x

Jadwal Finalissima 2022 Hari Ini: Italia vs Argentina, Adu Kuat Dua Kiblat Sepak Bola

Rabu, 1 Juni 2022 09:16 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Subhan Wirawan
Jadwal pertandingan Finalissima 2022 antara Italia vs Argentina yang akan berlangsung pada Kamis (02/06/22) dini hari nanti pukul 01.45 WIB.

INDOSPORT.COM - Berikut adalah jadwal pertandingan Finalissima 2022 antara Italia vs Argentina yang akan berlangsung pada Kamis (02/06/22) dini hari nanti pukul 01.45 WIB.

Sempat mati suri selama puluhan tahun, turnamen bergengsi yang mempertemukan jawara Eropa dan Amerika Selatan, dua benua kiblat sepak bola, akhirnya kembali dihelat tahun ini.

Baca Juga

Sebelum dihidupkan lagi denga nama Finalissima, turnamen tersebut dikenal sebagai Piala Artemio Franchi.

Medio 80-an, UEFA dan CONMEBOL sepakat untuk mengadakan turnamen yang mempertemukan pemenang Euro dan Coppa America.

Dibentuklah turnamen satu pertandingan bernama Piala Artemio Franchi. Pada edisi pertama digelar tahun 1985.

Baca Juga

Prancis yang kala itu masih diperkuat beberapa nama mentereng seperti Michel Platini memenangkan Piala Artemio Franchi edisi perdana melawan Uruguay.

Delapan tahun berselang, tepatnya pada tahun 1993  Piala Artemio Franchi kembali dihelat. Sama seperti format awal, yaitu pertandingan tunggal yang mempertemukan pemenang Euro dan Coppa America.

Pada edisi kedua, Argentina keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Denmark melalui pertandingan yang berlanjut ke adu penalti.

Baca Juga

Setelah itu Piala Artemio Franchi ditiadakan dan FIFA selaku badan tertinggi sepak bola kemudian membentuk Piala Konfederasi sebagai gantinya.

Namun, pada 12 Februari 2020, UEFA dan CONMEBOL menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan kerja sama antara kedua federasi.


1. Perpisahan Emosional

Selebrasi para pemain Timnas Italia saat merayakan kemenangan usai mengalahkan Timnas Inggris di final Euro 2020.

Laga Finalissima 2022 dipastikan akan menjadi laga yang penuh emosi dan juga air mata pada akhirnya.

Pasalnya sejumlah bintang besar diketahui akan mengakhiri karier internasionalnya di Wembley, stadion penggelar pertandingan ini.

Baca Juga

Di kubu Italia ada kapten sekaligus bek senior, Giorgio Chiellini, yang memang sudah ingin mundur dari Gli Azzurri sejak lama mengingat kini usianya sudah 37 tahun.

Chiellini akan mengumpulkan 117 caps andai dimainkan nanti di Finalissima dan menyamai rekor penampilan Daniele De Rossi untuk Italia.

Sang pemain juga sudah melambaikan tangan pada Juventus untuk kemudian merumput di Amerika Serikat bersama Los Angeles FC.

Baca Juga

Untuk Argentina, yang mempersiapkan perpisahan adalah Angel di Maria. Winger 34 tahun milik Paris Saint-Germain.

Di Maria sudah mengumumkan ingin menanggalkan statusnya sebagai penggawa La Albiceleste sejak beberapa bulan silam usai memenang Coppa America.

Baca Juga

Esensi pertandingan ini sepertinya akan lebih berarti untuk Italia karena mereka butuh obat demi luka mereka akibat gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Sementara itu Argentina akan lebih memperlakukan Finalissima sebagai ajang pemanasan atau persahabatan biasa namun gengsi sebagai 'juara bertahan' akan tetap teras.


2. Jadwal Finalissima 2022

Argentina vs Italia.

Berikut ini adalah jadwal pertandingan Finalissima untuk har ini:

Italia vs Argentina, Kamis (02/06/22) pukul 01.45 WIB.

ItaliaArgentinaGiorgio ChielliniAngel di MariaBola InternasionalFinalissima 2022

Berita Terkini