x

Sosok Pendamping Bima Sakti di Timnas U-19 untuk Toulon Tournament, Siapa?

Jumat, 22 April 2022 13:46 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Tiga asisten pelatih yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic sudah bergabung di Thailand bersama timnas Indonesia mulai Senin (4/5)

INDOSPORT.COM - Pelatih Shin Tae-yong, mengutus satu asistennya, Dzenan Radoncic, untuk mendampingi Bima Sakti memimpin timnas Indonesia U-19 di Toulon Tournament 2022.

Timnas Indonesia U-19 memang akan ambil bagian dalam Toulon Tournament 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Prancis pada 29 Mei hingga 12 Juni mendatang.

Baca Juga

Namun, timnas U-19 tidak akan didampingi oleh Shin Tae-yong yang akan konsentrasi menangani timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021 dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

PSSI lantas menunjuk Bima Sakti untuk memimpin tim, didampingi oleh Dzenan Radoncic. Kolaborasi keduanya akan menentukan langkah timnas Indonesia U-19 di Toulon Tournament 2022. 

"Yang mendampingi timnas Indonesia U-19 itu nantinya, coach Dzenan Radoncic," ucap Bima Sakti ketika dihubungi pewarta, Jumat (22/4/22).

Baca Juga

"Tetapi, nanti Dzenan akan didampingi langsung oleh saya dan staf pelatih timnas Indonesia U-16," lanjut gelandang top era 2000-an tersebut.

Toulon Tournament sendiri diikuti 12 tim dari berbagai belahan dunia. Nantinya, mereka dibagi dalam tiga grup, dan Indonesia tergabung di Grup B bersama Meksiko, Ghana, dan Venezuela.

Baca Juga

Sementara itu, Shin Tae-yong diminta fokus menyiapkan timnas Indonesia U-23 yang segera bertolak ke SEA Games 2021 pada 6 Mei mendatang.

Lalu, timnas Indonesia senior juga memiliki agenda yang tidak kalah penting, yakni Kualifikasi Piala Asia 2023, berselang sebulan kemudian.


1. 1 Masalah Timnas U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong.

Sebelumnya, Bima Sakti membeberkan satu hal penting yang menjadi perhatian pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, masalah transisi permainan. 

Sebelum timnas U-23 berangkat ke Korea Selatan untuk pemusatan latihan, Bima Sakti sempat diserahi tugas melatih pemain selama beberapa hari di Jakarta. Dia berkoordinasi dengan Shin Tae-yong soal fokus dan menunya.

Baca Juga

"Saya selalu berkoordinasi coach Nova (Arianto) dan coach Shin soal materi latihan apa saja," kata Bima Sakti kepada awak media, Sabtu (15/4/22). 

"Progres mereka juga bagus, semoga lebih baik lagi karena bak dapat latihan dengan intensitas lebih tinggi di Korea Selatan," cetusnya.

Baca Juga

"Yang selalu ditekankan coach Shin Tae-yong adalah masalah transisi, baik positif maupun negatif. Itulah yang selalu ditekankan," imbuh eks pelatih Persiba Balikpapan tersebut.


2. Ronaldo Kwateh Disorot Media Vietnam

Timnas U-19 vs Yeungnam University. Foto: PSSI

Keganasan Ronaldo Kwateh dalam pertandingan uji coba pertama timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan mendapatkan sorotan dari media Vietnam.

Diketahui, timnas Indonesia U-23 baru saja mendulang kemenangan atas Andong Science College dengan skor 4-2 di Haemaji Football Field, Korea Selatan pada Kamis (21/04/22) kemarin.

Empat gol kemenangan Timnas Indonesia U-23 berhasil dicetak oleh Irfan Jaya (7'), Muhammad Ridwan (21'penalti), Ronaldo Kwateh (88'), dan Irfan Jauhari (90+3'). 

Baca Juga

Uji coba ini dilakukan oleh pasukan Shin Tae-yong demi memantapkan tim jelang bergulirnya ajang SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei mendatang.

Timnas Indonesia U-23 diketahui berada di Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Filipina, Myanmar dan Timor Leste. Hal itu membuat laga uji coba skuat Garuda mendapatkan pantauan dari beberapa media Vietnam.

Baca Selengkapnya

Korea SelatanTimnas IndonesiaBima SaktiBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Bola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongDzenan RadoncicToulon Tournament

Berita Terkini