x

Mayoritas Gagal, 5 Bintang Terakhir yang Dibajak Inter Milan dari AS Roma Sebelum Mkhitaryan

Jumat, 27 Mei 2022 07:30 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Bawa AS Roma juarai UEFA Conference League, Henrikh Mkhitaryan merapat ke Inter Milan. Namun, ia wajib hati-hati karena mayoritas pendahulunya bernasib sial.

INDOSPORT.COM – Bawa AS Roma juarai UEFA Conference League, Henrikh Mkhitaryan merapat ke Inter Milan. Namun, ia wajib hati-hati karena mayoritas pendahulunya bernasib sial.

AS Roma sukses mencatatkan sejarah baru. Mereka kini resmi menjadi tim pertama yang memenangi UEFA Conference League.

Baca Juga

Hasil ini diraih setelah mereka mengalahkan wakil Belanda, Feyenoord, dalam final yang digelar pada Kamis (26/05/22) dini hari WIB.

Meski demikian, kabar mengejutkan kini datang dari Giallorossi. Pasalnya, mereka justru bakal kehilangan salah satu pemain pilar usai mendapatkan trofi UEFA Conference League tersebut.

Sosok yang dimaksud adalah Henrikh Mkhitaryan. Dilansir Sempre Inter, bintang asal Armenia itu telah sepakat untuk bergabung dengan klub rival di Liga Italia, Inter Milan.

Baca Juga

Seperti diketahui, masa depan Mkhitaryan di Roma memang gencar dispekulasikan belakangan ini, seiring dengan kontraknya yang habis akhir musim ini.

Meski sempat diyakini bakal ditepikan Mourinho seiring hubungan buruk keduanya semasa di Manchester United, Mkhitaryan justru berhasil menjadi salah satu pemain kunci AS Roma musim ini.

Pemain 33 tahun itu tercatat tampil 44 kali di semua kompetisi, dan menyumbangkan 5 gol serta 9 assist. Namanya baru lenyap dari starting line up belakangan ini karena cedera, alih-alih ditepikan Mourinho.

Baca Juga

Namun, godaan bermain di Liga Champions bersama Inter Milan membuat ia memilih hengkang alih-alih memperpanjang kontrak di AS Roma.

Di sisi lain, Inter Milan sendiri memang terbilang cukup rajin memboyong pemain dari AS Roma. Berikut ini 5 pemain terakhir yang didatangkan Nerazurri dari Giallorossi, sebelum Henrikh Mkhitaryan.


1. Satu Nama Jadi Andalan Inter Milan Musim Ini

Pemain Inter Milan Edin Dzeko merayakan gol keduanya REUTERS-Daniele Mascolo

Edin Dzeko

Edin Dzeko menjadi pemain terbaru sejauh ini yang diboyong Inter Milan dari AS Roma. Bomber Bosnia itu hengkang ke Giuseppe Meazza pada bursa transfer musim panas lalu.

Ketika itu, meski sudah berusia 35 tahun, Dzeko sejatinya masih terbilang tajam bagi Roma. Ia sukses mencetak 13 gol dan 5 assist dari 38 laga.

Baca Juga

Namun, ia pada akhirnya hengkang ke Inter dengan biaya hanya 1,5 juta euro dan diikat kontrak 2 tahun hingga Juni 2023.

Bersama Inter Milan, Dzeko berhasil mengalahkan nama lain seperti Joaquin Correa dan Alexis Sanchez untuk menjadi rekan duet utama Lautaro Martinez.

Imbasnya, meski sudah berusia 36 tahun, ketajamannya meningkat dibandingkan musim terakhirnya di Roma. Tercatat, Edin Dzeko sukses mencetak 17 gol dan 10 assist untuk Inter Milan musim ini.

Baca Juga

Aleksandar Kolarov

Setahun sebelum kepergian Edin Dzeko ke Inter Milan, AS Roma sudah lebih dulu kehilangan satu pemain ke Inter Milan.

