x

Park Hang-seo Kurang Puas Meski Pesta Gol ke Gawang Timnas U-23, Ada Apa?

Sabtu, 7 Mei 2022 10:25 WIB
Penulis: Dwiana Restu Beniartha | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo melakukan sesi uji lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

INDOSPORT.COM - Vietnam sukses menggilas timnas Indonesia tiga gol tanpa balas dalam laga pembuka SEA Games 2021. Publik setempat pun terlihat sangat bahagia dengan hasil tersebut.

Aneh bin ajaib, Park Hang-seo malah bersikap sebaliknya. Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengaku tak puas melihat performa anak asuhnya karena menyia-nyiakan beberapa peluang.

Baca Juga

Pelatih yang terkenal ekspresif tersebut juga mengungkapkan bahwa beberapa pemain terlihat kurang tenng. Dia tak lupa menyoroti banyaknya kesalahan yang masih dilakukan oleh anak asuhnya.

Namun, Park Hang-seo tetap memuji usaha keras Vietnam untuk memenangi pertandingan. Dia mengungkapkan sebuah rahasia mengapa timnya sukses menekuk tim Garuda.

"Pertandingan pembukaan selalu sulit tetapi para pemain Vietnam telah berusaha," kata Park dalam konferensi pers setelah pertandingan.

"Semua itu terbayar dengan hasil yang layak. Ada banyak pertandingan di depan dan kami akan mencoba untuk mendapatkan hasil terbaik," cetusnya.

Baca Juga

"Setelah 60 menit, saya melihat para pemain Indonesia kelelahan. Saat turun minum, saya meminta para pemain untuk terus menekan lawan. Saya juga membuat beberapa penyesuaian dan Vietnam berhasil." tambah Park Hang-seo.

Timnas Indonesia U-23 memang terlihat kecolongan pada babak kedua. Pasukan Shin Tae-yong terlihat kehilangan konsentrasi setelahturun minum.

Tim Merah Putih kebobolan pada menit ke-54. Umpan Nam Manh Dung mampu diselesaikan oleh Tien Linh untuk menjebol gawang Adi Satrio.

Baca Juga

Setelah itu Vietnam menambah keunggulan pada menit ke-73. Dung Do Hung memaksimalkan umpan dari Tien Linh untuk menyarangkan bola ke gawang Indonesia, 2-0 untuk Vietnam.

Mala petaka Indonesia kembali hadir saat umpan Le Van Do salah diantisipasi Fachrudin Aryanto, sekaligus mengecoh Adi Satrio, hingga masuk ke gawang.


1. Keluhkan Wasit dan Fasilitas Latihan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Timnas Indonesia harus menerima kenyataan pahit, setelah dijungkalkan oleh tuan rumah Vietnam dengan skor cukup telak 3-0.

Sebenarnya pasukan Garuda mampu menahan gempuran Vietnam dan bermain cukup baik pada paruh pertama pertandingan.

Baca Juga

Namun, setelah babak kedua timnas Indonesia benar-benar kehilangan fokus bermain. Pelatih Shin Te-yong lantas memberikan beberapa respon terkait penampilan anak asuhnya.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga menyalahkan beberapa faktor yang membuat timnya terlihat tak optimal di pertandinga pembuka SEA Games 2021 cabang sepak bola.

"Saya tidak punya banyak hal untuk dikatakan. Selamat Vietnam. Namun, ada tiga permainan offside dalam pertandingan ini dan wasit tidak menaikkan bendera. Sungguh mempengaruhi dan membuat kami kehilangan permainan," kata Shin.

Baca Juga

"Vietnam juga harus bermain di kandang, sementara kami harus berlatih di lapangan yang terlihat seperti sekolah dasar, sehingga kualitas gaya bermain kami menurun. Tapi saya percaya dengan pemain saat ini, Indonesia bisa melangkah lebih jauh." imbuhnya.

Seperti diketahui, STY terlihat kesal dengan kualitas lapangan yang disediakan. Ia menilai lapangan latihan anak asuhnya tak bagus sehingga tak bisa mengimplementasikan sepak bola modern.

Garis lapangan juga tidak memenuhi standar yang sudah ditetapkan. Pada akhirnya dua sesi latihan timnas Indonesia U-23 pada Rabu dan Kamis (4-5 Mei 2022) menjadi tidak maksimal.

Baca Juga

Timnas Indonesia harus segera melupakan kekalahan menyakitkan atas Vietnam dan menatap pertandingan selanjutnya kontra Timor Leste pada Selasa (10/5/22) mendatang.

Sementara tuan rumah Vietnam akan berhadapan dengan Filipina pada hari minggu esok. Park Hang-seo pun akan memaksimalkan persiapan guna membabat Filipina.


2. Tayangan SEA Games 2021

Logo Sea Games Vietnam.

Pesta akbar olahraga se-Asia Tenggara atau yang biasa dikenal dengan SEA Games, akan digelar untuk ke-31 nya pada tahun ini. 

Kali ini, Vietnam yang menjadi tuan rumah dan dilangsungkan pada 6-23 Mei 2022. SEA Games 2021 akan disiarkan langsung di RCTI, MNCTV, dan iNews, atau juga bisa disaksikan streaming via Vision+ dan RCTI+.

Rencananya, pesta pembukaan dan penutupan SEA Games 2021 digelar di My Dinh National Stadium. Kedua acara tersebut bakal dipimpin langsung oleh Perdana Menteri Vietnam, Pham Min Chinh.

Ajang multicabang yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini melibatkan 11 negara Asia Tenggara yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, Indonesia, Laos, dan Timor Leste.

Ke-11 negara tersebut siap bersaing memperebutkan medali terbanyak khususnya medali emas dalam 40 cabang olahraga yang dipertandingkan seperti sepak bola, bulutangkis, pencak silat, voli, futsal, renang, atletik, panahan, senam dan masih banyak lagi.

Baca selengkapnya: Ingin Nonton SEA Games 2021? Saksikan Siaran Langsungnya di RCTI dan MNC Group

VietnamTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalPark Hang SeoBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini