x

SEA Games 2021: Bobol Gawang Indonesia, Bintang Vietnam Sebut 'Borok' Timnas U-23

Sabtu, 7 Mei 2022 10:58 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Bintang sepak bola Vietnam, Nguyen Tien Linh, menyentil kelemahan Timnas Indonesia yang baru ditekuk 3-0 pada laga perdana penyisihan Grup A SEA Games 2021.

INDOSPORT.COM – Bintang sepak bola Vietnam,  Nguyen Tien  Linh, menyentil kelemahan timnas Indonesia yang baru ditekuk 3-0 pada laga perdana penyisihan Grup A SEA Games 2021.

Sebagaimana diketahui, pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2021, bergulir di Hanoi, Vietnam, pada 12-23 Mei 2022.

Baca Juga

Kurang lebih ada 40 cabor yang dipertandingkan,  termasuk sepak bola. Sebagai cabor favorit, sepak bola diikuti oleh 10 negara yang dibagi ke dalam dua grup.

Nantinya, hanya ada dua negara terbaik dari masing-masing grup yang berhak lolos keempat besar cabor sepak bola SEA Games 2021.

Di Grup A, dihuni oleh negara-negara kuat seperti Vietnam, Indonesia, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Sedangkan Grup B dihuni oleh Thailand, Malaysia, Kamboja, Singapura, dan Laos.

Baca Juga

Salah satu pertandingan pertama yang menarik adalah duel Grup A antara Indonesia vs Vietnam di Stadion Viet Tri, Pho To, pada Jumat (6/5/22).

Sepanjang pertandingan sepak bola SEA Games 2021, pasukan Shin Tae-yong yang baru menyabet gelar Piala AFF 2020, justru lebih banyak tampil bertahan dan tertekan.

Makin nahas bagi Indonesia ketika bintang emas Vietnam, Nguyen Tien Linh, berhasil memecah kebuntuan The Golden Star pada menit ke-54.

Baca Juga

Setidaknya, sejak gol tercipta dari kaki Nguyen Tien Linh, pasukan Park Hang-seo kian terbakar semangat. Terbukti Do Hung Dung dan Le Van Do berhasil menggandakan keunggulan Vietnam.

Merasa jadi inspirator bagi terciptanya tiga gol Vietnam, Ngiyen Tien Linh mengaku bangga dengan capaian itu.  Pemain kelahiran 20 Oktober 1997 itu bahkan ungkap kebanggaannya yang luar biasa.


1. Singgung Kelemahan Indonesia

Penggawa timnas sepak bola Vietnam, Nguyen Tien Linh, sentil kelemahan Indonesia di pertandingan pertama SEA Games 2021.

Nguyen Tien Linh mengaku sangat bangga membawa timnas Vietnam bisa mengalahkan Indonesia di pertandingan pertama SEA Games 2021.

“Pertandingan pembuka yang sangat baik. Kami bisa meraih hasil positif,” ucap Nguyen Tien Linh melansir laman Bao Dien tu Chinh.

Baca Juga

Dalam pernyataannya, anak emas pelatih Park Hang-seo tersebut juga mengaku bahwa timnya sudah mengaku sudah mempelajari kelemahan timnas sepak bola Indonesia.

Setidaknya karena bekal itulah, Nguyen Tien Linh dan teman-temannya percaya diri saat menghadapi Indonesia di pertandingan pertama fase grup SEA Games 2021.

“Selama ini kami mempelajari permainan lawan dan hari kami fokus kepada titik lemah di skuat mereka (Indonesia),” lanjut Nguyen Tien Linh.

Baca Juga

Meski demikian, sebagai salah satu penggawa andalan, Nguyen Tien Linh berharap bahwa dia dan teman-temannya tidak akan mudah puas dengan satu kemenangan.

Selajutnya, Nguyen Tien Linh berharap agar timnas Vietnam bisa menuntas kemenangan lain di laga SEA Games 2021 berikutnya.

“Kemenangan sangat berarti di laga ini. Saya berharap bahwa performa kami bisa lebih baik dan kemenangan juga kembali bisa kami raih pada laga berikutnya,” harap Nguyen Tien Linh.

Baca Juga

Dengan kemenangan atas Indonesia, maka Vietnam untuk sementara menghuni peringkat kedua klasemen Grup A SEA Games 2021. Mereka hanya kalah gol dari Filipina di posisi puncak.

Sementara, Indonesia ada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A. Selanjutnya, Vietnam akan berjumpa Filipina pada Minggu (08/05/22), dan Indonesia jumpa Timor Leste pada Selasa (10/05/22).


2. Jadwal Sepak Bola SEA Games 2021

Jadwal Timnas Indonesia di cabor sepak bola SEA Games 2021.

Indonesia sendiri mengirimkan 20 pesepak bola untuk membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Dari jumlah itu, 3 di antaranya merupakan pemain senior yakni Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Fachruddin Aryanto.

Selain itu, ada pula empat pemain yang saat ini berkarier di luar negeri yakni Elkan Baggott (Ipswich Town), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), dan Egy Maulana serta Witan Sulaeman (keduanya FK Senica).

Timnas Indonesia U-23 sendiri diharapkan mampu merebut medali emas cabang sepak bola, setelah terakhir kali melakukannya pada tahun 1991 lalu.

Elkan Baggott dkk mengawali perjalanan dengan menghadapi Nguyen Tien Linh dkk dari Vietnam . Kemudian diikuti Timor Leste, Filipina, dan terakhir Myanmar.

Baca selengkapnya: Jadwal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021: Langsung Jumpa Vietnam

 

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini