x

Bima Sakti Gantikan Shin Tae-yong Besut Timnas Indonesia di Turnamen Toulon

Rabu, 20 April 2022 13:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-19 dipastikan tidak akan didampingi oleh Shin Tae-yong dalam turnament Toulon di Prancis pada bulan Mei nanti. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 dipastikan tidak akan didampingi oleh Shin Tae-yong dalam turnament Toulon di Prancis pada bulan Mei nanti.

PSSI menunjuk pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti untuk menggantikan Shin Tae-yong di turnamen tersebut.

Bukan tanpa alasan PSSI tidak mengirim Shin Tae-yong mendampingi Timnas Indonesia U-19. Sebab PSSI ingin Shin Tae-yong fokus bersama tim senior yang akan menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.

Baca Juga

Tapi meski begitu, Shin Tae-yong tidak melepas begitu saja. Dia akan menugaskan satu staffnya untuk mendampingi Bima Sakti pada event tersebut.

"Kemarin kami sudah putuskan bahwa pelatih Timnas U-16 Bima Sakti dan teman-teman plus pelatih yang diutus oleh coach Shin Tae-yong satu orang menangani Timnas U-19 untuk event Toulon Tournament,"kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Indra menambahkan bahwa PSSI kesulitan membagi waktu Shin Tae-yong. Terlebih banyak event yang tadinya sidah diatur mengalami penundaan karena pandemi Covid-19.

Baca Juga

Alhasil ketika semua kembali berjalan banyak event yang jadwalnya bentrok satu sama lainnya.

"Memang kami kesulitan untuk membagi waktu karena ada event-event yang sebenarnya kalendernya bisa teratur, tapi karena ada pandemi, ada kalender-kalender yang ditunda dan pelaksanaannya akhirnya bentrok," jelas Indra Sjafri.

Toulon Tournament akan berlangsung di Prancis pada 19 Mei hingga 12 Juni mendatang. Timnas Indonesia U-19 akan berangkat ke Prancis pada 26 Mei 2022.

Baca Juga

Kejuaraan itu diikuti oleh 12 tim dari berbagai negara yang diperbolehkan mengirim tim dari kategori usia 17 hingga 23 tahun. Ke-12 tim dibagi ke dalam tiga grup. Timnas Indonesia U-19 berada di Grup B bersama Ghana, Meksiko, dan Venezuela.


1. Timnas Indonesia Bertemu Meksiko dan Raksasa Afrika di Toulon Cup

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan.

Timnas Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang tidak mudah di turnamen Toulon Cup 2022. Meksiko dan tim Raksasa Afrika, Ghana bakal menghadang langkah Garuda Nusantara.

Turnamen Toulon atau yang disebut Festival International "Espoirs" Tournoi Maurice Revello adalah turnamen sepak bola junior dari level U-17 hingga U-23.

Ini merupakan turnamen anual alias digelar setiap tahun. Namun, pada edisi 2020 dan 2021, event ini tidak diadakan akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, tidak semua negara mendapatkan undangan. Tercatat, untuk kawasan (AFC) baru empat negara yang pernah tampil, yaitu Jepang, China, Bahrain serta Indonesia.

Ini bukan kali pertama Timnas Indonesia tampil di Toulon Cup. Pada 2017 silam, pelatih Indra Sjafri membawa talenta muda macam Egy maulana Vikri, Witan Sulaeman, Hanis Saghara Putra, Nurhidayat, Firza Andika, dan masih banyak lagi.

Saat itu, tim Merah Putih tergabung di Grup C bersama Brasil, Skotlandia, dan Republik Ceko. Hasilnya Timnas Indonesia gagal lolos dari fase grup lantaran kalah 0-1 dari Brasil, 0-2 dari Ceko, dan 1-2 dari Skotlandia.

Pengalaman pahit itu harus jadi cambuk bagi skuad Garuda Nusantara yang akan kembali berjuang di Toulon Cup 2022.

Untuk mempersiapkan turnamen tersebut, kini Timnas Indonesia U-19 sedang melakoni pemusatan pelatihan (TC) di Korea Selatan.

Pasukan Shin Tae-yong diharapkan bisa tampil totalitas dalam turnamen eksibisi yang bakal dilangsungkan di Prancis tersebut.


2. PSSI Pastikan Egy dan Witan Perkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games

Selebrasi Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman setelah membobol gawang Chinese Taipei.

PSSI memastikan pemain yang bermain di luar negeri seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam diizinkan oleh klubnya membela Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021, Vietnam, bulan Mei mendatang.

Timnas Indonesia U-23 memang tengah fokus menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan. Pemusatan latihan ini sebagai rangkaian persiapan menuju SEA Games 2021 di Vietnam pada bulan Mei mendatang.

Untuk pemusatan latihan ini Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-23 memanggil 29 pemain.

Namun dari 29 pemain memang belum semua bergabung dalam pemusatan latihan di Korea Selatan. Bahkan satu naman, Ramai Rumakiek dipastikan dicoret dari daftar pemain karena tak kunjung datang.

Tak hanya itu pemusatan latihan kali ini juga belum diikuti oleh pemain yang bermain di luar negeri seperti Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam Bahar, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman serta Pratama Arhan.

Baca Selengkapnya: PSSI Pastikan Egy dan Witan Perkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongToulon Tournament

Berita Terkini