x

Elkan Baggott Debut di Liga Inggris, Begini Penilaian Pelatih Ipswich Town

Minggu, 17 April 2022 18:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Kieran McKenna selaku bos Ipswich Town mengaku puas dengan debut Elkan Baggott di League One kendati harus merasakan kekalahan 1-0.

INDOSPORT.COM - Kendati harus mewarnai debutnya di kasta ketiga Liga Inggris bersama Ipswich Town dengan kekalahan, namun Elkan Baggott tetap mendapat sanjungan.

Kieran McKenna selaku pelatih penggawa timnas Indonesia, Elkan Baggott, merasa puas dengan performa sang wonderkid yang baru berusia 19 tahun itu.

Baca Juga

Elkan dimainkan selama 90 menit penuh kala Ipswich Town bertamu ke markas Rotherham United di lanjutan kompetisi League One 2021/2022 pada Minggu (16/04/22) lalu.

Ia diposisikan sebagai bek sentral sebelah kiri dalam formasi 3-4-2-1 menggantikan Cameron Burgess yang tengah menjalani suspensi.

Dicatat oleh Whoscored, Elkan Baggott membuat 51 sentuhan selama di lapangan dan lima kali terlibat duel udara.

Baca Juga

Pemain muda kelahiran Bangkok, Thailand, tersebut nyaris mengantongi nirbobol juga namun timnya harus kemasukan gol dari Michael Smith di sepuluh menit pemungkas waktu normal.

Akhirnya Ipswich pun takluk dengan skor tipis 1-0 dari Rotherham yang notabene adalah kanddidat kuat promosi ke Championship musim depan.

McKenna menilai penampilan Elkan dapat ditoleransi mengingat beban yang ia pikul sebagai debutan. terlebih ia juga menjadi pemain asal Indonesia pertama yang tampil di kompetisi Liga Inggris.

Baca Juga

"Kami jelas kecewa dengan kekalahan ini. Pada babak pertama Ipswich bermain bagus namun pada babak kedua Rotherham bisa lebih menyulitkan," ujar Kieran McKenna pada situs resmi Ipswich Town.

"Elkan Baggott boleh berbangga hati dengan penampilannya. Ia bermain tenang dan melawan Smith adalah tantantangan besar namun dijalani dengan oke," tambah eks asisten manajer untuk Manchester United di era Ole Gunnar Solskjaer itu lagi.


1. Ipswich dan McKenna Tunaikan Janji

Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia.

Kendati tidak bisa mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021 yang digelar saat ini, Elkan Baggott tetap bisa tersenyum.

Pasalnya ia baru saja melakukan loncatan besar dalam kariernya sebagai pesepakbola profesional dengan debutnya bersama Ipswich Town.

Baca Juga

Memang kompetisi yang ia mainkan 'hanya' kasta ketiga di Liga Inggris namun tidak ada pemain Indonesia lain yang bisa menyamainya sampai saat ini.

Kieran McKenna patut diacungi jempol karena mau menepati janjinya untuk memanfaatkan tenaga Elkan kala melarangnya memenuhi panggilan PSSI.

Ditambah bagi Elkan bukan pemain abal-abal yang dimainkan karena Ipswich ingin mencari sensasi saja mengingat potensi remaja blasteran Inggris-Indonesia itu memang nyata.

Baca Juga

Elkan Baggott adalah pemain penting untuk Ipswich Town U-23 yang berkomptisi di liga kelompok umur dan bahkan diamanahi untuk menjadi kapten.

Posturnya yang tinggi besar dan kaki dominan kiri membuat Elkan semakin mencolok dan digadang-gadang bisa menjadi pemain reguler masa depan untuk Ipswich yang sudah menaunginya sejak lama.

Setelah ini masih belum diketahui apakah McKenna dan Ipswich akan mau merelakan Elkan untuk bergabung dengan timnas Indonesia atau tidak.

Baca Juga

Musim 2021/2022 Ipswich Town akan berakhir pada 30 April mendatang dengan menghadapi Charlton Athletic alias kurang lebih dua pekan sebelum SEA Games 2021 di Vietnam dimulai.

Jika diizinkan, maka Elkan Baggott dipastikan akan kembali menjadi bagian integral Timnas Indonesia mengingat di ajang Piala AFF 2020 saja ia sudah cukup banyak dipercaya oleh pelatih Shin Tae-yong.


2. Batal Perkuat Timnas Indonesia, Oratmangoen Dapat Klub Baru

Ragnar Oratmangoen. Foto: Instagram@0ratmangoen

Ragnar Oratmangoen musim depan masih akan merumput di Eredivisie Belanda namun tidak lagi dengan seragam Go Ahead Eagles.

Pasalnya pada Sabtu (16/04/22) ini penyerang yang sempat akan dipanggil timnas Indonesia itu diumumkan akan pindah ke FC Groningen.

Mengingat saat ini bursa transfer masih belum dibuka, Oratmangoen masih akan membersamai Eagles sampai 2021/2022 berakhir dan baru setelahnya ia angkat kaki menuju klub barunya.

Hanya saja Oratmangoen sudah merampungkan sejumlah detil untuk memuluskan proses kepindahannya menuju Groningen.

Salah satunya adalah tes medis yang juga Groningen tunjukkan pada hari yang sama dengan pengumuman transfer Ragnar Oratmangoen.

Baca selengkapnya: Hampir perkuat Timnas Indonesia, Striker Berdarah Maluku Ini Resmi Gabung Raksasa Liga Belanda

SEA GamesTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaIpswich TownLeague OneLiga InggrisBola InternasionalElkan BaggottBerita Liga InggrisBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini