x

Janji David Rumakiek untuk Bobotoh: Saya Bantu Persib Bandung Juara Liga 1!

Sabtu, 21 Mei 2022 20:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Persib Bandung, David Rumakiek, saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Janji David Rumakiek untuk Bobotoh. Pesepak bola muda asal Papua itu mengaku akan membantu skuat Persib Bandung untuk meraih juara Liga 1.

Sebagaimana diketahui, David Rumakiek adalah pemain muda potensial yang baru saja diboyong oleh manajemen Persib Bandung pada bursa transfer Liga 1 2022/23.

Baca Juga

Walau Persipura Jayapura harus degradasi, tapi potensi David Rumakiek harus tetap dijaga. Maka dari itu, Persib Bandung membuka tangan untuk sang pemain.

Perjalanan karier David Rumakiek memang tak bisa lepas dari Persipura. Tim Mutiara Hitam berperan penting dalam memoles David sejak debutnya di usia 16 tahun.

David Rumakiek mengaku awalnya hanya bermain bola asal-asalan saja di Jayapura, sampai akhirnya ada pelatih SSB Batik yang mengajarinya dari dasar-dasar sepak bola.

Baca Juga

Ketika ada turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang memiliki jenjang di level U-21, David Rumakiek coba peruntungan, walau usianya masih 16 tahun.

"Dulu kan ada TSC, Liga U-21, kebetulan saya masih 16 tahun, saya sudah main di tim U-21. Puji Tuhan saya dapat tempat utama juga di tim U-21 sama kakak-kakak senior."

Melihat potensi David Rumakiek, Persipura tak mau buang-buang waktu dan langsung memberi jatah debut pada pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut.

Baca Juga

"Waktu Persipura U-19 juara lawan Persib, saya juga di situ. Sampai saya di Persipura senior, ada beberapa kali bermain, terus ke Timnas U-19, AFC dan AFF," ungkap David.

"Saya di Timnas U-23 juga pernah, dan di Persipura senior dapat menit bermain, Puji Tuhan, dan akhirnya sekarang saya ada di Persib Bandung," ucap David di Tiento ID.


1. Sosok Henhen dan Bobotoh di Mata David

Pemain anyar Persib, Fitrul Dwi Rustapa (kanan) dan David Rumakiek saat pertemuan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (16/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Dalam perjalanan karier David Rumakiek, rupanya ada peran Persib Bandung sejak lama, lewat sosok kapten Henhen Herdiana.

David Runakiek mengaku pernah bertemu Henhen saat Persipura lolos delapan besar Indonesia Soccer Championship U-21 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Pertemuan yang terjadi di tahun 2016 itu meninggalkan kesan tersendiri bagi David.

Baca Juga

"Waktu itu, usia saya masih 16 tahun, tapi sudah ikut main di tim U-21 Persipura. Lalu kami menghadapi Persib dan kakak Henhen yang jadi kaptennya," kata David Rumakiek.

"Saat pertemuan kemarin, kami banyak berbicara dan saya senang beliau masih ingat saya. Semua orang di sini (Persib) sangat baik kepada saya," katanya.

Baca Juga

Sebagai balasan atas sambutan yang hangat itu, David Rumakiek berjanji pada manajemen Persib dan juga Bobotoh, jika ia akan memberikan yang terbaik untuk tim.

"Perasaan saya tentu senang sekali, karena Persib Bandung tim besar, dan suporternya, siapa yang tidak tahu Bobotoh," ungkapnya.

"Itu menjadi motivasi tinggi buat saya untuk menunjukkan bahwa di Persipura saya bisa, kenapa di sini (Persib) saya tidak bisa."

Baca Juga

Sedangkan untuk target, Davie Rumakiek mengaku akan bekerja keras semaksimal mungkin agar Persib Bandung juara Liga 1.

"Kalau target pribadi, bisa lebih banyak berkontribusi untuk tim, dan membantu tim untuk juara," pungkas David Rumakiek.


2. Sekilas Tentang David Rumakiek

Wonderkid Persipura, Todd Rivaldo Fere saat menjalani latihan bersama rekannya, David Kevin Rumakiek

David Rumakiek menjadi pemain asal Papua selanjutnya yang merapat ke skuad Persib Bandung, setelah Ricky Kambuaya terlebih dahulu diperkenalkan pada awal April lalu.

David Rumakiek didatangkan untuk mengisi posisi lini belakang, tepatnya diplot sebagai suksesor Ardi Idrus, yang memutuskan tidak melanjutkan kariernya bersama Persib.

Sekadar informasi, pemain kelahiran 18 Juli 1999 ini adalah pemain kidal yang memang biasa beroperasi di sektor kiri pertahanan.

Pada kompetisi Liga 1 2021-22 lalu, David Rumakiek tampil dalam 18 laga bersama Persipura Jayapura, dua di antaranya ia bertindak sebagai pemain cadangan.

Persib BandungPersipura JayapuraBobotohLiga IndonesiaLiga 1Henhen HerdianaDavid Kevin RumakiekBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini