x

Strategi PSSI untuk Naturalisasi Jordi Amat Sangat Tepat

Selasa, 19 April 2022 16:23 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Shayne Pattynama tampak semringah saat menerima hadiah jersey dari Exco PSSI, Hasani Abdulgani

INDOSPORT.COM - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani bersama utusan PSSI Hamdan Hamedan sudah memberikan laporan terkait tugas mereka yang bertemu dengan keluarga dan pemain keturunan yang akan dinaturalisasi di Belanda.

Seperti diketahui Hasani Abdulgani bersama Hamdan memang bertolak ke Belanda untuk bertemu dengan pemain-pemain keturunan Indonesia yang akan dinaturalisasi.

Baca Juga

Pemain-pemain tersebut antara lain Sandy Walsh, Jordi Amat, serta Shayne Pattynama.

Baca Juga

Hasani dan Hamdan pun kini sudah kembali ke tanah air. Mereka pun sudah memberikan laporan kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Hasani menjabarkan bahwa dia mendapat respons tak terduga dari keluarga Jordi Amat.

Baca Juga

Yang dimana dari sang nenek Jordi Amat memang orang Indonesia sampai menitikan air mata akan kedatangannya.


1. Antusias Jadi WNI

Jordi Amat saat melawan Cristiano Ronaldo

Dalam laporan kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Hasani dan Hamdan Hamedan menjelaskan kedua pemain sangat antusias untuk segera menjadi warga negara Indonesia (WNI). Mereka berharap proses bisa dipercepat.

Baca Juga

"Bahkan neneknya Jordi ini sampai nangis. Jadi memang gaya timur yang diminta oleh Ketua Umum PSSI untuk kulonuwun (permisi) kepada keluarga sangat tepat," kata Hasani dalam rilis PSSI, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga

Hasani menambahkan bahwa keluarga Jordi Amat menitipkan rasa terimakasih begitu besar terhadap PSSI.

Yang dimana sudah jauh-jauh menyempatkan datang untuk mengunjungi mereka di Belgia.

Baca Juga

"Mereka berterima kasih kepada kita (PSSI) karena sudah datang ke sini (Belgia dan Belanda) menemui keluarga Jordi dan Sandy," terangnya.


2. Banyak Pemain Keturunan Indonesia di Liga Belanda dan Belgia

Sandy Walsh calon pemain naturalisasi

Hamdan menambahkan sebenarnya banyak pemain keturunan Indonesia yang bermain di Liga Belanda, Belgia, dan beberapa di klub Inggris.

Rata-rata mereka berusia masih muda sekitar 18-20 tahun dan menjadi starter di tempat mereka bermain. Data pemain-pemain tersebut pun sudah diserahkan kepada PSSI.

"Tentu ini bisa menjadi bahan diskusi antara PSSI, Direktur Teknik, dan Shin Tae-yong. Data soal pemain ini akan saya berikan ke PSSI. Selanjutnya terserah PSSI," ujar Hamdan Hamedan.

PSSINaturalisasiLiga IndonesiaSandy WalshShayne PattynamaJordi Amat

Berita Terkini