x

Diperebutkan Klub Thailand dan Malaysia, Ini Alasan Yanto Basna Pilih Bhayangkara FC

Sabtu, 21 Mei 2022 20:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain asal Papua, Yanto Basna, hampir pasti jadi bagian Bhayangkara FC di Liga 1 2022/23.

INDOSPORT.COM - Pemain asal Papua, Yanto Basna, hampir pasti jadi bagian Bhayangkara FC di Liga 1 2022/23. Negoisasi kedua belah pihak sudah 80 persen. 

Hero Doom selaku agen dari Yanto Basna menjelaskan komunikasi dengan pihak Bhayangkara FC berjalan lancar. Mereka hanya tinggal tanda tangan kontrak secara resmi dan diumumkan ke publik. 

Baca Juga

Bhayangkara FC disebut tawaran kontrak dua musim untuk Yanto Basna. 

"Secara verbal sudah bisa dibilang di Bhayangkara. Ada kemungkinan dua musim," kata Hero melalui pesan singkat. 

Sebelum memutuskan terima pinangan Bhayangkara FC, Yanto Basna dikatakan dapat tawaran dari klub Thailand dan Malaysia. Namun, kesempatan tersebut untuk sementara dilewatkan.

Baca Juga

Bek 26 tahun itu memilih menjajal Liga Indonesia dulu, untuk kembalikan permainan terbaiknya. 

Yanto Basna coba tingkatkan lagi levelnya setelah sempat cedera cukup lama dan lewatkan banyak laga musim lalu di Liga Thailand. 

"Sebenarnya ada tawaran dari beberapa klub di sini juga (selain Bhayangkara FC), lalu di Thailand juga kemarin masih ada panggilan dan dari Malaysia juga ada panggil," tutur Hero.

Baca Juga

"Tapi kami pilih di Indonesia dulu karena sudah lama di luar. Lalu kemarin dia juga sempat cedera, jadi pulang dulu main di sini dulu satu musim, baru nanti kami lihat ke depannya. Semoga dapat negara dan klub yang lebih baik," katanya.


1. Sempat Dirumorkan ke Persib

Yanto Basna bersama klub barunya, PT Prachuap FC.

Yanto Basna memang berstatus bebas transfer setelah musim lalu bermain di Liga Thailand. Kontraknya tidak diperpanjang kontrak oleh PT Prachuap per 5 Januari 2022.

Sebelum berkomunikasi dengan Bhayangkara FC, bek serba bisa itu jadi incaran beberapa klub Liga 1 setelah mengisyaratkan ingin kembali berkarier di Indonesia. 

Baca Juga

Yanto Basna sempat dirumorkan akan kembali ke Persib Bandung. Ia juga disebut menjadi target Bali United, tapi semuanya tidak terbukti.

Eks pemain Mitra Kukar tersebut menghabiskan empat tahun di Liga Thailand sejak 2018 lalu. Yanto Basna membela tiga klub yakni Khon Kaen, Sukhothai dan PT Prachuap.

Baca Juga

Dia memainkan 57 pertandingan di Liga Thailand dan cetak lima gol. Yanto Basna terakhir kali bermain membela PT Prachuap FC pada 28 Maret 2021 lalu ketika kalah dengan skor tipis 0-1 dari Bangkok United.

Baca Juga

Eks Persib Bandung itu dilepas PT Prachuap karena lebih banyak habiskan waktu di ruang medis musim lalu karena cedera. 


2. Sudah Deal 80 Persen

Yanto Basna saat memperkuat Sukhothai FC.

Bek tangguh Yanto Basna hampir dipastikan merapat ke Bhayangkara FC untuk Liga 1 2022-2023. Proses negosiasi kedua belah pihak kabarnya sudah mencapai 80 persen. 

Agen Yanto Basna, Hero Doom, menjelaskan bahwa komunikasi berjalan lancar. Mereka hanya tinggal tanda tangan kontrak secara resmi dan diumumkan ke publik. 

Hero menyampaikan, ada tawaran kontrak dua musim dari Bhayangkara FC untuk Yanto Basna. Tapi, segala kemungkinan masih bisa terjadi.

"Secara verbal sudah bisa dibilang di Bhayangkara FC. Ada kemungkinan dua musim," kata Hero melalui pesan singkat, Selasa (17/5/22). 

"Tinggal tunggu legalnya secara resminya. Anggap saja sudah 80 persen.  Kami sudah bicara sama mereka (Bhayangkara FC) nanti tanda tangan baru fix," lanjutnya. 

Baca Selengkapnya: Agen Klaim Yanto Basna 80 Persen Gabung Bhayangkara FC, Deal 2 Musim?

Liga IndonesiaBhayangkara FCRudolof Yanto BasnaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini