x

Liga 1 Musim Depan Pakai Home-Away, Begini Tanggapan Kapten Asing Borneo FC

Selasa, 17 Mei 2022 19:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Kapten Borneo FC, Javlon Guseynov, bertekad bawa Pesut Etam raih prestasi , minimal tampil lebih baik di Liga 1 2022/23 dengan sistem home-away.

INDOSPORT.COM - Kapten Borneo FC, Javlon Guseynov, bertekad bawa Pesut Etam raih prestasi , minimal tampil lebih baik di Liga 1 2022/23. Dia cukup optimistis karena manajemen tetap pertahankan sebagian besar penggawa tim.

Liga 1 2022 dipastikan kembali normal atau memakai sistem home-away. Artinya klub bisa bermain kembali di kandang dan mendapat dukungan langsung dari para suporter.

Hal tersebut membuat Javlon makin optimistis Borneo FC bisa jadi kuda hitam di Liga 1. Ditambah tim baru datangkan sejumlah nama berkelas seperti Stefano Lilipaly, Misbakus Solikin, dan lainnya.

Baca Juga

"Dengan komposisi sekarang, saya juga percaya tim ini bisa lebih dari apa yang dicapai musim lalu, apalagi kami bisa bermain di kandang sendiri nantinya," kata Javlon. 

Javlon kini sudah berada di Samarinda, Kalimantan Timur, setelah habiskan masa libur di negara asalnya, Uzbekistan. 

Bek 30 tahun itu fokus kembalikan kondisi fisiknya usai menghabiskan Ramadan dan Lebaran bersama keluarganya. Javlon juga harus kembali beradaptasi dengan adanya pelatih baru dan rekan-rekannya.

Baca Juga

"Senang bisa kembali lagi ke Samarinda, bagi saya ini adalah rumah kedua karena dari sebelum menikah, menikah dan sampai punya anak saya tinggal disini," ujar pemilik nomor 19 di Borneo FC itu.

Selain Javlon Guseynov yang telah bergabung, dua nama lain yakni Jonathan Bustos dan Leo Guntara juga melengkapi skuat asuhan Milomir Seslija. Hal ini memudahkan juru taktik Bosnia untuk menyatukan visi dan sistem permainan seperti yang diinginkan

Ketiga pemain itu pun diminta mengejar ketertinggalan, terutama untuk menyamakan fisik. Pasalnya rekan-rekannya yang sudah lebih dulu berlatih.

Baca Juga

"Sekarang tinggal menyamanakan fisik mereka, karena dalam seminggu terakhir kemarin kita memberi menu ke pemain fisik," tutur asisten pelatih Borneo FC, Ahmad Amiruddin.


1. Datangkan 8 Pemain

Selebrasi Stefano Lilipaly bersama Eber Bessa merayakan gol ke gawang Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 2021/2022.

Asa untuk bisa mencapai hasil lebih baik dari musim lalu, jadi impian semua elemen di Borneo FC. Manajemen menginginkan tim Kota Tepian mampu bersaing di perebutan juara.

Musim lalu, Borneo FC tempati peringkat enam klasemen akhir Liga 1. Pesut Etam terpaut 23 poin dari Bali United yang jadi juara.

Baca Juga

Untuk tambah kekuatan musim depan, Borneo FC datangkan delapan nama yakni Stefano Lilipaly, Shahar Ginanjar, Misbakus Solikin, Matheus Pato, Ahmad Nur Hardianto, Muhammad Taufany, Diego Michiels dan Agung Parestyo.

Gelandang anyar Borneo FC, Stefano Lilipaly mengaku sudah cukup lama berkomunikasi sebelum memutuskan ke klub Kota Samarinda. Dia punya hubungan baik dengan presiden klub, Nabil Husein.

Lilipaly menandatangani kontrak selama dua musim di Borneo FC. Dia mau terima tawaran Pesut Etam karena ingin ciptakan sejarah bersama klub tersebut.

Baca Juga

"Kami sudah saling mengenal cukup lama dan beberapa kali juga bertemu. Dia (Nabil Husein) juga yang mengajak saya untuk bergabung di Borneo," kata Lilipaly soal transfer ke Borneo FC. 

"Saya harap bisa membuat momen bagus bersama," ujarnya.

Stefano Lilipaly bertekad tampil lebih baik secara individu dibanding musim lalu ketika di Bali United. Di Liga 1 2021, dia bermain 30 laga dengan catatan enam gol. 

Pemain naturalisasi itu punya target membantu Borneo FC finish di posisi tiga besar klasemen akhir. 

Baca Juga

"Lebih baik dari sebelumnya. Saya berharap bisa membantu klub untuk meningkatkan peringkat, minimal di 3 besar," ucap Fano, sapaan akrabnya. 

"Saya harap kami (dengan suporter) bisa membuat momen dan merayakan sepak bola bersama," pungkasnya.


2. Negosiasi Alot

Selebrasi gol Stefano Lilipaly di laga Persib Bandung vs Bali United

Stefano Lilipaly didatangkan dengan status free transfer usai tak perpanjang kontrak setelah membawa Bali United juara Liga 1 2021/2022.

Dia jadi rekrutan kedelapan Borneo FC yang juga menandai berakhirnya aktivitas transfer tim untuk Liga 1 musim mendatang.

Di balik transfer megah tersebut, Presiden Borneo FC, Nabil Husein mengakui tidak mudah 'membajak' Lilipaly. Negosiasi disebut berjalan alot sejak jauh hari.

"Negonya alot. Tapi syukurlah sudah sampai di sini dia (Lilipaly)," kata Nabil.

"Kontraknya Lilipaly sama Bali United tidak diperpanjang, kurang tahu bagaimana ceritanya," katanya soal perekrutan Stefano Lilipaly oleh klub Liga 1, Borneo FC. 

Baca Selengkapnya: Liga 1: Stefano Lilipaly Ungkap Alasan dan Target Tinggi Usai Gabung Borneo FC

Borneo FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Javlon Guseynov

Berita Terkini