x

Buta Kekuatan Vietnam, Marc Klok Siap Buktikan Kekuatan Timnas Indonesia U-23

Kamis, 5 Mei 2022 17:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang senior di Timnas Indonesia U-23, Marc Klok, menyatakan tak sabar jalani debut di SEA Games 2021. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Gelandang senior di Timnas Indonesia U-23, Marc Klok, menyatakan tak sabar jalani debut di SEA Games 2021. Dia bertekad bawa skuad Garuda Muda menang atas Vietnam. 

Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam akan bertemu di laga perdana Grup A, Jumat (06/05/22) di Stadion Viet Tri.

Baca Juga

Klok mengatakan semua pemain Timnas Indonesia U-23 dalam keadaan baik. Tim pelatih juga telah memberikan materi latihan berupa taktik dan strategi buat lawan Vietnam. 

"Kondisi saya sangat baik. Kami banyak  persiapan lewat video meeting dan latihan taktik, servis bola mati," kata Marc Klok.

"Kami sudah siap dan tak sabar menang.  Kami semua bersiap dari Korea Selatan dan jelang mulai turnamen kami dalam kondisi bagus buat main," ujarnya. 

Baca Juga

Klok mengaku buta akan kekuatan Vietnam. Dia hanya kenal pelatih The Golden Star, Park Hang-seo yang merupakan senior dari Shin Tae-yong. 

Akan tetapi, hal tersebut membuat Marc Klok ciut. Dia mengingatkan Vietnam agar tidak anggap remeh Timnas U-23.

"Saya belum tau permainan dan siapa pemain Vietnam, tapi saya tahu pelatihnya dari Korea dan kualitas mereka baik," tuturnya. 

"Mereka juga mau menang karena main di rumah dengan pendukungnya, tapi kami fokus pada tim kami saja," lanjutnya. 

Baca Juga

Lebih lanjut, pemain naturalisasi itu menegaskan incar medali emas di SEA Games 2021. Langkah awal yang harus dilakukan adalah bawa Timnas Indonesia U-23 menang atas Vietnam, esok hari. 

"Target saya di turnamen ini mau juara dan lawan Vietnam harus menang. Kami mau kasih statment kalo Vietnam juga harus tau siapa kita (Indonesia)," tuntas Marc Klok. 


1. Belum Full Team

Asnawi Mangkualam di TC Timnas U-23

Marc Klok adalah satu dari tiga pemain senior yang dibawa ke SEA Games 2021. Dua nama lainnya adalah Fachruddin Aryanto dan Ricky Kambuaya. 

Selain Vietnam, lawan Timnas Indonesia U-23 di Grup A SEA Games 2021 adalah Timor Leste, Filipina, dan Myanmar.

Baca Juga

Untuk lawan Vietnam, Shin Tae-yong dibekali 18 pemain. Pasalnya, dua nama yakni Asmawi Mangkualam dan Elkan Baggott belum tiba di Vietnam. 

Kedua pemain tidak hadir dalam persiapan lanjutan Timnas Indonesia U-23 di Jakarta sebelum keberangkatan ke Vietnam pada 3 Mei 2022.

"Pada pertandingan pertama melawan Vietnam, banyak pemain utama Indonesia yang akan absen karena jadwal," kata Shin Tae-yong dikutip dari Yonhap News.

Baca Juga

Beberapa pemain Timnas Indonesia U-23 memang akan menyusul setiba di Vietnam. Mereka antara lain adalah Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam Bahar.

"Namun pada pertandingan-pertandingan selanjutnya mereka akan semakin kuat dan kuat, karena bergabung satu demi satu," jelas Shin Tae-yong.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 juga hanya bisa memakai jasa Saddil Ramdani satu laga ketika melawan Vietnam.

Baca Juga

Beruntung ada tiga nama senior yang siap beraksi yakni Marc Klok, Fachruddin Aryanto dan Ricky Kambuaya. 

Pada SEA Games 2021, Timnas U-23 ditargetkan raih medali emas. Hal itu telah diumumkan oleh ketum PSSI dan Menteri Pemuda dan Olahraga. 


2. Media Vietnam Kaget Dibuat Kaget Pemain Timnas Indonesia

Ronaldo Kwateh di latihan Timnas U-19 vs Yeungnam University. Foto: PSSI

Jelang SEA Games 2021, media Vietnam dibuat kaget setelah mengetahui ada salah satu pemain Timnas Indonesia U-23 punya Curriculum Vitae (CV) mengerikan.

Pemain Timnas Indonesia U-23 itu bernama Ronaldo Kwateh yang sempat mencetak dua rekor mengejutkan. Ia perna mencetak sejarah sebagai pemain termuda di kompetisi Liga 1 saat masuk 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari.

Rekor Ronaldo Kwateh didapatkan saat membela Madura United di kompetisi Liga 1 2021-2022 melawan Tira Persikabo pada 3 September 2021 lalu.

Tidak hanya itu, pemain berdarah Indonesia dan Liberia itu mencetak sejarah sebagai pemain termuda yang memperkuat Timnas Indonesia senior.

Ia menjalani debut saat skuat Garuda Senior menang telak 4-1 atas Timor Leste pada laga di Stadion I Wayan Dipta pada Kamis (27/01/22) lalu dalam laga uji coba bertajauk FIFA Matchday.

Catatan luar biasa itu membuat media Vietnam yaitu thethao247 sangat terkejut. Ia bahkan menyebut kalau Ronaldo Kwateh sudah banyak dikenali oleh banyak fans dari skuat The Golden Star.

Berita Selengkapnya: Media Vietnam Kaget Ada Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Punya CV Mengerikan

Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaMarc KlokBerita Timnas IndonesiaRonaldo KwatehSEA Games 2021

Berita Terkini