x

Media Vietnam Ejek Ansan Greeners Lepas Ansnawi Mangkualam ke SEA Games 2021

Sabtu, 30 April 2022 10:15 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Prio Hari Kristanto
Dilepasnya Asnawi Mangkualam oleh Ansan Greeners ke ajang SEA Games bersama Timnas Indonesia U-23 mendapat sorotan dari media Vietnam.

INDOSPORT.COM - Menjelangan ajang multievent SEA Games ke-31 di Vietnam, Timnas Indonesia bernafas lega setelah Asnawi Mangkualam dipastikan akan bergabung di skuad U-23.

Pemain berposisi bek sayap asal Makassar ini memang salah satu pemain yang diinginkan pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong untuk bergabung dalam event olahraga SEA Games.

Baca Juga

Sebelumnya, tidak ada kepastian Asnawi akan bergabung ke timnas di ajang SEA Games Vietnam. Hal itu disebabkan karena klub Asnawi, Ansan Greeners, enggan melepas pemain berusia 22 tahun itu.

Melalui drama cukup panjang, klub asal Korea Selatan itu akhirnya melepas sang pemain untuk membela negaranya dalam event olahraga di luar agenda kalender FIFA tersebut.

Kendati demikian, Ansan Greeners belum bisa melepas Mangkualam pada bulan April ini. Dia sendiri masih akan ikut dalam pertandingan klubnya pada lanjutan K-League 2 kontra Gyeongnam di tanggal 3 Mei 2022.

Baca Juga

Ansan Greeners sebenarnya sedikit tak rela melepas Asnawi Mangkualam di tengah kondisi performa klub di liga. Namun setelah ada kepastian pemain pengganti, mereka akhirnya melepas sang pemain.

Lampu hijau yang diberikan oleh pihak klub tentu tak hanya membuat Asnawi dan Shin Tae-yong lega. Selain itu suporter Garuda jelas merasakan kegembiraan, setelah kepastian itu.

Sebelum bergabung ke TC timnas U-23, Asnawi Mangkualam masih ikut berpartisipasi dalam pertandingan Ansan Greeners melawan Daejon Hana Citizen pada Rabu (27/04/22) lalu.

Baca Juga

Pada pertandingan itu perannya begitu krusial. Hal itu dapat dilihat saat pemain Timnas Indonesia U-23 itu berhasil menghidupkan permainan. Tentu wajar jika pihak Ansan keberatan, karena Asnawi dalam performa menanjak.

Kemungkinan besar, Asnawi Mangkualam akan bergabung ke TC timnas Indonesia U-23 usai membela klubnya di pertandingan K-League 2 pada awal bulan Mei mendatang.


1. Media Vietnam Ejek Ansan Greeners

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Kepastian dipekuatnya Timnas Indonesia oleh salah satu pemain kunci mereka, Asnawi Mangkualam, membuat salah satu media olahraga yang berbasis di Vietnam, Thethao247, menyorot keputusan klub Ansan Greeners.

Dalam pemberitaan mereka pada Jumat (29/04/22) kemarin, mereka menerbitkan berita dengan judul "Klub Korea Selatan 'Mengangguk', Indonesia U-23 Punya Kapten di Ajang SEA Games ke-31".

Baca Juga

Terkait situasi itu, media Vietnam menyoroti berbagai cara yang dilakukan PSSI untuk mendapatkan pemain di ajang SEA Games ke-31 pertengahan tahun ini.

Hal itu merupakan buntut ngebetnya Timnas Indonesia menginginkan medali emas pada ajang multi olahraga ini. Media Vietnam juga menyebut keputusan Ansan Greeners dipengaruhi oleh Shin Tae-yong.

Mereka menulis bahwa Shin Tae-yong telah memanfaatkan perjalanan TC Timnas Indonesia U-23 ke Korea Selatan. Bahkan mereka juga menyorot kedatangan sang pelatih ke markas Ansan Greeners.

Kedatangan Shin Tae-yong ke kandang Ansan Greeners disinyalir bukan hanya untuk memantau Asnawi, tetapi juga berusaha untuk membujuk petinggi klub agar melepas sang pemain ke SEA Games 2021 mendatang

Baca Juga

Sindiran media Vietnam ini tentu hal biasa, mengingat timnas sepak bola Indonesia merupakan pesaing utama meraka dalam rencana mengamankan mendali emas cabor sepak bola di rumahnya sendiri.

Pasalnya, Indonesia U-23 dan Vietnam U-23 bahkan akan mulai saling membunuh di babak awal SEA Games 2021. Keduanya tergabung dalam Grup A dengan Timor Lester, Filipina dan Myanmar.

Kendati demikian Timnas Vietnam tetap menjadi salah satu unggulan terkuat untuk lolos bersama Indonesia ke babak selanjutnya. Bahkan pasukan Park Hang-seo itu juga dianggap kandidat juara teratas.

Baca Juga

Namun, sekali lagi mereka harus dihadapkan dengan hasil pengundian grup yang tak begitu menguntungkan. Indonesia bukanlah tim bisa yang bisa dikalahkan Vietnam meski tampil dengan ribuan pendukungnya.


2. Marc Klok Bikin Media Vietnam Ketakutan

Duel Marc Klok dan Braif Fatari di laga Persib vs Persija

Sementara itu, kehadiran Marc Klok untuk mengisi slot tiga pemain senior di Timnas Indonesia U-23 juga menjadi sorotan media Vietnam, Thethao247.

Media tersebut cukup terkejut dengan ambisi skuat Garuda besutan Shin Tae-yong yang berniat untuk merebut medali emas dari tuan rumah Vietnam.

Di SEA Games edisi 2019 lalu, Vietnam merupakan tim yang mampu meraih medali emas setelah sukses mengalahkan Timnas Indonesia era Indra Sjafri dengan skor telak 3-0 di partai final.

"Indonesia Panggil Bintang Eropa ke Vietnam, Bertekad Membuat Cerita di SEA Games ke-31," tulis Thethao247.

Baca selengkapnya: Media Vietnam Ketakutan Timnas Indonesia Resmi Panggil Bintang Eropa ke SEA Games

SEA GamesVietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharShin Tae-yongSEA Games 2021Ansan Greeners

Berita Terkini