x

Selain Jersey Maradona, Ini 5 Memorabilia Sepak Bola yang Dijual dengan Harga Tak Masuk Akal

Jumat, 6 Mei 2022 23:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut 5 memorabilia sepak bola yang laku dengan harga tak masuk akal dalam sebuah lelang seperti jersey ‘gol tangan tuhan’ Diego Maradona.

INDOSPORT.COM – Berikut 5 memorabilia sepak bola yang laku dengan harga tak masuk akal dalam sebuah lelang seperti jersey ‘gol tangan tuhan’ Diego Maradona.

Meski sudah wafat sekitar satu setengah tahun lamanya, namun Diego Maradona masih bisa 'membuat' rekor mencengangkan.

Baca Juga

Dalam sebuah pelelangan, jersey asli mendiang legenda besar sepak bola Argentina itu sukses menjadi memorabilia olahraga termahal sepanjang sejarah.

Seragam Maradona terjual seharga 7,142,500 Pounds atau sekitar 129 miliar rupiah pada Rabu (04/05/22) lalu setelah ditawarkan untuk umum sejak medio April 2022 lalu.

Rekor memorabilia olahraga termahal yang dijual melalui proses lelang sebelumnya dipegang oleh jersey atlet bisbol, Babe Ruth, berlogo New York Yankees yang pada 2019 silam menghasillkan 5,6 juta Dollar Amerika Serikat atau 80 miliar Rupiah.

Baca Juga

Tingginya harga kaus Diego Maradona yang satu ini terbilang wajar karena nilai sejarah dan keunikan tiada dua.

Jersey tersebut Maradona kenakan saat mencetak gol kontroversial berbau handball di partai perempat-final Piala Dunia 1986 antara Argentina vs Inggris yang dijukuki Gol Tangan Tuhan.

Seusai pertandingan, Diego Maradona menukarkan seragamnya dengan milik gelandang Inggris yakni Steve Hodge.

Baca Juga

Hodge pada mulanya enggan untuk menjual kenang-kenangan tak ternilai tersebut bahkan setelah Maradona berpulang pada November 2020 lalu namun sepertinya ia berubah pikiran.

Selain jersey Maradona, terdapat beberapa memorabilia sepak bola yang ditebus dengan harga tak masuk akal di sebuah pelelangan. Apa saja memorabilia itu?


1. 5 Memorabilia Sepak Bola dengan Harga Tak Masuk Akal

Trofi Piala FA, salah satu kompetisi bergengsi sepak bola di Inggris

1. Buku Aturan Sepak Bola

Buku aturan sepak bola menjadi salah satu memorabilia termahal dalam sejarah sepak bola. Buku ini laku di pelelangan dengan harga 881.250 poundsterling atau Rp15,7 miliar pada kurs saat ini.

Buku tersebut datang dari Sheffield FC, yang diketahui sebagai klub pertama di dunia pada tahun 1857 silam.

Baca Juga

Sebelum hadirnya buku tersebut, sepak bola dimainkan tanpa aturan. Hadirnya aturan seperti tendangan bebas, sepak pojok, dan penggunaan mistar gawang di buku ini pun menjadi titik awal perubahan sepak bola hingga saat ini.

2. Trofi Piala FA

Trofi Piala FA juga pernah dilelang dalam sebuah acara dan laku dengan harga 759.062 poundsterling atau Rp13,5 miliar di kurs saat ini.

Adapun trofi Piala FA yang dilelang adalah trofi edisi kedua tahun 2005 yang sebelumnya selalu berpindah tangan sejak 1986 hingga 1910. Trofi ini pertama kali didapatkan oleh Sheffield Wednesday dan selalu berpindah tempat hingga ke Sheffield United.

Baca Juga

Trofi ini sendiri sebelumnya dimiliki oleh David Gold, pemilik West Ham pada 2020 lalu. Ia membelinya pada 2005 silam dari keluarga mantan Presiden FA, Lord Kinnaird.


2. 5 Memorabilia Sepak Bola dengan Harga Tak Masuk Akal

Kapten Inggris, Bobby Moore, mencium trofi Piala Dunia usai mengalahkan Jerman Barat di final, 30 Juli 1966.

3. Replika Trofi Piala Dunia Jules Rimet

Trofi Piala Dunia memiliki sejarah panjang. Trofi ini pernah disimpan di kotak sepatu, dicuri pada dekade 60-an dan dicuri kembali pada dekade 80-an.

Sejak pencurian di dekade 80 an itu, trofi asli Jules Rimet tak pernah ditemukan. Hingga akhirnya pada tahun 1997, FIFA menebus trofi Piala Dunia itu di sebuah acara lelang dengan harga 254.500 poundsterling atau Rp4,5 miliar kurs saat ini.

Ternyata, trofi yang ditebus FIFA itu trofi replika dan bukanlah trofi asli Jules Rimet. Trofi replika itu merupakan buatan FA dan masih tersimpan rapi di National Football Museum di Manchester.

Baca Juga

4. Medali Piala Dunia

Medali juara biasanya menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan dan tak akan dilepas oleh pemiliknya. Namun hal ini berbeda dengan apa yang dilakukan Alan Ball.

Alan Ball yang merupakan bagian dari Timnas Inggris pada saat menjuarai Piala Dunia 1966, memilih menjual medali juaranya dengan harga 164.800 poundsterling atau Rp2,9 miliar di kurs saat ini.

Ia menjual medalinya pada 2005 demi anak-anaknya dan cucunya. Baginya medali juara tak memiliki arti apa-apa, karena kenangan menjuarai Piala Dunia masih ia simpan di ingatannya hingga ajal menjemputnya pada 2007.

Baca Juga

5. Jersey Sir Geoff Hurst

Sir Geoff Hurst bisa dikatakan sebagai pahlawan Timnas Inggris kala menjuarai Piala Dunia 1996. Ia mampu mencetak Hattrick dan membawa The Three Lions mengandaskan Jerman Barat di final Piala Dunia 1996.

Pada tahun 2000, Sir Geoff Hurst memilih menjual jersey yang ia pakai saat mencetak Hattrick di final Piala Dunia 1996 dengan harga 91.750 poundsterling atau Rp1,64 miliar di kurs saat ini.

Ia memilih menjualnya karena dirinya takut jersey itu akan dicuri oleh seseorang dari rumahnya. Terlebih usianya saat itu terbilang senja.

Piala DuniaDiego MaradonaPiala FAJerseyTrofi Jules RimetSepak BolaBerita Transfer

Berita Terkini