x

Pratama Arhan Batal ke SEA Games 2021, Begini Respons Iwan Bule

Minggu, 1 Mei 2022 15:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, tidak dibawa ke SEA Games 2021. Dia tidak bisa bergabung karena sedang fokus dengan klub barunya, Tokyo Verdy di Liga Jepang. 

Arhan baru didatangkan Tokyo Verdy pada Maret lalu, sehingga masih tahap adaptasi. Hal itu tidak memungkinkan pemain 20 tahun itu untuk ikut SEA Games tahun ini Vietnam.

Baca Juga

Situasi itu pun dimaklumi ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. Federasi telah berkomunikasi dengan Arhan dan sudah keputusan tepat bagi kedua belah pihak.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Pratama Arhan dan memang dirinya harus fokus ke klub Tokyo Verdy karena dia baru saja bergabung dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi," kata Iriawan.

Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI tak menampik jika tenaga Arhan dibutuhkan Timnas U-23 di SEA Games 2021. Apalagi, targetnya adalah juara atau medali emas.

Baca Juga

Tapi, PSSI tidak mau egois, apalagi menyoal masa depan eks bek PSIS Semarang itu.

"Arhan sebenarnya dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong demi target mendapatkan emas di SEA Games 2021," tutur Iwan Bule.

"Tapi PSSI tetap mendukung kariernya di klub Tokyo Verdy, semoga event timnas selanjutnya Arhan bisa bergabung," tambahnya.

Meski Pratama Arhan batal ikut SEA Games 2021, Timnas U-23 bisa bernafas lega. Pasalnya pemain lain dari luar negeri seperti Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana, Elkan Baggott dan Witan Sulaeman dipastikan dapat bergabung.

Baca Juga

Pada SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A. Skuad Garuda Muda akan menghadapi tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. 


1. Target Emas

Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19).

Timnas U-23 ditargetkan raih medali emas pada SEA Games 2021. Skuad Garuda Muda adalah finalis pada edisi 2019, di mana kalah dari Vietnam di laga final. 

Sementara itu, Timnas U-23 baru saja selesaikan pemusatan latihan di Korea Selatan. Mereka akan bertolak ke Vietnam pada tanggal 3 atau 4 Mei untuk mengikuti SEA Games 2021.

Baca Juga

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan meminta seluruh penggawa Timnas Indonesia U-23 menaruh fokus besar dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

Terlebih PSSI menargetkan Timnas Indonesia U-23 harus mampu meraih medali emas pada ajang dua tahunan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 memang sudah menyelesaikan seluruh program pemusatan latihan di Korea Selatan.Mereka bertolak ke Negeri Gingseng memang untuk persiapan berlaga di SEA Games 2021,

Vietnam bulan Mei mendatang. Hampir dua pekan lamanya Timnas Indonesia U-23 berada di Korea Selatan. Selama di Korea Selatan, Timnas Indonesia U-23 melakoni tiga laga uji coba.

Baca Juga

Dari tiga laga uji coba, Timnas Indonesia menelan dua kekalahan dan satu kali menang. Terakhir, Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan ketika menghadapi Daejeon Hana Citizen.

Pasukan Garuda Muda takluk dengan skor 2-3 dalam laga yang berlangsung di Daejon World Cup Stadium, Korea Selatan.

Ketum PSSI yang akrab disapa Iwan Bule mengatakan bahwa kekalahan ini menjadi pelajaran serta pengalaman berharga bagi Garuda Muda menuju SEA Games 2021 mendatang.

Baca Juga

"Kami tetap mengapresiasi perjuangan pemain yang sudah menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Korea Selatan selama dua pekan ini," ucap Iriawan.


2. Asnawi Pastikan Ikut Timnas Indonesia U-23 ke SEA Games

Asnawi Mangkualam di TC Timnas U-23

Bek Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam sudah bergabung ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan. Dia untuk sementara tinggalkan klub Liga 2 Korea Selatan itu.

Asnawi Mangkualam sudah terlihat mengikuti sesi latihan Timnas Indonesia U-23 di Daejeon World Cup Stadium, Selasa (26/04/22). 

Bek kanan itu akan bermain di uji coba terakhir Timnas Indonesia U-23 vs Daejeon Hana Citizen pada Rabu (27/04/22) di Stadion Distrik Suseong, Daegu. 

"Intinya sangat senang bergabung di sini, walau pun gabung di uji coba terakhir melawan Daejon (Hana)," kata Asnawi.

"Setelah itu, saya akan kembali ke Ansan (Greeners), baru tanggal 3 (Mei) bergabung dengan (Timnas U-23) di Vietnam untuk SEA Games (2021)," katanya.

Mantan pemain PSM Makassar itu mengatakan masih menunggu izin dari Ansan Greeners untuk ikut SEA Games 2021. Pasalnya, kejuaraan multievent se-Asia Tenggara itu tidak masuk kalender FIFA. 

Baca Selengkapnya: Tinggalkan Ansan Greeners, Asnawi Pastikan Ikut Timnas Indonesia U-23 ke SEA Games

PSSILiga IndonesiaIwan BulePratama ArhanSEA Games 2021

Berita Terkini