x

Tembus Skuad SEA Games, 3 Penggawa Persija Jakarta Ingin Gondol Medali Emas

Senin, 2 Mei 2022 14:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Tiga pemain Persija Jakarta berhasil menembus skuad timnas Indonesia U-23 untuk tampil di SEA Games ke-31, Vietnam, 6-22 April 2022.

INDOSPORT.COM - Tiga pemain Persija Jakarta berhasil menembus skuad timnas Indonesia U-23 untuk tampil di SEA Games ke-31, Vietnam, 6-22 April 2022. 

Dalam surat pemanggilan dari PSSI bernomor 1563/AGB/216/IV-2022, tertanggal 26 April 2022, ketiga nama itu adalah Ilham Rio Fahmi (bek sayap), Firza Andika (bek sayap), dan Syahrian Abimanyu (gelandang).

Baca Juga

Bagi Abimanyu dan Firza, masuk skuad SEA Games tahun ini adalah kali keduanya dalam karier mereka. Sebelumnya, Abi dan Firza sudah memperkuat timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2019 kala masih berseragam tim lamanya.

Tapi, bagi Rio pemanggilan ini adalah momen bersejarah bagi hidupnya. Setelah debut level profesional di Liga 1 2021/2022.

Kemudian dipanggil timnas pertama kalinya pada awal April 2022, kini dia sukses masuk skuad Garuda Muda untuk tampil di ajang resmi.

“Alhamdulillah atas pemanggilan ini. Yang pasti saya bersyukur bisa ikut dalam skuad SEA Games di Vietnam,” tutur Rio. 

Baca Juga

Meski gembira karena jasanya dibutuhkan timnas, pemain yang piawai bermain sebagai bek kanan dan kiri itu tak mau bereuforia berlebihan.

“Tidak sampai di sini saja target saya. Ini baru awal dari perjalanan dan target saya tentunya bisa membantu timnas dan insyaallah bisa membawa pulang medali emas ke Indonesia. Amin,” ujarnya.

Sementara itu, Firza pun bersyukur bisa kembali dipercaya tampil di SEA Games. Ia bangga akhirnya target untuk menembus skuad final akhirnya tercapai.

“Alhamdulillah TC (pemusatan latihan) di Korea Selatan berjalan dengan lancar. Saya selalu berusaha memberikan kemampuan yang terbaik di sana,” kata Firza.

Baca Juga

Di sisi lain, sebenarnya ada enam pemain Persija yang mengikuti TC timnas U-23 tahap akhir di Korea Selatan (6-29 April). Selain Rio, Firza, dan Abimanyu, ada Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, dan Braif Fatari. Namun, tiga nama terakhir tak masuk skuad SEA Games.


1. Bek Persija Wujudkan Mimpi

Pemain muda Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi.

Penggawa Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi berhasil masuk dalam 20 pemain yang dipilih Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia U-23 dan berjuang di ajang SEA Games 2021 Vietnam, Mei mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memang sudah memilih 20 nama untuk tergabung dalam skuat Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games nanti.

Baca Juga

Dari 20 nama yang dipanggil terdapat tiga pemain senior yakni, yakni Fachruddin Aryanto, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya.

Selain tiga pemain senior, Shin Tae-yong juga memberikan debut kepada beberapa pemain.

Di antaranya pemain yang menjalani debut bersama Timnas Indonesia U-23 antara lain, Ilham Rio Fahmi, Ronaldo Joybera, Marselino Ferdinan, Muhamad Ridwan.

Baca Juga

Mendapat kesempatan masuk dalam skuat Timnas Indonesia U-23, Ilham Rio Fahmi sangat bersyukur.

"Alhamdulillah saya bersyukur dapat masuk 20 pemain yang akan berlaga di SEA Games 2021," ucap Ilham Rio Fahmi.

Kini dia pun bertekad memberikan penampilan terbaik untuk membayar kepercayaan Shin Tae-yong terhadap dirinya.

Baca Juga

"Saya bertekad memberikan kemampuan terbaik dan siap bekerja keras demi torehan emas Indonesia," kata Ilham Rio Fahmi.


2. Jadwal Siaran Langsung Pertandingan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Berikut jadwal siaran langsung pertandingan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 yang akan digelar pada 6 hingga 22 Mei 2022 mendatang di Vietnam.

Seperti diketahui, di ajang SEA Games 2021 Timnas Indonesia U-23 telah tergabung ke dalam Grup A bersama dengan Filipina, Myanmar, Timor Leste dan tuan rumah Vietnam.

Seluruh pertandingan Grup A SEA Games ke-31 akan digelar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam. Di laga perdana, pasukan Shin Tae-yong akan langsung bersua tuan rumah.

Jelang laga tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-23 yakni Shin Tae-yong sudah memilih 20 daftar pemain yang akan diboyong. Skuat Garuda Nusantara akan membawa tiga pemain senior yaitu Fachruddin Aryanto, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya.

Kemudian nama-nama pemain yang bermain di luar negeri juga dipanggil seperti Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani.

Ketua Umum PSSI yakni Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menegaskan kalau target pasukan Shin Tae-yong di Vietnam adalah membawa pulang medali emas.

Baca Selengkapnya: Wajib Catat! Jadwal Siaran Langsung Pertandingan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1SEA Games 2021

Berita Terkini