x

Target Timnas Indonesia Meleset, Shin Tae-yong Janjikan Medali Emas SEA Games 2023

Rabu, 25 Mei 2022 13:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Shin Tae-yong menjanjikan medali emas di SEA Games edisi berikutnya setelah gagal membawa Timnas Indonesia U-23 memenuhi target di Vietnam beberapa waktu lalu.Foto: PSSI

INDOSPORT.COM – Shin Tae-yong menjanjikan medali emas di SEA Games edisi berikutnya setelah gagal membawa Timnas Indonesia U-23 memenuhi target di Vietnam beberapa waktu lalu.

Pasukan Garuda Muda besutan Shin Tae-yong tak bisa mewujudkan target PSSI dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Baca Juga

Pada SEA Games di Vietnam, Timnas U-23 hanya meraih medali perunggu. Ronaldo Kwateh dkk menang adu penalti 4-3 (1-1) atas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Hasil ini membuat Timnas U-23 gagal mengulangi capaian pada SEA Games 2019 yakni lolos ke final. Pasalnya, Tim Merah Putih dikalahkan Thailand dengan skor 1-0 di babak semifinal.

Usia pulang dari SEA Games 2021, Shin Tae-yong mengunggah beberapa foto momen saat dirinya dan Timnas U-23 tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Baca Juga

Shin Tae-yong dan anak didiknya tiba dengan disambung kalungan bunga. Beberapa pemain, seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman hingga Marselino Ferdinan menebar senyum saat sesi foto bersama.

Meski pulang dengan mempersembahkan medali perungggu, namun Shin Tae-yong nampaknya belum puas dengan pencapaian para penggawa Timnas Indonesia U-23 tersebut.

Lewat unggahan tersebut, juru taktik asal Korea Selatan tersebut mendedikasikan medali ini untuk para pemain, staf pelatih dan staf pendukung.

Baca Juga

“Para pemain, staf pelatih, dan staf pendukung semuanya bekerja sangat keras. Terima kasih,” tulis Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong juga berjanji akan mempersembahkan medali emas saat mengantarkan Timnas Indonesia U-23 di ajang multievent dua tahunan itu pada edisi berikutnya.


1. Shin Tae-yong Banjir Dukungan Netizen

Timnas Indonesia merayakannya dengan medali perunggu usai mengalahkan Malaysia dengan adu penalti di Stadion Nasional My Dinh - Hanoi, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar

“(Saya) pastikan untuk mengenakan medali emas di leher Anda di SEA Game berikutnya,” tandas Shin Tae-yong.

Ajang SEA Games edisi ke-32 diketahui akan digelar dua tahun lagi, tepatnya tahun 2023. Kamboja resmi dipilih sebagai tuan rumah dari acara multievent antarnegara se-Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga

Unggahan Shin Tae-yong ini pun langsung dihujanji dengan komentar dari para netizen.

Mereka memberi suntikan semangat agar Shin Tae-yong dan stafnya bekerja lebih keras membawa Timnas Indonesia meraih prestasi yang lebih baik lagi.

@21ilyassz: “Semangat Terus Coach Shin.”

@robysanz: “Success is never a straight line, yesterday we got but next we will bring 🥇 home. Keep fighting coach and the boys!.”

@timnasindonesiainfo: “Terima Kasih coach, pemain, official & staf tim.”

@rikination87: “Next kualifikasi piala asia bisa yok lolos.”

@maesaroh909197: “semoga kedepanya prestasi kita cemerlang, dan pemain timnas keluar dari zona nyaman aamin.”

Baca Juga

Shin Tae-yong sendiri tidak akan membuang-buang waktu sepulang dari SEA Games 2021. Dirinya akan kembali bekerja mempersiapkan skuat Timnas Indonesia untuk pertandingan berikutnya.

Shin Tae-yong berencana menggabungkan pemain baru dengan Timnas U-23. Karenanya, dia tak lantas membubarkan skuad Garuda Muda usai pulang dari SEA Games 2021. 

Shin Tae-yong berencana memanggil pemain baru untuk uji coba lawan Bangladesh pada 1 Juni nanti. Para pemain itu akan bergabung dalam latihan di Jakarta. 

Baca Juga

Duel Timnas Indonesia versus Bangladesh akan berlangsung satu kali. Pertandingan dijadwalkan digelar pada 1 Juni 2022, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung

Negara Asia Selatan itu sebenarnya sudah jadi kandidat calon lawan sejak Januari 2022, tapi batal terlaksana.


2. Agenda Uji Coba Lawan Bangladesh

Timnas Indonesia merayakannya dengan medali perunggu usai mengalahkan Malaysia dengan adu penalti di Stadion Nasional My Dinh - Hanoi, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar

Uji coba kali ini sangat penting bagi kedua negara. Baik Indonesia maupun Bangladesh akan ambil bagian di Kualifikasi Piala Asia 2023 jadi butuh lawan sepadan untuk matangkan persiapan.

Timnas Indonesia kini berada diperingkat 159 FIFA atau jauh unggul dibanding Bangladesh yang tempati urutan 188. 

Dari enam pertemuan dengan Bangladesh, skuad Garuda mencatat empat kemenangan. Sisanya satu kali imbang dan satu kali menelan kekalahan.

Timnas Indonesia terakhir kali ambil bagian dalam FIFA match day yaitu pada periode Januari 2022. Lawannya ketika itu adalah Timor Leste.

Laga uji coba Timnas Indonesia vs Timor Leste berlangsung dua kali di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Partai pertama digelar pada 27 Januari 2021, sementara yang kedua tiga hari berselang.

SEA GamesTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini

Berita Terpopuler