Sosok tersebut adalah bek kiri Aleksandar Kolarov. Bintang asal Serbia itu dibeli Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2020, lagi-lagi dengan biaya murah yakni 1,5 juta euro.

Kolarov sendiri sebelumnya merupakan pemain pilar Roma. Di musim terakhirnya di Olimpico, ia mencatatkan 42 penampilan dan mencetak 7 gol serta 5 assist.

Baca Juga

Sementara itu, bersama Inter Milan, eks Manchester City ini lebih banyak menjadi pelapis. Di musim pertamanya, ia hanya tampil 11 kali bagi Nerazzurri.

Pada musim lalu yang menjadi musim keduanya berseragam biru hitam, menit bermain Aleksandar Kolarov bahkan lebih menurun lagi dengan hanya tampil 4 kali, dengan durasi total tak lebih dari 44 menit.

 

2. Trio Gagal

Radja Nainggolan

Radja Nainggolan

Tampil gemilang bersama Cagliari, Radja Nainggolan dipinjam AS Roma pada 2013/2014 sebelum akhirnya dipermanenkan di musim berikutnya. Bersama Giallorossi, ia menjadi pilar di lini tengah dan sukses mencatatkan 203 penampilan dan mencetak 33 gol dalam 5 musim.

Pada bursa transfer musim panas 2018, Radja Nainggolan kemudian dilepas ke Inter Milan, dengan biaya 24 juta euro plus dua pemain yakni Davide Santon dan Nicolo Zaniolo.

Baca Juga

Sayangnya, nasibnya di Inter tak sebaik semasa di Roma. Meski mencatatan 36 penampilan di musim pertamanya, Nainggolan malah dipinjamkan ke Cagliari di musim keduanya.

Sempat kembali ke Inter Milan pada musim 2020/2021, ia hanya dimainkan 4 kali sebelum kembali dipinjamkan ke Cagliari. Nainggolan akhirnya diputus kontrak dan dilepas gratis ke Royal Antwerp pada musim panas 2021.

Baca Juga

Dodo

Dodo dibeli AS Roma dari Corinthians setelah berhasil mencuri perhatian saat dipinjamkan ke klub Brasil lainnya, Bahia. Meski demikian, di musim debutnya ia lebih banyak menjadi pelapis dan hanya tampil 15 kali untuk AS Roma.

Musim berikutnya, menit bermainnya meningkat seiring cedera yang dialami pesaingnya di pos bek kiri, Federico Balzaretti. Penampilannya pun menarik perhatian Inter Milan yang kemudian memboyongnya dengan status pinjaman pada Juli 2014.

Pada musim pertama di Inter, ia berhasil mencatatkan 28 penampilan di semua kompetisi. Namun, memasuki musim kedua, meski akhirnya dipermanenkan, Dodo malah dipinjamkan Inter ke Sampdoria dan akhirnya tak pernah lagi tampil membela Inter di laga resmi.

Baca Juga

Mancini

Meski tampil tak terlalu meyakinkan bersama Venezia di Serie B, Amantino Mancini diboyong AS Roma pada musim panas 2003 seiring kebutuhan mencari pengganti Cafu di bek kanan.

Bersama Roma, Mancini pada akhirnya lebih kerap didorong maju ke depan sebagai winger. Penempatan itu pun membantu memaksimalnya potensinya, sehingga ia kemudian menjadi pilihan utama selama 5 musim dengan total 222 penampilan dan mencetak 59 gol serta 29 assist.

Pada 2009, Mancini kemudian diboyong Inter Milan yang ketika itu dilatih Jose Mourinho. Namun, penampilannya malah menurun dan tak konsisten, sehingga akhirnya hanya tampil 36 kali selama 3 musim di Giuseppe Meazza.

Aleksandar KolarovInter MilanEdin DzekoAS RomaRadja NainggolanHenrikh MkhitaryanLiga ItaliaTRIVIABerita Liga ItaliaOne Football

Berita Terkini