarreal kembali jadi tim kuda hitam yang ditakuti di kompetisi Eropa.

Padahal, Bayern Munchen yang diasuh oleh Julian Nagelsmann, merupakan salah satu tim terbaik di dunia saat ini.

Baca Juga

Tentunya, ada sebutan baru yang akan disandang oleh Unai Emery, yang berhasil membawa Villarreal ke semifinal Liga Champions.

Express menyebut bahwa Emery bisa saja mengikuti langkah pelatih asal Portugal, Jose Mourinho, yang mampu berprestasi di Liga Champions dengan membawa tim asal Portugal, FC Porto.


1. Unai Emery Bisa Samai Prestasi Jose Mourinho

Pelatih Villarreal, Unai Emery. Foto: REUTERS-Pablo Morano

Hal ini merujuk pada satu prestasi Unai Emery, yang juga membawa Villarreal lolos ke Liga Champions dari jalur Liga Europa, trofi yang dimenangkan pada tahun 2021.

Lawan yang dikalahkan di final pun tak main-main, yaitu Manchester United dengan memaksa laga menuju babak adu penalti.

Baca Juga

Jalan ini serupa dengan Porto dan Mourinho yang juga memenangi gelar Piala UEFA pada tahun 2003.

Klub asal Skotlandia, Glasgow Celtic menjadi korban pertama FC Porto di laga final.

Celtic sebenarnya mampu tampil baik dengan lebih dulu unggul melalui pemain bintang Swedia, Henrik Larsson.

Baca Juga

Namun demikian, sejarah mencatat FC Porto kemudian mampu menang melalui dua gol Daniel dan satu gol lain yang dicetak oleh Dmirtri Alenichev.

Langkah FC Porto dan Jose Mourinho pun berlanjut pada tahun 2004, ketika menghancurkan klub Liga Prancis, AS Monaco di final dengan skor mencolok 3-0.

 

2. Villarreal Harus Kalahkan Atletico Madrid Atau Liverpool

Suasana pertandingan Bayern Munchen vs Villarreal di Liga Champions/

Kala itu, penyerang asal Afrika Selatan, Benny McCarthy menjadi bintang kemenangan FC Porto dan Jose Mourinho yang berhasil mengawinkan dua gelar Eropa dalam setahun.

Jika Unai Emery dan Villarreal mampu melakukan hal yang sama pada tahun ini, maka julukan Jose Mourinho baru akan muncul.

Namun, Villarreal tentu harus lebih dulu mengalahkan pemenang laga perempat final lainnya, Atletico Madrid atau Liverpool yang akan bertanding di leg kedua pada Kamis (14/04/22) dini hari WIB.

Baca  Selengkapnya: Hasil Pertandingan Liga Champions Bayern Munchen vs Villarreal: Kapal Selam Kuning Melaju
 

Liga ChampionsBayern MunchenVillarrealUnai EmeryBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini