x

5 Fakta Mencengangkan Pasca Timnas Indonesia Gagal Tundukan Bangladesh di FIFA Matchday

Kamis, 2 Juni 2022 15:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Berikut lima fakta mencengangkan seusai Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong gagal menang atas Bangladesh di laga uji coba bertajuk FIFA Matchday.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia baru saja menjajal kekuatan Bangladesh dalam pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (01/06/22) malam WIB.

Baca Juga

Dalam duel tersebut, Shin Tae-yong terlihat tidak memasang sejumlah pilar seperti Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Egy Maulana, hingga Witan Sulaeman.

Bahkan bek tengah berdarah Inggris yaitu Elkan Baggott harus duduk di bangku cadagan dan baru masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-46.

Baca Juga

Hal itu sangat berpengaruh dengan permainan Garuda, dan Marc Klok dkk tampak bermain cukup membosankan. Di samping itu, Bangladesh juga menjalankan taktik dari Javier Fernandez Cabrera dengan sangat baik.

Para pemain Bangladesh tampil sangat disiplin di lini belakang. Mereka tida mau terpancing dengan gerakan tanpa bola yang dilakukan oleh para pemain Timnas Indonesia.

Pasca laga tersebut, ada sejumlah fakta menarik yang wajib kalian tahu. Berikut INDOSPORT telah merangkum lima fakta mencengangkan seusai Timnas Indonesia ditahan Bangladesh:

Timnas Indonesia Akhirnya Dapat Dukungan Langsung Ribuan Suporter

Ada pemandangan tidak biasa yang terjadi di laga Timnas Indonesia menjamu Bangladesh. Hal itu setelah tayangan televisi menyorot adanya ribuan suporter yang memenuhi Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Baca Juga

Suporter berbaju merah khas skuat Garud terlihat memenuhi tribune di sisi barat dan timur. Sementara itu, di sisi utara dan selatan sengaja dikosongkan.

Setelah pandemi virus corona telah mereda, panitia memang telah menyiapkan sembilan ribu tiket. Menariknya, sebanyak delapan ribu tiket lebih berhasil terjual.


1. Debut Resmi Marc Klok Bersama Timnas Senior

Selebrasi Marc Klok. Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar

Setelah sebelumnya memperkuat Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021, akhirnya Marc Klok merasakan bermain di skuat senior.

Shin Tae-yong memberikan kepercayaan kepada Marc Klok untuk bermain sejak menit awal bahkan tidak tergantikan sepanjang 90 menit.

Baca Juga

Meski gagal mencetak gol, Marc Klok dinilai bermain apik di sektor tengah. Beberapa kali gelandang Persib Bandung itu mampu memutus serangan lawan dan menjadi distributor bola.

Shin Tae-yong Minta Maaf

Kegagalan Timnas Indonesia mendapatkan tambahan poin di ranking FIFA membuat Shin Tae-yong langsung buka suara.

Baca Juga

Pelatih asal Korea Selatan itu meminta maaf kepada para fans karena gagal membawa skuat Garuda menang di kandang sendiri.

Baca Juga

"Kami bertanding di kandang sendiri, harusnya kita menang dengan skor baik, tetapi kami tak bisa mendapat hasil yang baik. Jadi saya mohon maaf," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers seusai laga.

"Memang ini uji coba sebelum berangkat ke Kuwait untuk kualifikasi Piala Asia 2023, harusnya kami menang tiga sampai empat gol, untuk memberikan kebahagiaan pada fans, tetapi kami tak bisa melakukan itu," tuturnya menambahkan.


2. Luis Milla Ikut Terseret dan Trending di Twitter

Eks pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla.

Kegagalan Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Bangladesh membuat Nama Luis Milla ikut terseret. Banyak fans di media sosial terutama Twitter meluapkan kekecewaan.

Kebanyakan dari mereka menuliskan cuitan kerinduan dengan permainan Timnas Indonesia besutan Luis Milla yang dianggap lebih baik dari Shin Tae-yong.

Pada Rabu (01/06/22) malam WIB, nama pelatih asal Spanyol itu bahkan sempat masuk 10 besar trending di Twitter Indonesia.

Asnawi Mangkualam Mengalami Cedera

Fakta terakhir di laga Timnas Indonesia vs Bangladesh yakni bek kanan kesayangan Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam harus ditarik keluar pada akhir babak pertama.

Asnawi Mangkualam digantikan oleh Koko Ari Araya karena tampak kesakitan dengan memegang bagian paha kanan. Ini menjadi kabar buruk Timnas Indonesia karena mereka sepekan lagi bakal menghadapi babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Baca Juga
FIFATimnas IndonesiaMarc KlokShin Tae-yongBangladesh

Berita Terkini