x

Liga 1: Puasnya Pelatih Persik Kediri Menangkan Perburuan Eks Kapten Persipura

Jumat, 20 Mei 2022 19:49 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Persik Kediri, Javier Roca, tampak puas pascasukses memenangi perebutan Yohanes Ferinando Pahabol dalam strategi transfernya jelang Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persik Kediri, Javier Roca, tampak puas pascasukses memenangi perebutan Yohanes Ferinando Pahabol dalam strategi transfernya jelang Liga 1.

Kualitas serta pengalaman yang dimiliki Feri Pahabol sudah pasti memancing minat sejumlah klub yang berkompetisi di Liga 1.

Baca Juga

Tak ayal, Tim Macan Putih seolah mendapat durian runtuh dengan bergabungnya kapten tim Persipura musim lalu tersebut.

"Saya pikir, pelatih di Indonesia juga akan senang jika memiliki pemain seperti (Feri) Pahabol," tutur Javier Roca pada Jumat (20/05/22).

Tipikal permainan penuh skill memang identik dengan winger kelahiran Papua, berusia 30 tahun itu. Pada Liga 1 musim lalu, Feri Pahabol menyarangkan 9 gol dan 5 assist sepanjang 31 kali tampil.

Baca Juga

"Saya pikir, Pahabol bisa membantu tim ini dan secepatnya bisa beradaptasi," ujar Roca.

"Kecepatan serta naluri gol merupakan keunggulan dia yang akan sangat kita maksimalkan," tambah dia.

Bergabungnya Feri Pahabol bakal menambah daya serang Persik melalui sisi lapangan, setelah Faris Aditama, Jeam Kelly Sroyer, hingga Riyatno Abiyoso.

Berbuah Manis

Di sisi lain, bergabungnya Feri Pahabol membuat Persik Kediri sangat lega. Kesabaran Tim Macan Putih untuk menunggu eks qinger Persebaya Surabaya itu berbuah manis.

Baca Juga

"Tentu kita harus menghormati kontraknya dan setelah selesai, maka saya langsung merekrut nya," beber Javier Roca.
Kendati demikian, kesepakatan antara dia dengan sang pemain sudah terjalin cukup lama.

"Kami sudah komunikasi sejak kompetisi berjalan," pungkas pelatih kebangsaan Chile itu.


1. Ada Peran Arthur Irawan

Renan Silva dan Feri Pahabol

Yohanes Ferinando Pahabol memaparkan sejumlah alasan dibalik pilihan karirnya yang akhirnya jatuh kepada Persik Kediri.

Feri tanpa basa basi, langsung menyebut keberadaan Arthur Irawan punya andil penting atas keputusannya berlabuh ke Persik.

Baca Juga

"Saya berteman sangat baik dengan Arthur (Irawan)," beber Feri Pahabol saat diperkenalkan di Mess Persik, Jumat (20/05/22).

Rupanya, eks bek kanan yang berkiprah di Malaga dan Espanyol itu berandil penting saat ikut melobi Feri Pahabol. Tentu, selain Javier Roca yang juga sangat membutuhkan Pahabol dalam skema permainan tim.

Baca Juga

Dan dalam perjalanan kariernya, Feri Pahabol memang sempat satu tim bersama Arthur Irawan. Keduanya berkolaborasi saat mengenakan jersey Persebaya Surabaya di Liga 1 2018.

"Saya mau datang ke sini dan respek sama dia," tambah winger berusia 30 tahun tersebut. Feri Pahabol sendiri mendapat kontrak yang sangat bagus di skuad besutan Javier Roca.

Baca Juga

Dia akan membela Tim Macan Putih selama dua musim kompetisi sejak 2022 hingga 2024 mendatang. Seturut kemudian, Feri Pahabol juga menyatakan alasan lain di balik keputusan ke Persik.


2. Kelola Stadion Brawijaya Jangka Panjang

Para pemain Persik Kediri saat sesi latihan di Stadion Brawijaya. Foto: MO Persik

Klub Liga 1, Persik Kediri, berhasrat untuk mendapat hak pengelolaan maupun penggunaan Stadion Brawijaya, dalam jangka yang panjang. Keinginan itu sudah diutarakan manajemen klub kepada pihak pemilik aset stadion, yaitu Pemerintah Kota (pemkot) Kediri.

"Kami sudah berkirim surat dan menyampaikan rencana itu," ujar CEO Persik, Alif Sapto Nugroho. "Dan tanggapan dari pihak pemkot sejauh ini cukup bagus," katanya.

Dalam suratnya, Persik Kediri berkeinginan untuk mengelola Stadion Brawijaya dengan jangka panjang.

Hal itulah yang kemudian membuat kejelasan status Stadion Brawijaya untuk Persik Kediri belum diputuskan. Termasuk bagaimana nanti skema pengelolaan, durasi dan lain sebagainya.

"Ada pembicaraan soal sewa, kerja sama membangun," tukas figur asal Jakarta tersebut. "Jadi harus menyesuaikan undang-undang yang berlaku juga," 

Baca Selengkapnya: Sudah Izin Pemkot, Persik Kediri Ingin Kelola Jangka Panjang Stadion Brawijaya

Persik KediriFeri PahabolLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Javier Roca

Berita Terkini