x

Sambut Musim Baru Liga 1, PSS Sleman hingga Persebaya Surabaya Curi Star Latihan

Selasa, 10 Mei 2022 21:03 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Latihan perdana Borneo FC, Senin (09/05/22). Sumber: Foto: PT LIB

INDOSPORT.COM - Jelang Liga 1 musim 2022-2023 awal Juni mendatang, sejumlah klub Liga 1 telah mencuri star latihan mulai dari PSS Sleman hingga Persebaya Surabaya.

Persiapan beberapa kontestan Liga 1 musim ini ternyata mulai terlihat. Setidaknya ada tujuh klub yang telah memulai aktivitas latihan mereka mulai awal bulan ini.

Baca Juga

Dua klub promosi, Rans Cilegon dan Dewa United terlihat serius menyambut perhelatan liga Indonesia musim ini. Kedua tim itu bahkan termasuk tim-tim Liga 1 yang memulai latihan lebih dulu.

Klub milik artis ibu kota, Rafi Ahmad yang saat ini di bawah asuhan Rahmad Darmawan bahkan menjadi klub pertama Liga 1 yang masuk 'kerja' lebih awal. Mereka memulai latihan pada Sabtu (07/05/22) pagi.

Dalam latihan perdana mereka, terlihat sejumlah pemain telah ikut bergabung. Seperti eks PSS Sleman, Muhammad Zamzani dan Cristian Gonzalez hingga penggawa beberapa penggawa baru The Phoenix.

Baca Juga

Selain itu ada juga Dewa United yang terlihat sudah melakukan sesi latihan pada hari Senin. Seluruh tim dan ofisial Dewa United terbang ke Bali. Sejumlah pemain telah ikut serta, termasuk eks Bhayangkara FC, Rangga Muslim.

Empat tim lainya, merupakan kontestan lama Liga 1 yang secara serentak memulai sesi latihan mereka mulai Minggu ini. Sebut saja Persebaya Surabaya, Arema FC, Borneo FC hingga PSS Sleman.

Dalam sesi latihan perdana setelah libur Puasa dan Lebaran, kebanyakan tim tentu akan menyoroti kondisi fisik pemain yang cenderung turun setelah kembali dari masa liburan.

Baca Juga

Hal inilah yang menjadi sorotan utama pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Sebagaian besar pemain dianggap tak melakukan latihan rutin lebih dari 30 hari membuat kondisi para pemain sangat buruk.

"Ya pasti kondisi tidak ideal, karena tidak ada latihan selama bulan puasa. Latihan mandiri juga hanya untuk menjaga kondisi, tapi itu normal," jelasnya dilansir dari website resmi Persebaya.


1. Mulai Genjot Fisik Pemain

Latihan perdana PSS Sleman di Lapangan Yogyakarta Independent School (YIS).

Selain itu, Aji Santoso juga mengatakan jika dalam Minggu pertama ini beban latihan tak langsung 100%. Latihan akan berjalan bertahap karena pemain sudah lama tak melakukan kegiatan fisik berat.

"Saya juga sampaikan mereka tidak terlalu full dulu, karena mereka sudah lama gak latihan, kondisi otot belum siap. Latihan Minggu ini akan banyak dua kali, dipadukan dengan fitness," pungkas Aji Santoso.

Baca Juga

Selian Persebaya Surabaya, klub asal Daerah Istimewa Yogyakarta, PSS Sleman juga kedapatan memulai sesi latihan perdana pada hari Senin kemarin. Tentu dengan sejumlah wajah baru termasuk adanya Seto Nurdiyantoro.

Dalam sesi latihan yang berlangsung di lapangan Yogyakarta Internasional School, pada Senin (09/05/22) sore terlihat pemain baru PSS Sleman. Mulai dari Hambali Tolib hingga Fandi Eko Utomo.

Latihan perdana Super Elang Jawa pagi itu juga digunakan PSS Sleman sebagai ajang pengenalan dua sosok baru di manajemen PT PSS. Mereka yakni Dewanto yang merupakan kepanjangan keluarga Bardi.

Baca Juga

Sebagai informasi, keluarga Bardi merupakan 'penguasa' Elang Jawa sejak kali pertama klub ini berdiri pada tahun 1976 lalu. Mereka merupakan sosok utama yang selama ini mendukung perkembangan sepak bola Sleman.

Selain itu ada sosok legendaris untuk suporter PSS Sleman yang kini menjabat Manajer Operasional Tim yang sebelumnya di jabat M.Eksan, dia adalah Agus 'Grandong' Purwoko.

Dalam latihan perdana, Seto mengatakan bahwa secara keseluruhan berjalan dengan baik. Dia juga menambahkan bahwa pada sesi latihan ini dia tak terlalu memforsir latihan ke pemain.

Baca Juga

Latihan perdana hari ini berjalan baik, namun hanya ada 14 pemain yang ikut latihan tadi. Ada beberapa pemain yang sudah izin untuk tidak hadir dan butuh 2-3 hari kedepan untuk lengkap," ungkap Seto Nurdiyantoro.

"Untuk sore ini kami hanya melakukan aktivitas ringan. Harapanya kondisi pemain tak terlalu turun dan mungkin dari pelatih fisik hanya ingin melihat sejauh apa kondisi pemain," tambahnya dilansir dari website resmi klub.


2. Todd Rivaldo Ferre Segera Gabung ke PSS Sleman

Todd Rivaldo Ferre

Gelandang serang Timnas Indonesia dan Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre hari ini membuat kehebohan di media sosial karena kabar kepindahannya ke klub lain.

Kabar ini tentu cukup mengejutkan pasalnya konon selama ini Todd Ferre tak pernah menggubris tawaran klub lain di Indonesia. Hubungannya dengan Persipura Jayapura seperti tak bisa dipisahkan.

Setelah tampil memukau di ajang Piala Asia 2018, Todd Ferre merupakan komoditas panas ketika itu. Bahkan Rivaldo sempat dikaitkan dengan beberapa klub luar negeri.

Hingga akhirnya pemain belia itu sempat mencicipi atmosfer sepak bola negeri Gajah Putih bersama klub Thailand yang bermain di divisi kedua Liga Thailand, Lampang FC selama satu musim.

Berselang satu tahun, ia justru kembali bermain di Indonesia, tentu saja bersama Persipura Jayapura. Melansir la

Baca selengkapnya: Masih Disanksi PSSI, Todd Rivaldo Ferre Susul Marckho Sandy ke Yogyakarta, Gabung PSS Sleman?

Persebaya SurabayaPSS SlemanRans Nusantara FCBorneo FCLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1Dewa United FCLiga 1 2022-2023

Berita Terkini