x

3 Pelatih Asing yang Bawa Timnas Indonesia ke Final SEA Games, Polosin Paling Mentereng!

Jumat, 20 Mei 2022 14:24 WIB
Editor: Subhan Wirawan
3 Pelatih Asing yang Bawa Timnas Indonesia ke Final SEA Games, Polosin Paling Mentereng!

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pelatih asing yang mampu membawa Timnas Indonesia ke babak final SEA Games sepanjang sejarah. Nama Antonio Polosin jadi yang paling mentereng berkat prestasinya.

Sosok pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kini jadi sorotan para pecinta sepak bola Tanah Air usai gagal membawa skuat Garuda lolos ke babak final SEA Games 2021.

Baca Juga

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke partai final SEA Games 2021 karena kalah 0-1 dari Thailand di semifinal yang berlangsung pada Kamis (19/5/2022) malam WIB.

Timnas Indonesia U-23 bermain menekan sejak menit awal babak pertama dengan mengandalkan trio Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman dan Irfan Jauhari.

Akan tetapi, kuatnya lini pertahanan Thailand membuat pasukan Shin Tae-yong selalu gagal mengkonversi sejumlah peluang.

Baca Juga

Skor imbang 0-0 di waktu normal membuat pertandingan harus dilanjutkan melalui babak perpanjangan waktu dua kali 15 menit.

Apes bagi Timnas Indonesia U-23 karena Thailand akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-94 lewat tembakan keras dari Weerathep Pomphun yang gagal dihalau oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Bagi Timnas Indonesia U-23, ini merupakan kali kedelapan buat skuat Garuda Muda gagal melangkah ke final SEA Games, setelah sebelumnya juga terjadi pada tahun 2001, 2003, 2005, 2007, 2009, 2015 serta 2017.

Baca Juga

Sementara buat Shin Tae-yong, kegagalan ini membuat dirinya kembali kehilangan kesempatan memberikan gelar juara buat Timnas Indonesia, setelah sebelumnya juga gagal di gelaran Piala AFF.

Dalam sejarah SEA Games, Timnas Indonesia sejatinya sudah beberapa kali lolos ke final, bahkan di edisi terakhir yakni di tahun 2019 kemarin, tim Merah Putih hampir menjadi juara andai tidak dikalahkan Vietnam di partai puncak.

Sebelum era Shin Tae-yong, sejatinya ada beberapa pelatih asing yang memimpin Timnas Indonesia dan sukses membawa skuad Garuda melangkah ke final SEA Games bahkan meraih medali emas.

Lantas siapa sajakah para pelatih berprestasi tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Henk Wullems

Laga antara Timnas U-23 vs Thailand di laga SEA Game Vietnam 2021. Foto: PSSI

Nama pertama adalah Henk Wullems. Pelatih asal Belanda tersebut merupakan mantan juru latih Timnas Indonesia pada era 90-an.

Sebelum melatih Timnas Indonesia, Henk Wullems lebih dulu bersinar saat menukangi klub Bandung Raya pada musim 1995–1996.

Baca Juga

Bersama Bandung Raya, Henk Wullems mampu membawa klub tersebut juara Liga Dunhill usai mengalahkan PSM dengan skor 0–2 di partai final.

Sukses bersama Bandung Raya, tangan dingin Henk Wullems juga berlanjut saat menukangi Timnas Indonesia di tahun 1996 hingga 1997.

Pencapaian terbaiknya adalah membawa Timnas Indonesia menjadi runner up SEA Games tahun 1997. Di partai final, Timnas Indonesia dikalahkan Thailand melalui babak adu penalti.

Baca Juga

Anatoli Polosin
Berikutnya ada Anatoli Polosin. Pelatih Rusia ini bisa dibilang sebagai salah satu pelatih asing tersukses dan terbaik yang pernah menangani Timnas Indonesia.

Meski dikenal dan dikritik akan gaya kerasnya dalam menempa stamina para pemain, namun hasil positif yang dihasilkan Timnas Indonesia membuat nama Anatoli Polosin tetap melegenda sampai sekarang.

Berbekal gelar juara Soviet First League yang ia raih saat melatih SC Tavriya Simferopol dan FC Chornomorets Odesa, sosok Anatoli Polosin langsung mendapat target tinggi untuk melanjutkan prestasi Timnas Indonesia setelah era Bertje Matulapelwa.

Baca Juga

Selama tiga tahun memperkuat Timnas Indonesia, Anatoli Polosin mampu membawa skuat Garuda meraih runner up Piala Kemerdekaan 1988, medali perunggu SEA Games 1989, serta yang paling mentereng emas SEA Games 1991.

Pada partai final, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Thailand melalui drama adu penalti usai imbang 0-0 selama waktu normal dan perpanjangan.


2. Frans van Balkom

Laga antara Timnas U-23 vs Thailand di laga SEA Game Vietnam 2021. Foto: PSSI

Terakhir adalah Frans van Balkom. Satu lagi pelatih asal Belanda yang cukup mentereng saat melatih Timnas Indonesia, meski masa jabatannya tidak terlalu lama bersama skuat Garuda.

Frans van Balkom dikontrak selama satu musim pada tahun 1987. Pelatih kelahiran Kerkrade tersebut didatangkan PSSI dari klub kontestan Galatama, NIAC Mitra.

Baca Juga

Meski singkat, namun Frans van Balkom berhasil membawa Timnas Indonesia meraih medali perak SEA Games pada tahun 1979. Di partai final, Timnas Indonesia kalah melawan Malaysia dengan skor 0-1.

SEA GamesTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIABerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini