x

Banjir Tawaran, Bintang Timnas U-19 Sudah Dilirik Klub Liga 2 Sebelum Seleksi di Persib

Minggu, 5 Juni 2022 19:05 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Pemain Diklat Persib, Robi Darwis saat game internal bersama Persib di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pemain Diklat Persib, Robi Darwis, saat ini sedang menjalani seleksi di tim Persib Bandung untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang rencananya akan bergulir akhir Juli mendatang.

Robi Darwis turut dibawa ke Batam oleh pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat skuat Maung Bandung menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC) sebagai persiapan tampil di Liga 1 musim depan.

Baca Juga

Saat jalani pemusatan latihan di Batam, kualitas pemain yang berposisi sebagai gelandang ini akan terus dipantau oleh tim pelatih.

Menurut Robi Darwis, sebelum mengikuti seleksi di skuat Maung Bandung ada beberapa tawaran dari beberapa klub yang tertarik untuk merekrutnya terutama dari Liga 2.

Hanya saja, Robi Darwis lebih memprioritaskan Persib untuk dibelanya pada musim 2022-2023, sehingga saat ada kesempatan untuk seleksi dia langsung mengikutinya dan berusaha menampilkan permainan terbaiknya.

Baca Juga

"Sempat ada beberapa tim (nawarin), sudah mau berangkat tapi ada instruksi untuk ikut game internal di sini (28 Mei 2022),"

"Jadi saya memutuskan untuk ikut di sini dulu, kalau di sini tidak dibutuhkan mungkin ke tim lain," kata Robi Darwis.

Pemain yang sering mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 ini mengaku, menikmati proses seleksi di skuat Maung Bandung dan tak ada tekanan yang dirasakan olehnya.

Baca Juga

Robi Darwis tak menampik ada rasa canggung, lantaran dia menjalani seleksi di tim besar yang memiliki suporter yang sangat besar dan loyal. 

Namun, Robi berusaha menghilangkan rasa canggung tersebut, agar cita-citanya berkostum skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 bisa tercapai.


1. Nikmati Proses

Pemain Persib Bandung saat game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (27/05/22).

"Kalau buat saya sih sama saja. Tapi mungkin Persib dengan pendukung fanatiknya pasti rasa canggung sedikit ada. Tapi kalau saya terus merasa canggung gitu kapan majunya, jadi memberanikan diri main sesuai kapasitas saya," ungkap Robi Darwis.

"Ya dibawa enjoy aja sih, lebih ke nikmati proses. Kalau mungkin keputusannya gak sesuai yang gak apa-apa mungkin belum rezekinya. Tapi kalau lanjut Alhamdulillah," jelas Robi Darwis.

Baca Juga

Sebagai informasi, Robi mengenal sepak bola dari SSB Atep7, kemudian ditempa di Akademi Persib Cimahi dan bergabung dengan Persib U-16, setelah itu dia ambil bagian di tim Persib U-18.

Penampilan Robi di EPA menarik perhatian tim pelatih Timnas Indonesia U-18 untuk menjalani pemusatan latihan di Antalya, Turki. Itu merupakan bagian dari sebagai persiapan Timnas menghadapi Piala Dunia U-20. 

Robi Darwis juga sempat masuk dalam daftar 40 pemain tim U-19 Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. TC di Negeri Ginseng sebagai persiapan mengikuti Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Baca Juga

Selain itu, Robi sempat memperkuat Bandung United yang berlaga di kompetisi Liga 3. Diasuh pelatih Lukas Tumbuan, Robi membawa tim satelit Persib ini hingga melaju ke babak 32 besar putaran nasional.

Sementara itu, sebelumnya Robert Alberts menuturkan, selama di Batam, Persib berencana menggelar pertandingan uji coba menghadapi tim asal Singapura, Tanjong Pagar.

Sehingga, dalam game tersebut Robert Alberts akan kembali menyeleksi dan memantau kualitas Robi Darwis.

Baca Juga

Jika penampilannya konsisten, maka Robi Darwis berpeluang untuk dipromosikan oleh Robert Alberts ke skuat Maung Bandung guna persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

"Dia akan bergabung dengan kami di Batam dan kami akan melihat penampilannya. Jika dia bisa bermain dengan stabil (akan direkrut)," kata Robert Alberts beberapa hari lalu.


2. Pujian Pelatih

Pemain Persib, Ciro Alves, saat game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (27/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Pada game internal yang berlangsung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (28/05/22), Robert Alberts mengaku cukup terkesan dengan penampilan Robi Darwis.

Hanya saja menrut Robert, satu laga tidak cukup untuk dijadikan acuan dalam memberikan penilaian kepada Robi Darwis serta para pemain seleksi lain di skuat Persib.

Baca Juga

"Kami tidak bisa memberi penilaian dari satu laga saja, tapi harus melihat performa dia apakah stabil atau tidak. Kalau kesan positif hari ini bisa dilanjutkan di Batam maka kami akan mengontraknya," ungkap Robert Alberts.

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Liga 2Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023Robi Darwis

Berita Terkini