x

5 Stadion yang Konon Paling Angker di Indonesia, Ada yang jadi Markas Tim Liga 1!

Senin, 2 Mei 2022 23:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Stadion Benteng, kandang Persikota Tangerang setelah direnovasi. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Berikut adalah lima stadion yang diyakini paling angker di Indonesia, dan di antaranya ada yang masih menjadi markas tim Liga 1. Yakin mau uji nyali?

Pembangunan proyek-proyek bangunan di Indonesia kerap kali diiringi dengan hal-hal berbau mistis.

Banyak masyarakat Indonesia yang juga memercayai setiap bangunan pasti ada penunggunya, alias makhluk gaib yang sudah lama menempati tempat tersebut.

Jika sudah seperti itu, tentu bangunan tersebut jadi mistis dan angker. Termasuk stadion bola yang merupakan tempat vital untuk sebuah pertandingan sepak bola.

Berikut ini INDOSPORT merangkuk lima stadion yang diyakini khalayak paling angker di Indonesia. Ada markas klub favoritmu, lho.

1. Stadion Benteng, Tangerang

Stadion Benteng merupakan markas besar untuk dua klub, yaitu Persikota Tangerang dan Persita Tangerang. Usut punya usut, stadion ini bisa bikin merinding bulu roma.

Sebagai informasi, Stadion Benteng ini berlokasi di Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna, Sukaasih, Tangerang, Banten.

Stadion ini menjadi angker karena cukup banyak kesaksian yang sering melihat sosok hantu wanita berkeliling di stadion ini, ditambah dengan kondisi stadion yang tidak terurus ketika itu.

Meski begitu, wajah stadion benteng kini sudah berubah 180 derajat setelah renovasi yang dilakukan oleh pemerintah Tangerang. 

2. Stadion R. Maladi Sriwedari, Surakarta

Stadion bola yang menjadi saksi bersejarah Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Indonesia ini berada di Jalan Bhayangkara.

Stadion ini sebenarnya tidak angker. Yang bikin angker adalah mess Kadipolo yang berada persis di sebelah stadion, yang dulunya digunakan oleh Pemain Arseto Solo.

Mess itu merupakan bangunan bekas rumah sakit jiwa, dan sampai sekarang dari kesaksian banyak orang sering muncul suara aneh, salah satunya suara ranjang pasien yang didorong.


1. 3. Stadion Gelora 10 November, Surabaya

Stadion Siliwangi, Kota Bandung, saat dipakai untuk pertandingan Blitar Bandung United vs Persita Tangerang, di Liga 2 2019 silam.

Stadion Gelora 10 November atau Stadion Tambaksari, pernah menjadi markas tim sepak bola Liga 1, Persebaya Surabaya.

Nah, ada pohon Angsana yang tumbuh di tribun barat stadion, dikenal cukup angker di kalangan suporter. Pohon ini ditanam sejak tahun 1960 lalu.

Pohon yang tumbuh besar dan merusak pondasi bangunan ini memang rencananya akan ditebang, tapi sampai sekarang pohon itu tidak kunjung ditumbangkan. 

4. Stadion Siliwangi, Bandung

Stadion Siliwangi yang menjadi saksi kejayaan Persib Bandung ini berada di Jalan Lombok No 10. Konon, stadion ini sangat sering diwarnai oleh kisah mistis.

Ada sosok Kuntilanak yang sering muncul mengganggu orang-orang yang berada di kawasan stadion bola di atas jam tengah malam. 

Bahkan, stadion yang terletak di Bandung ini pernah menjadi saksi bisu meninggalnya striker Pelita Bandung Raya, yaitu Sekou Camara, pada 2013 silam, saat sesi latihan.

Namun, penyerang asal Mali ini bukan yang pertama dan juga bukan satu-satunya yang kehilangan nyawa di stadion tersebut.

Pada tahun 1990an, Andi M. Teguh, pelatih Petrokimia Putra juga meninggal di Siliwangi karena serangan jantung. Ia meninggal saat sedang menonton pertandingan di tribun VI. Hal ini membuat sejarah Stadion Siliwangi semakin berbeda dari antara stadion-stadion lainnya.


2. 5. Stadion Maulana Yusuf, Banten

Stadion Maulana Yusuf.

Satu lagi stadion sepak bola yang menyimpan kisah mistis di tanah Banten.

Stadion Maulana Yusuf yang bersebelahan dengan kawasan pemakaman umum, menjadi salah satu kawasan yang angker, termasuk bagi masyarakat sekitar.

Sudah banyak kejadian yang menelan korban jiwa, terutama bagi pengendara motor yang bersikap ugal-ugalan ketika melintas kawasan Stadion Maulana Yusuf.

StadionStadion BentengLiga 1Stadion SiliwangiTRIVIAStadion Gelora 10 November

Berita Terkini